Strategi Pembelajaran Efektif Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di SMPN 3 Grogol

  • Amanda Oktavia Safitri Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

PAI berperan penting dalam kurikulum sekolah yang berfungsi untuk membentuk karakter, moral, dan spiritual siswa. Namun, guru sering dihadapkan pada kesulitan belajar siswa. Guru PAI perlu memiliki strategi pembelajaran efektif untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis strategi guru, mengimplementasikan strategi serta mengklasifikasi faktor internal dan eksternal dalam mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilaksanakan di SMPN 3 grogol Sukoharjo. Teknik analisis data yang dipakai analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru PAI masih banyak siswa yang kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran dan banyak siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan yang dialami dalam segi proses, materi baca tulis ayat Al-Qur’an dan keahlian dalam menghafal. Guru PAI harus memiliki strategi pembelajaran efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu 1). mendekati siswa, 2). menerapkan metode pembelajaran interaktif, 3). pembinaan siswa melalui program rohis, dan 4). melaksanakan evaluasi. Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitu: 1). rendahnya minat belajar pada mapel PAI, 2). motivasi belajar siswa rendah, 3). rendahnya kemampuan membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an. Faktor eksternal meliputi: 1). metode dan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakter siswa, 2). orang tua kurang perhatian terhadap anaknya, 3). penggunaan teknologi secara berlebihan.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Efektif, Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar, Siswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-21
Bagaimana cara mengutip:
Safitri, A. O., & Mustofa, T. A. (2024). Strategi Pembelajaran Efektif Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di SMPN 3 Grogol. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 254-262. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1276
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 606 times
PDF downloaded: 323 times

Referensi

Bahriah, Abdullah, A., & Wahab, R. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Kelas VII MTsN 3 Sidenreng Rappang. REFERENSI | Kajian Manajemen Dan Pendidikan, 2(20), 1–11. https://doi.org/10.26650/iuitd.2020.848466

Budiarti, I. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IV Di MI Islamiyah Ketapang Lampung Selatan. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru …, 2, 343–348. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/351%0Ahttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/download/351/322

Fadholi, A., & Auliya, N. (2022). Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal PendidikanAgama Islam, Vol. 2,No.(2), 75–85. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0273675

Hasibuan, N. H., Rahminawati, N., & Hayati, F. (2023). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 40 Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(3), 615–620. https://proceedings.unisba.ac.id

Herawati Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, Y., Barkatillah, I., & Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, S. (2023). Strategi Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sdn Sungai Pandan Hulu Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(9), 782–792. https://doi.org/10.26719/2007.13.6.1466

Hidayatullah, S., Rahman, B. A., & Muthaharah, S. (2023). Strategi Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Negeri 4 Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Ikmal, H., & Setianingrum, S. A. (2018). Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik. Akademika, 12(02). https://doi.org/10.30736/adk.v12i02.180

Irmayanti, A., Wajedi, M., & Burga, A. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Kelas VIII MTs Negeri Pinrang. REFERENSI | Kajian Manajemen Dan Pendidikan, 1(Desember), 1–9.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar (JAA), 5(2), 171–187. https://doi.org/10.14196/mjiri.32.124

Mahisarani, Himmatul Fitria, & Aisyah Purnama Siregar. (2021). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Al-Farabi Sunggal. Education & Learning, 1(2), 29–35. https://doi.org/10.57251/el.v1i2.31

Muhammad, I., Marchy, F., Rusyid, H. K., & Dasari, D. (2022). Analisis Bibliometrik: Penelitian Augmented Reality Dalam Pendidikan Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 141. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13818

Novitri, A. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran PAI Di Smpn 1 Rajeg Kab. Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v3i1.508

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24

Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15–23. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.10006

Rizal, S. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Plus Al-Qodiri. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Keagamaan, 21 nomoe 2, 342–356. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/qodiri

Santoso, A., Iman, N., & Aryanto, A. (2020). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al Qur’an Hadits Di Mi Muhamadiyah 12 Ngampel Balong Ponorogo. TARBAWI:Journal on Islamic Education, 1(2), 123. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i2.586

Santoso, K. (2020). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020 P-ISSN: 2087-0678X. Pendidikan Islam, 5(2), 17–23.

Syafiyatul, M., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019. Vicratina, 4(1), 65–71.

Taslim, P. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Alquran Siswa Mdta Muhammadiyah Desa Panggorengan Kec. Panyabungan Kab. Mandailing Natal. Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v3i1.840

Zainal, M. A., Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa-Siswi Kelas VII SMPN, U., Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa-Siswi Kelas VII SMPN, R., Ali Aryadillah, H., & Zainal Arifin, M. (2024). Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa-Siswi Kelas VII SMPN 1 Rumbia. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.18505/cuid.768355