Profil Literasi Membaca pada Materi Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar
Abstrak
Pentingnya pengembangan bahan bacaan untuk kegiatan membaca materi mitigasi bencana bertujuan agar siswa memahami pengetahuan menyelamatkan diri untuk mengurangi jumlah korban jiwa dan konsekuensi yang ditimbulkannya, dengan pemberian edukasi tentang mitigasi bencana pada siswa sejak awal merupakan salah satu upaya awal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bencana. Siswa kelas awal adalah yang paling rentan terhadap bencana alam. Solusi mengatasi hal tersebut diperlukan adanya pemgembangan buku cerita yang menggunakan materi mitigasi bencana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai fenomena dalam suatu populasi tertentu. Metode pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan metode yang berfokus pada siswa tes tulis, sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa sekolah dasar di kelas IV sebanyak 30 siswa diambil 10 sampel dan guru sebanyak 3 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, soal tes, dan angket. Analisis data dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi membaca siswa sekolah dasar memenuhi kriteria sedang dengan persentase ketercapaian sebesar 68,82%. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah agar orang tua lebih terlibat dalam pendidikan literasi anak-anak mereka.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Rosniwaty Rosniwaty, Hendratno Hendratno, Nurul Istiq’faroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

