STRATEGI THINK, TALK, WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LA DISPONIBILITÉ DAN LA VOLONTÉ

  • Sri Moerni SMA Negeri 10 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Perancis pada kompetensi dasar la disponibilité dan la volonté dengan menggunakan strategi Think, Talk, Write bagi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalahPenelitian Tindakan Kelas. Didalam penelitian ini diaparkan awal pemberian perlakuan sampai dampak dari perlakuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya 1). Kenaikan hasil belajar dari prasiklus ke siklus satu sebesar 19,03% dan dari siklus satu ke siklus kedua sebesar 14,29%. 2) Dengan strategi pembelajaran Think, Talk, Write ini, diawali dengan siswa memahami materi secara individu melalui kegiatan membaca, berdiskusi dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3 orang, dan kegiatan pembelajaran diakhiri dengan siswa menuliskan gagasan secara mandiri. Siswa menjadi lebih fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dengan strategi Think, Talk, Write maka empat tahapan kompetensi belajar bahasa dilalui dengan baik, mulai dari memahami, berbicara, membaca dan menulis.

Kata Kunci: strategi think, talk, write, keterampilan menulis, mpetensi la disponibilité dan la volonté

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Moerni, S. (2020). STRATEGI THINK, TALK, WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LA DISPONIBILITÉ DAN LA VOLONTÉ . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 98 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.123
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 416 times
PDF downloaded: 505 times

Referensi

Arifin, Winarsih dan Farida Sumargono. (1991). Dictionnaire Français Indonésien. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Himber, Céline. (2006). Le Mag Méthode de Français. Paris: Hachette.

Himber, Céline. (2006). Le Mag Cahier d’Exercise. Paris: Hachette.

Huda, Miftahul. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamet, Marie-Christine. (2006). Préparation à l’examen du DELF. France: FLE Hachette.

Pringgawidagda, Suwarna. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa. Bandung: Addicipta.

Tagliante Christine. (1991). L’evaluation. Paris: CLE Internationale.