Analisis Kalor Jenis Dudongean: Studi Pemanfaatan dalam Pembelajaran Fisika

  • Dhimas Arif Nurfachri Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Ielda Paramitha Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Muhammad Jarnawi Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Muhammad Zaky Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran fisika  kontekstual dan berbasis kearifan lokal sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa. Penelitian ini menghubungkan konsep abstrak fisika dengan kehidupan sehari-hari dan budaya lokal, membuat materi lebih relevan dan meningkatkan motivasi belajar. Salah satu contoh penerapan adalah penggunaan dudongean, alat tradisional pembuat jepa dari tanah liat, untuk mengajarkan konsep termodinamika. Penelitian ini mengukur kalor jenis dudongean, yang terbukti memiliki nilai rata-rata 552 J/kg°C, menjadikannya efektif untuk memasak karena memungkinkan distribusi panas yang merata dan stabil. Metode penelitian melibatkan eksperimen di laboratorium dengan alat seperti neraca digital, kalorimeter, dan termometer inframerah. Hasil menunjukkan konsistensi nilai kalor jenis, terutama pada sampel bermassa lebih besar, mengonfirmasi efektivitas dudongean dalam memasak jepa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kalor jenis rata-rata dudongean adalah 552 J/kg°C, dengan nilai berkisar antara 0,50 x 10³ J/kg°C hingga 0,59 x 10³ J/kg°C. Penelitian ini juga menghasilkan dasar pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang lebih interaktif dan kontekstual untuk pembelajaran fisika, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran sains, meningkatkan kualitas pendidikan fisika di Indonesia, serta memberikan kontribusi signifikan dalam pelestarian budaya dan inovasi teknologi.

Kata Kunci: Kalorimeter, Suhu, Kalor Jenis, Zat Padat, Dudongean

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Nurfachri, D. A., Haeruddin, H., Paramitha, I., Jarnawi, M., & Zaky, M. (2024). Analisis Kalor Jenis Dudongean: Studi Pemanfaatan dalam Pembelajaran Fisika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 140-146. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1440
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 103 times
PDF downloaded: 278 times

Referensi

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.96-102

Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry Untuk Mengopimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Radiasi, 5(1), 24–28. https://doi.org/https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/401/275

Etni, L., & Tefu, M. (2020). The Development of Physics Teaching Materials Based On Local Wisdom To Improve Students’ Critical Thinking Ability. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 107. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.96-102

Garcia I Grau, F., Valls, C., Piqué, N., & Ruiz-Martín, H. (2021). The long-term effects of introducing the 5E model of instruction on students’ conceptual learning. International Journal of Science Education, 43(9), 1441–1458. https://doi.org/10.1080/09500693.2021.1918354

Haeruddin, Werdhina, I. K., Jarnawi, M., Syamsuriwal, Prasetyo, Z. K., & Supahar. (2023). Metacognition and Thinking Style: Unlocking the Potential of Physics Problem Solving. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11429–11440. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6151

Husin, V. E. R., & Billik, A. H. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Anyaman Di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 4(2), 153–158. https://doi.org/10.35508/fisa.v4i2.1828

Laaroussi, N., Cherki, A., Garoum, M., & Khabbazi, A. (2022). Thermal properties measurement of building materials: A review of recent advancements. Energy and Buildings, 254, 111563. https://doi.org/10.1016/j.enbuild.2021.111563

Lestari, S. A., Admoko, S., & Suprapto, N. (2022). Identifikasi Konsep Fisika pada Kearifan Lokal Kayangan Api di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 103–113. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/4707

Levrini, O., Fantini, P., Tasquier, G., & Pecori, B. (2022). Promoting students' epistemological knowledge through lab-based simulations: A study in optics. Science Education, 106(2), 395-423. https://doi.org/10.1002/sce.21711

Monteiro, A., Loureiro, A., & Meira-Castro, A. (2018). Sustainable building materials: Thermal and energy performance of clays. Journal of Cleaner Production, 197, 236-243. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.06.196

Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158

Nurjanah, S. (2017). Pengembangan Alat Peraga Kalor Jenis pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Berbasis Arduino. 10(1), 11–17. https://doi.org/https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/183/78

Pakiding, A., & Tulak, H. (2019). Identifikasi Besaran Dan Satuan Tradisional Masyarakat Suku Toraja. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 15–25. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/831/676

Prihandono, T., Handayani, R. D., Miftahul, M., & Anggraeni, F. K. A. (2023). Pengaruh Gaya Pukul Terhadap Intensitas Bunyi Pada Alat Musik Ketipung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(4), 165. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i4.44049

Risamasu, P. V. M., Pieter, J., & Gunada, I. W. (2023). Rekonstruksi Pengetahuan Sains Ilmiah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat di Pinggiran Danau Sentani Jayapura. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2687–2695. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1866

Rusman, R. F. N. (2022). Pengaruh Kemampuan Penguasaan Materi, Berpikir Kritis, Kreativitas, Komunikasi Dan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Ubiversitas Lampung. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.96-102

Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217

Sharma, A., Tyagi, V. V., Chen, C. R., & Buddhi, D. (2021). Review on thermal energy storage with phase change materials and applications. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 13(2), 318-345. https://doi.org/10.1016/j.rser.2007.10.005

Suastra, I. W. (2010). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 43(2), 8–16. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i1.1697

Swastika, I. M. (2018). Analisis Pola Perubahan Frekuensi Fundamental Dan Harmonik Saron Barung Laras Pelog. 1(1), 152–157. https://doi.org/https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/137/54

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Wirawan, Z., Martawijaya, M. A., & Yani, A. (2022). Integration Of Local Wisdom Into Physics Teaching Materials In School. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(1), 126–138. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i1.135

Yang, L., Yan, H., & Lam, J. C. (2020). Thermal comfort and building energy consumption implications – A review. Applied Energy, 115, 164-173. https://doi.org/10.1016/j.apenergy.2013.10.062

Zelviani, S., & Fitriyanti. (2020). Nilai Termofisika Daun Kapuk, Daun Sirih, dan Daun Bunga Kembang Sepatu Sebagai Bahan Kompres Demam. Jurnal Fisika Dan Terapannya, 7(2), 107–113. https://doi.org/10.24252/jft.v7i2.18064

Zhao, J., Xie, J., Lin, Y., & Ding, T. (2019). Experimental study on the thermal performance of different cooking materials. Energy and Buildings, 201, 157-167. https://doi.org/10.1016/j.enbuild.2019.07.019