Demokrasi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Studi Kritis dalam Tinjauan Pedagogik

  • Silvia Nurwanci Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan demokratis hadir untuk mengatasi tantangan globalisasi di Indonesia. Perubahan dalam dunia pendidikan akibat globalisasi telah mendorong terciptanya inovasi, terutama dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai demokrasi pendidikan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka yang mengedepankan nilai-nilai demokrasi, dengan harapan peserta didik menjadi individu yang kreatif, kritis, serta produktif yang menjadikan pendidikan lebih berkualitas pedagogik. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan meneliti berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan publikasi relevan. Kurikulum merdeka bertujuan untuk menciptakan proses pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip kebebasan, kemandirian, dan kesetaraan hak, untuk membimbing individu menuju kehidupan yang lebih baik. Pendidikan demokratis tidak hanya mencakup prosedur, tetapi juga nilai-nilai yang menghargai martabat manusia. Hasil tinjauan literatur dari beberapa sumber menunjukkan bahwa menerapkan demokrasi dalam pendidikan di Kurikulum Merdeka memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dimana semua peserta didik difasilitasi pembelajaran yang menarik. Kurikulum Merdeka, di sisi lain, menekankan pada prinsip-prinsip kemerdekaan, kemandirian, dan kesamaan hak, yang sesuai dengan semangat demokrasi pendidikan berkualita yang dipadukan dengan penggunaan teknologi dalam prosesnya.

Kata Kunci: pedagogik, demokratisasi pendidikan, kurikulum merdeka

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-09
Bagaimana cara mengutip:
Nurwanci, S., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2024). Demokrasi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Studi Kritis dalam Tinjauan Pedagogik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 546-554. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1324
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 210 times
PDF downloaded: 208 times

Referensi

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548-561.

Hadiansyah, Y., & Muhtar, T. (2023). Peran Pedagogik Futuristik Dalam Mendukung Kurikulum Baru. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran.

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10-17.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.

Herlambang, Y., & Abidin, Y. (2023). Pendidikan Indonesia Dalam Menyongsong Dunia Metaverse :Telaah Filosofis Semesta Digital Dalam Perspektif Pedagogik Futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran.

Heryanti, Y. Y., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Makna Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Relevansinya Bagi Perkembangan Siswa di sekolah Dasar: Telaah Kritis Dalam Tinjauan Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270-1280.

Hidayat, R., Husna, R., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Demokrasi Pendidikan Islam (dan analisis pengembangannya). Educational Journal of Islamic Management, 3(1), 13-26.

Humaeroh, S., Abdulatif, S., Winarti, W., & Windayana, H. (2021). Pedagogik Kritis dalam Membangun Pendidikan Humanis. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 174-182.

Ikram, M. (2023). Implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Parepare. EDIUM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21-29.

Indah, A. V. (2020). Diskriminasi Pendidikan Di Indonesia: Analisis Teori Demokrasi Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 175-186.

Juwan, D. P. A., Maharani, S. D., & Siswadi, G. A. (2024). PENDIDIKAN DAN KESETARAAN: IMPLEMENTASINYA PADA SEKOLAH INKLUSI PERSPEKTIF FILSAFAT MANUSIA. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 29(2), 94-106.

Lailiyah, S., & Imami, A. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Mutu. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2737-2746.

Lasterman, N. M., & Sihotang, H. (2024). Konsep Pendidikan Alamiah dalam Kurikulum Merdeka menurut Pandangan Jean–Jacques Rousseau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1533-1544.

Lestari, A. (2022). Demokrasi Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasinya. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 8(02).

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Mariati, M. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora(Vol. 1, No. 1, pp. 749-761).

Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2), 27–36.

Muhidin, M., Makky, M., & Erihadiana, M. (2022). Moderasi Dalam Pendidikan Islam Dan Perspektif Pendidikan Nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 22-33.

Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56-68.

Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model pedagogik multiliterasi dalam mengembangkan keterampilan berpikir abad ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117-126.

Pangestu, D. A., & Rochmat, S. (2021). Filosofi merdeka belajar berdasarkan perspektif pendiri bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 78-92.

Qiso, A. A., & Nafisah, A. (2021). Perbandingan Pemikiran Demokrasi Pendidikan Paulo Freire Dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman, 2(02), 105-134.

Restiana, H., Fazira, E., & Al Fahri, A. (2024). DEMOKRASI DALAM KELAS MENDORONG PARTISIPASI ANAK SD DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5).

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75-99.

ROUSSEAU, Jean Jacques (2010) Emile: or on Education. The Collected Writings of Rousseau. Vol. 13.Trans. Christopher Kelly and Allan Bloom. Ed. Roger D. Masters and Christopher Kelly. Hanover, New Hampshire: Dartmouth College Press.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357.

Shodik, A. (2021). Merdeka Belajar: Menurut Perspektif John Dewey. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 8(02), 206-217.

Siregar, M. I. (2022). Pendidikan Karakter Di Era Millenial. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 68-81.

Sulistiyono, A. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi melalui budaya sekolah. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-8.

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Wattimena, R. (2018). PEDAGOGI KRITIS: PEMIKIRAN HENRY GIROUX TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA UNTUK INDONESIA. Jurnal Filsafat, 28(2), 180–199. https://doi.org/10.22146/jf.34714.

Wiryanto, W., & Anggraini, G. O. (2022). Analisis pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam konsep kurikulum merdeka belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33-45.