Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP PK Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura

  • Delia Vialo Lozada Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelaah usaha yang dilaksanakan oleh guru untuk mengembangkan minat belajar mata pelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP PK Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Kemudian, juga mempunyai tujuan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat terhadap keberhasilan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP PK Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang diterapkan ialah jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian lapangan melalui pendekatan kualitatif. Sumber data ini diperloleh dari wawancara kepada siswa kelas VII, VIII, dan IX serta Guru pengampu mata pelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawanacara dan dokumentasi. Observasi yang dilaksanakan oleh peneliti secara langsung hadir di SMP PK Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Uji ke absahan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik triagulasi. Analisis data yang dipakai yaitu hasil kumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitiannya adalah usaha guru dalam mengembangkan minat belajar belajar siswa meliputi penggunaan metode pembelajaran yang beragam, penyediaan sumber belajar yang menarik, pembinaan secara personal, serta kolaborasi dengan orang tua. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa usaha guru dalam meningkatkan minat belajar belajar siswa dalam mata pelajaran Tahfidz Al-Qur’an yaitu dengan dilaksanakannya metode untuk mengembangkan keahlian dalam menghafal Al-Qur’an siswa dilaksanakan dengan; 1) Metode Halaqah, 2) Metode Talaqqi, 3) Metode Takrir, 4) pemberian reweard dan punishment, serta 5) muroja’ah dan motivasi. Faktor pendukung upaya guru dalam mengembangkan minat belajar siswa pada keberhasilan menghafal Al-Qur’an adalah; 1) keterampilan dan keahlian guru, 2) metode pembelajaran yang variatif dan inovatif, 3) penggunaan teknologi, dan 4) dukungan orang tua dan keluarga. Adapaun faktor penghambatnya yaitu; 1) terdapat siswa yang belum sempurna bacaan Al-Qur’annya, 2) kurangnya motivasi siswa dalam hafalan Al-Qur’an, 3) tingkat menghafal siswa yang berbeda, dan 4) pengelolaan waktu.

Kata Kunci: Upaya, Minat Belajar, Siswa, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-10
Bagaimana cara mengutip:
Lozada, D. V., & Mustofa, T. A. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP PK Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1857-1865. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1242
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 51 times
PDF downloaded: 31 times

Referensi

Agustina, M., Yusro, N., & Bahri, S. (2020). Strategi peningkatan minat menghafal al quran santri di pondok pesantren arrahmah curup. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1–17. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/749/667

Anggraini, V. (2023). Peran Guru Al- Qur ’ an Hadits dalam Peningkatan Minat Hafalan Al- Qur ’ an Siswa di MTI Canduang Pendahuluan Al- Qur ’ an merupakan firman Allah Swt . yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril . Sedangkan Hadits merupakan. Surau : Journal of Islamic Education, 1(2), 172–179. https://doi.org/10.1016/S0952-8733(99)00024-0

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatiatun, F. F., & Majid, A. (2023). Model pembelajaran tahfidz dan peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadits siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Cokroaminoto linggasari. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 3(2), 1–6. https://doi.org/10.26719/2015.21.1.54

Gita silvia, Syofnidah Ifrianti, & Hasan Sastra Negara. (2023). Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Metode Talaqqi. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 5(1), 1336–1347. https://doi.org/10.20885/tullab.vol5.iss1.art10

Hidayati, N., & Sharifudin, K. (2023). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Siswa Di Ma Tahfidz Al-Qur’an Pesanggaran Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 46–59. https://doi.org/10.30739/jmpid.v5i1.2084

Itsnaini, N. A., Taubah, M., Muzdalifah, & Mubarak, H. (2022). Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.1007/BF00131819

Jessieca Annisa Meygamandhayanti, & Aep Saepudin. (2022). Implementasi Metode Talaqqi melalui Pembelajaran Hybrid pada Mata Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 73–80. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1163

Maelani, N. (2022). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Di SMPIT Al-Multazam Kuningan. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 439–450. https://doi.org/10.1016/S0952-8733(99)00024-0

Mahfudz, M. S. (2023). Peran Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi “Menghafal Al-Qur’an” Siswa Kelas Vi Mi Islamiyah Al-Wathaniyah. Mentari: Journal of Islamic Primary School, 1(3), 131–140. https://doi.org/10.26719/2011.17.12.976

Neliwati, N., Sipahutar, N., Hafiz, S. R., & Muliadi, M. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah UPT SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1028–1036. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1638

Ni’am, M. A., & Basid, A. (2022). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Ilmu Nahwu Siswa Kelas Viii Smp Tahfidz Al-Ittiba’ Klaten. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa, 12(2), 192–204. https://doi.org/10.54214/alfawaid.vol12.iss2.240

Nini, N. (2019). Strategi Guru Asrama dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas VIII di Pondok Pesantren Thawalib Kota Padang. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.304

Putri, A., & Bunyamin. (2024). Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Pusat Menes. Attractive : Innovative Education Journal, vol 6 no 2(1), 173–180. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v6i2.1306

Putri, A. I., A’yun, Q., & Budiya, B. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMPI BANI HASYIM SINGOSARI. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, vol 9 nomo. https://doi.org/10.18505/cuid.784076

Ritonga, A. S., & Nasution, A. F. (2023). Implementasi Program Tahfiz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 188–200. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i2.388

Rustiana, D., & Ma`arif, M. A. (2022). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.2

Saihu, M. (2022). Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di SMPIP BAITUL. Andragogi, 4(3), 652–660. https://doi.org/10.1108/IJEM-08-2014-0118

Saputra, E., Khairul, N. A., & Oktaviana, W. (2023). Meningkatkan Minat Minat Belajar Al-Quran Pada Anak Dan Remaja Di Batang Arah Tapan Efrinandi. AMMA: Pengabdian Masyarakat, 2(7), 830. https://doi.org/10.3200/WAFS.169.2.51-63

Sulfikram, S., Baderiah, B., Makmur, M., Jasmin, N., & Sanusi, S. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Kegiatan Extrakurikuler Rohani Islam di SMAN 2 Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(3), 161–170.

Supriyanti, I. (2023). Motivasi Siswa dalam Mengikuti Program Tahfizh Al-Qur’an. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i1.317

Winata, K. A., Fajrussalam, H., Syah, M., & Erihadiana, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al-Qur’an melalui Guru Pendidikan Agama Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 90–100. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.8035

Zailani, Z., & Ningsih, T. I. (2022). Pengaruh Metode Muraja’ah One Day One Ayat (ODOA) dalam Meningkatkan Minat Hafalan Surah Pendek Siswa Kelas VII di MTs Nahdatul Islam Mancang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7757–7762. https://doi.org/10.26719/2015.21.1.54