Elementary School Teachers Perceptions of Digital Learning Media Innovations in Implementing the Merdeka Curriculum

  • Heny Amalia Choirunnisa Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah,  Angola
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Inovasi media pembelajaran berkaitan dengan proses penciptaan media belajar dengan kebaharuan untuk memberikan revolusi baru pada kegiatan belajar mengajar. Proses ini bergantung pada persepsi guru di tingkat sekolah dasar, yang dapat didefinisikan sebagai pemahaman atau pemikiran seseorang terhadap suatu objek yang akan diinterpretasikan melalui panca indera. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru sekolah dasar terhadap inovasi media pembelajaran dengan permainan digital dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru di salah satu sekolah dasar swasta yang berada di Kecamatan Bayan, Purworejo. Teknik wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data pada guru untuk mengetahui persepsinya secara khusus. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru setuju dengan adanya permainan digital sebagai salah satu cara yang memungkinkan untuk mengeksplorasi inovasi media pembelajaran untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka. Tanggapan guru terhadap permainan digital diperkirakan mampu mengikuti kebutuhan anak yang sifatnya gemar bermain dan dapat meminimalisir penggunaan permainan digital yang tidak mengandung unsur pembelajaran sehingga sangat praktis untuk diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa persepsi guru yang menerima adanya permainan digital sebagai inovasi media pembelajaran menjadi langkah awal untuk diimplementasikan dalam proses belajar mengajar baik daring, hybrid, maupun tatap muka sehingga dapat mengikuti arus perkembangan zaman.

Kata Kunci: Inovasi media pembelajaran, Permainan digital, Kurikulum merdeka, Persepsi guru

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-13
Bagaimana cara mengutip:
Choirunnisa, H. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2025). Elementary School Teachers Perceptions of Digital Learning Media Innovations in Implementing the Merdeka Curriculum. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1019-1027. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1549
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 212 times
PDF (English) downloaded: 97 times

Referensi

ABD GHOFUR, & Evi Aulia Rachma. (2021). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Menggunakan Kelas Digital. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2365

Akhmad Faizin, Nur Ngazizah, T. A. (2022). Efforts to Improve Students’ Gender Equality Attitude through Social Inclusion Gender Learning in Grade V Elementary School. Sainteknol: Journal of Science and Technology, 20(1), 20–27.

Akinci, A. Y., & Yildirim, M. (2021). Game perception in primary school teachers (Isparta example). Revista on Line de Política e Gestão Educacional, 2212–2225. https://doi.org/10.22633/rpge.v25i3.15839

Almethen, A. A., & Alomair, M. A. (2024). The role of age, grade level, and subject area in determining the inclusion of digital citizenship elements in elementary school curricula: Perspectives of teachers in the Kingdom of Saudi Arabia. Heliyon, 10(14), e34597. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e34597

Badrus Sholeh, M., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245

Batitusta, F. O., & Hardinata, V. (2024). Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi Educaplay Berbasis Gadget terhadap Hasil Belajar Menulis Esai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2685–2690. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3788

Daher, W., Omar, A., Swaity, H., Allan, B., Dar Issa, S., Amer, Z., & Halabi, A. (2022). Upper-Basic Schoolteachers’ Beliefs about Their Students’ Awareness of Digital Citizenship. Sustainability (Switzerland), 14(19). https://doi.org/10.3390/su141912865

Dany, A., Rifan, H., & Suryandari, M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 91–100. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i1.2933

Dehalwar, K., & Sharma, S. N. (2023). Fundamentals of Research Writing and Uses of Research Methodologies. Edupedia Publications Pvt Ltd.

Firdauz, A. V., & Sukarmin, S. (2024). Development of an Interactive Digital Learning Media “E-MIREDOKS” on Redox Reaction Material. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 12(2), 364. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i2.10848

Hulu, Y. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 840–846. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.285

Kartika Sari, P., Arofatinajah, S., & Fajarianto, O. (2022). Development of Digital Comic on Thematic Learning to Improve Literature Skills of 5th Grade Students in Elementary School. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 38–49. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i1.23700

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Linda, R. F. C., & Ngazizah, N. (2021). Kompetensi Guru terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 57. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.479

Martín-Sómer, M., Casado, C., & Gómez-Pozuelo, G. (2024). Utilising interactive applications as educational tools in higher education: Perspectives from teachers and students, and an analysis of academic outcomes. Education for Chemical Engineers, 46(June 2023), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.ece.2023.10.001

Morra, C. N., Fultz, R., & Raut, S. A. (2022). A Lesson from the Pandemic: Utilizing Digital Tools To Support Student Engagement during Instructional Assistant-Led Sessions. Journal of Microbiology & Biology Education, 23(3). https://doi.org/10.1128/jmbe.00143-22

Munawir, A., & Hasbi, N. P. (2021). the Effect of Using Quizizz To Efl Students’ Engagement and Learning Outcome. English Review: Journal of English Education, 10(1), 297–308. https://doi.org/10.25134/erjee.v10i1.5412

Putri, E. A., & Zulherman, Z. (2022). The Use of Wordwall Application Towards Elementary School Students Acceptance: Extension TAM Model. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5557–5572. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2047

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rhomadoni, S., & Khairan. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Produk perbankan Syariah di Bandar Lor Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 4(2), 185–201. https://doi.org/10.33367/at.v4i2.1472

Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent Curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(4), 32–41. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps

Roa, P. A., Ukuran, D., Pajak, P., & Perbankan, P. (2022). JURNAL AKSI Akuntansi dan Sistem Informasi http://aksi.pnm.ac.id. 7(1), 98–103.

Sodiq, M. (2021). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Berbasis Web.

Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. ALFABETA.

Sumarni, E., Pendidikan, M., Bina, U., Getsempena, B., Aceh, B., & Lubok, D. (2024). Pedagogik Guru yang Berbasis IT di SD Gugus XIX. Jurnal Pendidikan Umum LPPM, 19–33.

Sundari, E. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.

Suryadi, T., & Wahyudin, D. (2024). Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kabupaten Sumedang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 557–565. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.860

Susanti, S. S., Nursafitri, L., Hamzah, I., Zunarti, R., Darmanto, Fitriyah, Asy’arie, B. F., & Sa’ad, M. S. (2024). Innovative Digital Media in Islamic Religious Education Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 40–59. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7553

Taufik, T., Putra, A., Imansyah, M. N., Nurdianah, N., & Iwansyah, I. (2023). Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(5), 543. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.19584

Wahyono, W., Wahyudi, A. B. E., Salimi, M., Hidayah, R., Fajari, L. E. W., & Wijaya, T. T. (2024). Implementation of the Kurikulum Merdeka in Mathematics Learning at Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Progresif, 14(1), 544–560. https://doi.org/10.23960/jpp.v14.i1.202440

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074