Demokrasi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Studi Kritis dalam Tinjauan Pedagogik
Abstrak
Pendidikan demokratis hadir untuk mengatasi tantangan globalisasi di Indonesia. Perubahan dalam dunia pendidikan akibat globalisasi telah mendorong terciptanya inovasi, terutama dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai demokrasi pendidikan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka yang mengedepankan nilai-nilai demokrasi, dengan harapan peserta didik menjadi individu yang kreatif, kritis, serta produktif yang menjadikan pendidikan lebih berkualitas pedagogik. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan meneliti berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan publikasi relevan. Kurikulum merdeka bertujuan untuk menciptakan proses pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip kebebasan, kemandirian, dan kesetaraan hak, untuk membimbing individu menuju kehidupan yang lebih baik. Pendidikan demokratis tidak hanya mencakup prosedur, tetapi juga nilai-nilai yang menghargai martabat manusia. Hasil tinjauan literatur dari beberapa sumber menunjukkan bahwa menerapkan demokrasi dalam pendidikan di Kurikulum Merdeka memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dimana semua peserta didik difasilitasi pembelajaran yang menarik. Kurikulum Merdeka, di sisi lain, menekankan pada prinsip-prinsip kemerdekaan, kemandirian, dan kesamaan hak, yang sesuai dengan semangat demokrasi pendidikan berkualita yang dipadukan dengan penggunaan teknologi dalam prosesnya.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Silvia Nurwanci, Tatang Muhtar, Yusuf Tri Herlambang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

