Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Berbasis Brand Sekolah (Studi Kasus di Kelas VI SDIT IQRA)

  • Marjohan Marjohan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Dase Erwin Juansah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Aan Hendrayana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana brand sekolah dapat digunakan sebagai alat untuk menanamkan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran al Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, peserta didik, dan orang tua, serta observasi langsung dalam kegiatan pembelajaran al Qur'an. Temuan penelitian menunjukkan bahwa brand sekolah yang kuat, strategi dan implementasi yang tepat, serta program evaluasi yang sesuai untuk mengukur efektivitas berperan signifikan dalam membentuk lingkungan belajar yang mendukung penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab. Strategi yang diterapkan mencakup kerjasama dengan wali murid, membangun komitmen tenaga pendidik, penetapan target yang jelas dan terukur, kegiatan pembelajaran interaktif, serta pelaksanaan program-program pembiasaan positif dalam keseharian peserta didik. Pengukuran dan evaluasi efektivitas penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab di SDIT IQRA Kota Serang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh elemen sekolah, termasuk guru, siswa, dan orang tua. Pengukuran dan evaluasi efektivitas penanaman karakter meliputi kegiatan ujian tahfidz d, konseling peserta didik dan wali murid, rapat koordinasi serta laporan progres dan penyusunan program. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa brand sekolah yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik dapat menjadi sarana efektif dalam mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik, yang pada akhirnya mendukung pencapaian target pembelajaran serta prestasi akademik dan non-akademik peserta didik.

Kata Kunci: penanaman karakter, disiplin, tanggung jawab, brand sekolah, pembelajaran Al-Qur'an

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-21
Bagaimana cara mengutip:
Marjohan, M., Juansah, D. E., & Hendrayana, A. (2024). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Berbasis Brand Sekolah (Studi Kasus di Kelas VI SDIT IQRA). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 315-319. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1280
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 114 times
PDF downloaded: 48 times

Referensi

Anwar, K. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri I Rajeg Lebong. Program Studi Manajeman Pendidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri Curup.

Azzira, N., Carles, Iswantir & Aprison, W. Penerapan Karakter Disiplin Pada Siswa Di MTS TI Koto Tuo Kumpulan Kabupaten Pasaman. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan. 3(2), 107-115

BAPEDA Kota Serang. (2016). Visi Kota Serang Madani. Serang: Dinas Pendidikan Kota Serang. Diakses tanggal 28 Februari 2014 dari: https://bappeda.serangkota.go.id/pages/pendidikan

Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.

BPPPK Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses tanggal 28 Februari 2024 dari: https://docplayer.info/29843204-Panduan-pelaksanaan-pendidikan-karakter.html

Istighfaroh, M. N., Agustini, F., Prayito, M., & Wigati, T. 2023. Penanaman Karakter disiplin dalam Kegiatan Apel Pagi di SD Negeri Panggung Lor. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 1–10.

Jamaludin, M. B. 2020. Strategi Branding di Sekolah Dasar Islam Plus Masyitoh (Yayasan Miftahul Huda) Kroya Cilacap. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. 2022. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi (35th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujib, F., & Saptaningsih, T. (2020). School Branding: Strategi di Era Disruftif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Presetyo, A. M. F. 2020. Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Berbasis Tekhnologi di Kelas IV SD Insan Amanah Kota Malang. Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karaktristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Kompas Gramedia.

Samsul Arifin, Bambang & Rusdiana, A. (2019). Manajemen pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sofiasyari, I. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Semarang. Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Islam Negeri Semarang.

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. 2022. Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember:IAIN Jember Press.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses tanggal 28 Februari 2024 dari: https://www.regulasip.id/book/1393/read

Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. 2018. Pengaruh Modul E-Jas Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79.

Zusmayanti, Y. N. 2023. Penanaman Karakter Peserta Didik Melalui Aktualisasi Pendidikan Karakter di SMP Cita Persada Depok. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta.