Analisis Penerapan P5 Terintegrasi TRI-N dan TRI-Nga untuk Meningkatkan Dimensi Gotong Royong pada Siswa SD

  • Qomariah Binti Zulaihah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Fenindita Yunika Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Daryanti Apriani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Berliana Henu Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Rendahnya sikap gotong royong pada siswa kelas VI C SDN Bhayangkara menjadi perhatian bagi guru, penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis efektivitas penerapan P5 yang terintegrasi dengan TRI-N dan TRI-Nga dalam meningkatkan dimensi gotong royong pada siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah dengan adanya penerapan P5 pada siswa kelas VI C SDN Bhayangkara yang terintegrasi Tri – N dan Tri-Nga mampu meningkatkan dimensi gotong royong pada diri siswa, selain itu dari hasil wawancara yang dilakukan dengan siswa menunjukkan bahwa siswa merasa lebih bisa menikmati proses belajar bersama teman dalam P5, selain itu terungkap bahwa siswa merasa senang ketika mampu menolong teman yang dalam kesulitan, dan   mampu memahami konsep gotong royong dengan cara menghubungkan konsep tersebut dengan pengalaman pribadinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga saat kegiatan diskusi siswa dapat menunjukkan sikap gotong royong.

Kata Kunci: Gotong royong, P5, Tri-N, Tri-Nga

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Zulaihah, Q. B., Ningrum, F. Y., Apriani, D., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2025). Analisis Penerapan P5 Terintegrasi TRI-N dan TRI-Nga untuk Meningkatkan Dimensi Gotong Royong pada Siswa SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1771-1776. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1603
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 186 times
PDF downloaded: 72 times

Referensi

Bumantoro, B., Widodo, P. E., Gunawan, S., Wulandari, E., & Zulfiati, H. M. (2023). 2,3,4,5. Penerapan Ajaran Tri N Melalui Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD, 08, 5046–5058.

Emalasari, N. P. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Penerapan Pembiasaan Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Gotong Royong Siswa SD. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1560. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2578

Hanafiah, D., Martati, B., & Mirnawati, L. B. (2023). Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 539. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1862

Hardiati, I., & Juhri. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar PKn pada Materi Organisasi di Lingkungan Masyarakat. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(1), 51–60. https://doi.org/10.32678/primary.v10i1.1258

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. 5, 1809–1815.

Irianti, R. I. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pengimplementasian Pendidikan yang Sesuai dengan Kodrat Alam dan Zaman. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.56

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (1994). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn di SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339

Nur Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3670

Suryadi, T., & Wahyudin, D. (2024). Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kabupaten Sumedang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 557–565. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.860

Widi Rahayu, K., Havifah Cahyo Khosiyono, B., Astuti, D., Hadiputra, D. dan, & Wicaksono, S. P. (2023). Membangun Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong-Royong melalui Ajaran Tamansiswa Ngerti, Ngrasa, Nglakoni. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Yogyakarta, 117–187.