Elementary School Teachers Perceptions of Digital Learning Media Innovations in Implementing the Merdeka Curriculum
Abstrak
Inovasi media pembelajaran berkaitan dengan proses penciptaan media belajar dengan kebaharuan untuk memberikan revolusi baru pada kegiatan belajar mengajar. Proses ini bergantung pada persepsi guru di tingkat sekolah dasar, yang dapat didefinisikan sebagai pemahaman atau pemikiran seseorang terhadap suatu objek yang akan diinterpretasikan melalui panca indera. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru sekolah dasar terhadap inovasi media pembelajaran dengan permainan digital dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru di salah satu sekolah dasar swasta yang berada di Kecamatan Bayan, Purworejo. Teknik wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data pada guru untuk mengetahui persepsinya secara khusus. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru setuju dengan adanya permainan digital sebagai salah satu cara yang memungkinkan untuk mengeksplorasi inovasi media pembelajaran untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka. Tanggapan guru terhadap permainan digital diperkirakan mampu mengikuti kebutuhan anak yang sifatnya gemar bermain dan dapat meminimalisir penggunaan permainan digital yang tidak mengandung unsur pembelajaran sehingga sangat praktis untuk diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa persepsi guru yang menerima adanya permainan digital sebagai inovasi media pembelajaran menjadi langkah awal untuk diimplementasikan dalam proses belajar mengajar baik daring, hybrid, maupun tatap muka sehingga dapat mengikuti arus perkembangan zaman.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Heny Amalia Choirunnisa, Titi Anjarini, Nur Ngazizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

