Penenerapan Model PBL pada Konsep Hidrostatika IPA Terpadu Type Connected terhadap HOTS Siswa SMP

  • Citra Dewi Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Amiruddin Hatibe Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • I Komang Werdhiana Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa terkait konsep hidrostatika dalam IPA terpadu tipe connected antara kelompok yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan kelompok yang tidak. Selain itu, studi ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kuasi-eksperimental, dilaksanakan di kelas VIII MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu. Sampel terdiri dari dua kelas: satu kelas eksperimen menerapkan PBL dan satu kelas kontrol menggunakan metode discovery learning. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berbentuk tes esai dengan 6 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang menggunakan PBL dengan yang tidak, sebagaimana dibuktikan oleh hasil uji beda (t-test), dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,183 > 0,05. Namun, penerapan PBL dalam konsep hidrostatika dalam IPA terpadu tipe connected terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dengan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,65 (kategori sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,63 (kategori sedang). Selain itu, setiap indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Higher Order Thinking Skills (HOTS), Siswa MTs

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Dewi, C., Hatibe, A., & Werdhiana, I. K. (2024). Penenerapan Model PBL pada Konsep Hidrostatika IPA Terpadu Type Connected terhadap HOTS Siswa SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 619-625. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1333
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 261 times
PDF downloaded: 169 times

Referensi

Amir, T.A. (2009) Inovasi pendidikan melalui problem based learning: bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Apriana, S., Novalyan., & Devie. (2019). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas viii mata pelajaran ipa terpadu mts jauharul iman senaung muaro jambi. Skripsi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76.

Flamboyant, F. U., Murdani, E., & Soeharto, S. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap higher order thinking skills peserta didik SMA negeri di kota singkawang pada materi hukum archimedes. Variabel, 1(2), 51-59.

Fogarty, R. (2013). The mindful school: How to integrate the curricula. Illinois: IRI.

Kemendikbud (2020). Kementerian pendidikan dan kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/, Mei.http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id

Hergianasari, P.(2019). Konsep deradikalisasi pada pendidikan berbasis pembelajaran terpadu. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,9(3), 239–244.

Husnawati, A., Hartono, H., & Masturi, M. (2019). Pengembangan soal higher order thinking skill (HOTS) fisika kelas VIII SMP materi gerak pada benda. UPEJ Unnes Physics Education Journal,8(2),133-140.

Lutfa, A., Sugianto, & Sulhadi. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk menumbuhkan keterampilan proses sains pada siswa sma. Unnes Physics Education Journal, 3(2).

Jumiati, M. S., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model nht pada materi gerak tumbuhan di kelas viii smp sei putih kampar, Lectura, 2011, No. 02, Vol 02, h. 70

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Gyako, S. A. (2015). Use of Cooperative Problem-Based Learning Model to Develop Creativity and Foster Democracy, and Improve Student Learning Outcomes in Chemistry at the NCE Level. Journal of Resourcefulness and Distinction, 11(1), 1-12.

Susanti, E. (2014). Pendidikan matematika realistik berbantuan komputer untuk meningkatkan higher-order thinking skills dan mathematical habits of mind siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.