Peningkatan Public Speaking melalui Metode Bermain Peran sebagai Pemandu Wisata Virtual Museum pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan public speaking peserta didik melalui metode bermain peran sebagai pemandu wisata di Museum Sumpah Pemuda berbasis virtual museum video 360 derajat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model pre-experimental one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Batang dengan jumlah 28. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket yang kemudian di analisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari sebelum diberikan treatment atau perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Hasil statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata pretest adalah 67,86 dan nilai rata-rata postest sebesar 81,29. Selanjutnya hasil analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya nilai Sig (n) < 0,05. Uji N-Gain diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 0,4308. Sehingga disimpulkan bahwa metode bermain peran sebagai pemandu wisata virtual museum menggunakan video 360 derajat berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan public speaking peserta didik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Agni Rizqiawan, Yan Amal Abdillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

