Profil Literasi Membaca pada Materi Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar

  • Rosniwaty Rosniwaty Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Hendratno Hendratno Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nurul Istiq’faroh Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia

Abstract

The importance of developing reading materials on disaster mitigation aims to equip students with knowledge on self-rescue to reduce casualties and the consequences caused by disasters. Providing disaster mitigation education to students from an early age is one of the initial efforts to raise community awareness of disasters. Early-grade students are the most vulnerable group to natural disasters. To address this issue, it is necessary to develop storybooks incorporating disaster mitigation materials. This study employed a descriptive quantitative method. Descriptive research aims to provide an overview of phenomena within a specific population. Data collection methods in this study focused on students through written tests. The research sample consisted of 30 fourth-grade elementary school students, with 10 students selected as the sample, along with three teachers. Data were collected through interviews, test questions, and questionnaires. Data analysis was conducted using a descriptive qualitative approach. The results of the study revealed that elementary school students’ reading literacy met the medium criteria, with an achievement percentage of 68.82%. The study suggests that parents should be more involved in their children's literacy education.

Keywords: profil, literasi bacaan, mitigasi bencana, sekolah dasar

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rosniwaty Rosniwaty, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur

Rosniwaty adalah nama penulis artikel ini, penulis lahir dari orang tua (Alm) H. Kisrah Pagala dan (Almh) Hj. Haswati sebagai anak ke lima dari enam bersaudara, penulis dilahirkan di Kendari pada tanggal 20 Maret 1980. Penulis menempuh Pendidikan SDN Rahabangga Kabupaten Kendari (lulus tahun 1993) melanjutkan ke SMPN Poasaa Kabupaten Konawe ( lulus tahun 1996) melanjutkan ke SMAN 1 Unaaha Kabupaten Konawe (lulus tahun 1999), penulis melanjutkan kuliah D2 PGSD di Universitas Haluoleo (UNHALU) Sulawesi Tenggara ( lulus tahun 2002) pada tahun 2016 melanjutkan S1 PGSD berasrama di Universitas Negeri Makassar (UNM) Sulawesi Selatan (lulus tahun 2008) melanjutkan Sekolah Profesi Guru selama enam bulan di Universitas Negeri Makassar (UNM) Sulawesi Selatan, saat ini penulis sedang melanjutkan studi S2 Dikdas di Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Penulis aktif bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya ditempatkan di SDN Gading V Surabaya.

Published
2025-01-02
How to Cite:
Rosniwaty, R., Hendratno, H., & Istiq’faroh, N. (2025). Profil Literasi Membaca pada Materi Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 728-734. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1531
Section
Research Articles
Abstract viewed: 164 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded: 93 times

References

Aprillian, V. T. (2023). Penggunaan Model Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas V (Metode Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Quasi Experiment Research Pada Siswa Kelas V Sdn Karang Mekar Mandiri 1) (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71-82.

Cholifah, T. N. (2024) Profil Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Jurnal Ilmiah Al-Madrasah: Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 282-293.

Dewi, D. A., Salsabilah, A. S., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.

Elita INU dan Supriyanto A. (2022) Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Dalam Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah selama dan setelah Pandemi COVID-19.

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kisah Buku untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015.

Habbah, E. S. M., Husna, E. N., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 18-26.

Haris, A. & Surur, M. (2022). Urgensi Sikap Kritis Pendidik terhadap Media: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Risda: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(1), 35-51.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya kemampuan berbahasa dan bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517-8528.

Huang., Ekaputri, R. Z., Hidayat, T., Surtikanti, H. K., & Surakusumah, W. (2024). Profil Kebutuhan Perkuliahan Mitigasi Bencana Mahasiswa Calon Guru. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 8(1), 134-140.

Istiq'faroh, N., Rabia, S. F., Abidin, Z., Hendratno, H., Wibowo, A. H., & Hoang, M. T. T. (2024). Articulate Storyline Application Based on Local Wisdom: A New Way to Improve Reading Literacy for Elementary School Students in the West Papua Region Journal of Inovation in Educational and Cultural Research, 5(2), 180-188.

Luchiyanti, A., & Rezania, V. (2022 Upaya Guru untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Kelas Dasar. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, hlm. 84–92.

Mahpudoh, M., Wellem, K. A., Septriani, S., Annisa, A., Putri, Z. D., Wulandari, R. R., ... & Fajri, M. E. (2024). Sastra Anak. CV. Gita Lentera.

Maulidina, S. A., Kamilah, A., & Sofyan, M. I. (2024). Kebijakan Relokasi Terhadap Status Tanah Masyarakat Pasca Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 3(02), 237-248.

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106.

Palimbong, W., & Sanoto, H. (2024). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 707-718.

Pradina, A. T., & Pratama, M. M. A. (2021). SDN Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang Memanfaatkan Buku Ringkas Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Siswa Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Pasopati, Vol. 3, No. 3, 2003.

Pramita, G., Saniati, S., Assuja, M. A., Kharisma, M. P., Hasbi, F. A., Daiyah, C. F., & Tambunan, S. P. (2022). Pelatihan Sekolah Tangguh Bencana di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bandar Lampung Dalam Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), Volume 3(2), diterbitkan pada tahun 264-271.

Rahmawati, I., & Kristyaningsih, P. (2023). Kesiapsiagaan Anak dalam Meningkatkan Resiliensi terhadap Bencana. Jurnal Keperawatan, 21(2), 159-166. (UNESCO).

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Ria, F. X., Awe, E. Y., & Laksana, D. N. L. (2023). Kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran literasi dengan suplemen buku cerita bergambar: Studi tindakan kelas pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 570-577.

Rigianti, H. A., & Utomo, A. C. (2023). Evaluasi kompetensi minimum dalam bidang literasi membaca dan konsekuensi yang ditimbulkannya di sekolah dasar Jurnal Pengembangan dan Pendidikan, 11(1), 133-137.

Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 62-69.

Sulistyo, H., Bramantyo, R. Y., Rahman, I., & Windradi, F. (2021). Dampak Globalisasi dan Modernisasi Terhadap Tata Norma Masyarakat Dan Sistem Religi di Lereng Gunung Kelud Kabupaten Kediri. Transparansi Hukum, 4(1).

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154.

Qodarsih, F. Y., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Poster. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 413-425.

Yesika, S., Nelly, W., & Anita, S. R. H. (2020). Analisis literasi matematika pada penyelesaian soal cerita siswa kelas V sekolah dasar. J-PiMat.