Analisis Penerapan P5 Terintegrasi TRI-N dan TRI-Nga untuk Meningkatkan Dimensi Gotong Royong pada Siswa SD
Abstrak
Rendahnya sikap gotong royong pada siswa kelas VI C SDN Bhayangkara menjadi perhatian bagi guru, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan P5 yang terintegrasi dengan TRI-N dan TRI-Nga dalam meningkatkan dimensi gotong royong pada siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah dengan adanya penerapan P5 pada siswa kelas VI C SDN Bhayangkara yang terintegrasi Tri – N dan Tri-Nga mampu meningkatkan dimensi gotong royong pada diri siswa, selain itu dari hasil wawancara yang dilakukan dengan siswa menunjukkan bahwa siswa merasa lebih bisa menikmati proses belajar bersama teman dalam P5, selain itu terungkap bahwa siswa merasa senang ketika mampu menolong teman yang dalam kesulitan, dan mampu memahami konsep gotong royong dengan cara menghubungkan konsep tersebut dengan pengalaman pribadinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga saat kegiatan diskusi siswa dapat menunjukkan sikap gotong royong.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Qomariah Binti Zulaihah, Fenindita Yunika Ningrum, Daryanti Apriani, Banun Havifah Cahyo Khosiyono, Berliana Henu Cahyani, Ana Fitrotun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












