Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

  • Mega Krisdiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Ila Rosmilawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Matematika siswa kelas VI UPT SDN Sentul 1 yang masih rendah serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mengaitkan dengan kebudayaan setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran etnomatematika terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Adapun desain penelitian ini menggunakan factorial design 2x2. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar pada materi operasi hitung bilangan bulat dapat ditingkatkan melalui pembelajaran etnomatematika dengan menggunakan media lidimatika. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t dengan hasil Sig. 0,000 yang berarti bahwa Sig  ≤ 0,05. Dengan demikian Ho ditolak, maka µ1 ≠ µ2 yaitu terdapat perbedaan rerata skor yang menggunakan pembelajaran etnomatematika dan pembelajaran konvensional. Peneliti lain hendaknya menerapkan pembelajaran Matematika berbasis etnomatematika dan diperlukan pembelajaran inovatif lainnya seperti mengaitkan pembelajaran dengan permainan tradisional, warisan budaya setempat, dan kearifan lokal lainnya. Sehingga siswa selain dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika juga mengetahui pengetahuan baru mengenai kearifan lokal yang ada di sekitar mereka.

Kata Kunci: Pembelajaran, Etnomatematika, Lidimatika, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-28
Bagaimana cara mengutip:
Krisdiana, M., Pujiastuti, H., & Rosmilawati, I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 2020-2029. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1286
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 2 times
PDF downloaded: 2 times

Referensi

Abdullah, A. (2017). Etnomatematika dalam perspektif budaya Sunda. Jurnal Aktif Pendidikan Matematika, 1-16.

Ahmad, F., & Dahlan, A. H. (2020). Penggunaan Media Lidi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Penjumlahan Bilangan Bulat (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Wayabula Kabupaten Pulau Morotai) . Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 376-385.

Badariah, B., Pristiwanti, D., & rosmilawati, I. (2022). Pemanfaatan Permainan Tradisional Bola Bekel dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal On Teacher Education, 1-8.

Citra, R. J. (2017). Pengaruh Media Lidimatika dalam Pembelajaran Etnomatematika Sunda untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Serang: Repository Universitas Pendidikan Indonesia.

Dominikus, W. S. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika (PMBE). Prosiding Of Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget Dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 31-42 .

Ginting, S. B., Astuti, Bay, R. R., Hanipah, S., Sinaga, S. B., Yari, N., & Koda, M. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Lidi dalam Menentukan Kelipatan Bilangan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Ilmiah dan Teknologi , 1-5.

Ihsan, A. N., Arisetyawan, A., & Supriadi. (2016). Perbandingan Pembelajaran Menggunakan Media Lidimatika dengan Jarimatika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kalimaya, 1-12.

Krisdiana, M., Malihah, S., & Rosmilawati, I. (2022). Pemanfaatan Lidimatika sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Konsep Perkalian di Kelas III Sekolah Dasar. TIRTAMATH : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika.

Lidinillah, D. A., Rahman, Wahyudin, & Aryanto, S. (2022). Integrating Sundanese Ethnomathematics Into Mathematics Curriculum and Teaching: A Systematic Review From 2013 to 2020. Journal of Mathematics Education, 33-54.

Naufal, N., Nurjannah, S. K., Khairunnisa, A., Sadiah, L. H., Hidayati, N., Ariati, C., . . . Suhendra. (2023). Pembelajaran Operasi Perkalian Menggunakan Metode Jarimatika dan Lidimatika. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 47-55.

Ningsi, R. O. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dengan Media Lidimatika untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian di Kelas III SD Babussalam Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository.

Nurazizah, A., Maulana, P., & Kusnandar, N. (2022). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Perkalian. Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 50-57.

Nuriza, K. I. (2022). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Konteksmedia Lidi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah . Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 88-97.

PISA. (n.d.). PISA 2018 Results ; Combined Executive Summaries Volume I, II & III. OECD.org. .

Pujiastuti, H., Hidayat, S., Hendrayana, A., & Haryadi, R. (2024). Creation of Mathematics Learning Media Based on Augmented Reality to Enhance Geometry Teaching and Learning. EDP Sciences, 1-10.

Pujiastuti, H., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Dahlan, J. A. (2014). Inquiry Co-operation Model for Enhancing Junior High School Students' Mathematical Problem Solving Ability. International Journal of Contemporary Educational Research, 51-60.

Sudarti. (2022). Penerapan Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 130-139.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualititaf dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, L. (2021). Analisis Literasi Numerasi Melalui Penggunaan Media Lidmatika Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perkalian Kelas III SD Negeri 1 Temon Tahun Pelajaran 2020/2021. Pacitan: Repository STKIP Pacitan.

Supriadi. (2012). Pembelajaran Etnomatika dengan Media Lidi dalam Operasi Perkalian Matematika untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Cinta Budaya Lokal Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1-8.

Supriadi. (2014). Mengembangkan Kemampuan dan Disposisi Pemodelan Serta Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika. Disertasi SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Ugi, L. E., Armin, R., & Bahtiar. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. ELIPS: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 70-80.

Yuda, E. K., Nuryani, & Rosmilawati, I. (2024). Analisis Praktik Pendidikan di Kampung Naga Berdasarkan Konsep Tripusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 391-399.