Tantangan Sekolah di Indonesia dalam Membangun Kultur Sekolah di Era Digital: Kajian Literatur Sistematis

  • La Musa Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Siti Irene Astuti Dwiningrum Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Juniar Sinaga Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Era digital merupakan era di mana perkembangan tekonologi begitu pesat, tekonologi digital mudah diakses kapan saja dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Internet dan teknologi digital sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena keberadaannya mempengaruhi banyak aspek termasuk pada bidang pendidikan. Kondisi ini mendorong sekolah-sekolah yang ada di Indonesia untuk membangun kultur yang baik dalam menghadapinya.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana membangun kultur sekolah dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Systematic Literature Review (SLR) dengan desain PRISMA untuk mengidentifikasi, memilih, dan menilai secara kritis penelitian yang relevan serta mengumpulkan dan menganalisis data dari studi yang ditinjau. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk membangun kultur sekolah yang responsif terhadap pendidikan di era digital, diperlukan integrasi pendekatan inovatif seperti pembelajaran berbasis proyek, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, dan strategi pembelajaran yang terbukti efektif seperti flipped classroom. Untuk mencapai tujuan ini secara berkelanjutan, perlu adanya komitmen yang kuat dari semua pihak terkait, termasuk pemerintah, sekolah, guru, dan industri.

Kata Kunci: Tantangan sekolah, Kultur sekolah, Era digital

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2025-02-11
Bagaimana cara mengutip:
Musa, L., Dwiningrum, S. I. A., & Sinaga, J. (2025). Tantangan Sekolah di Indonesia dalam Membangun Kultur Sekolah di Era Digital: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 966-971. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1223
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 152 times
PDF downloaded: 91 times

Referensi

Adriani, E. (2019). Pengukuran Modal Manusia (Suatu Studi Literatur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(1), 176. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i1.86

Akrim, A. (2022). A New Direction of Islamic Education in Indonesia: Opportunities and Challenges in the Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1799

Baig, M. A., Bazarbashi, M. S., Aldakhil, H., & Baig, S. M. (2022). The Journey of Clinical Registries Through Various Phases of the Digital Age: A Technical Perspective. In J. Mantas, A. Hasman, M. S. Househ, P. Gallos, E. Zoulias, & J. Liasko (Eds.), Studies in Health Technology and Informatics (Vol. 289, pp. 345–348). IOS Press BV. https://doi.org/10.3233/SHTI210930

Baig, M. I., Shuib, L., & Yadegaridehkordi, E. (2022). E-learning adoption in higher education: A review. Information Development, 38(4), 570–588. https://doi.org/10.1177/02666669211008224

Ertmer, P. A. (2005). Teacher pedagogical beliefs: The final frontier in our quest for technology integration? In Educational Technology Research and Development (Vol. 53, Issue 4, pp. 25–39). Springer Boston. https://doi.org/10.1007/BF02504683

Fitriah, D., Meggie, D., & Mirianda, U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi.

Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466–471. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.839

Karadag, E., & Oztekin-Bayir, O. (2018). The effect of authentic leadership on school culture: A structural equation model. IJELM, 6(1), 40–75. https://doi.org/10.17853/ijelm.2018.2858

Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge PUNYA MISHRA. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Mansir, F. (2022). Integration of Islamic Science and Science in Schools: Studies on Learning Islamic Religious Education in the Digital Era. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 413-425.

Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., Antes, G., Atkins, D., Barbour, V., Barrowman, N., Berlin, J. A., Clark, J., Clarke, M., Cook, D., D’Amico, R., Deeks, J. J., Devereaux, P. J., Dickersin, K., Egger, M., Ernst, E., Gøtzsche, P. C., … Tugwell, P. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. In PLoS Medicine (Vol. 6, Issue 7). Public Library of Science. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097

Mulawarman, M., Susilawati, S., Syifa, L., & Rifani, E. (2020). Classroom guidance strategy with flipped method in guidance and counseling services at indonesia schools in the digital era. Islamic Guidance and Counseling Journal, 3(2), 61–74. https://doi.org/10.25217/igcj.v3i2.646

Risdianto, E. (2019). ANALISIS PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. https://www.researchgate.net/publication/332415017

Rokhman, W., & Abduh, M. (2020). Antecedents of SMEs’ satisfaction and loyalty towards Islamic microfinance: Evidence from Central Java, Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1327–1338. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2018-0090

Rudagi, R., & Siska, F. (n.d.). Analisis Ketimpangan Pendidikan pada Masa Covid-19 di Nagari Sisawah Kabupaten Sijunjung (Vol. 3, Issue 1).

Saputra, W. N. E., Rohmadheny, P. S., & Suryanto, F. (2024). School counselors as agents of peace in the school: a systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(3), 1623–1630. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i3.25758

Suharno, Pambudi, N. A., & Harjanto, B. (2020). Vocational education in Indonesia: History, development, opportunities, and challenges. In Children and Youth Services Review (Vol. 115). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105092

Syamsuar, Saputra, R., Yusoff, Z. B., Islamiyah, U. H., Zikriati, & Wathan, N. (2019). The strategies of Teungku Chiek Dirundeng to develop islamic education in Aceh, Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 18(5).

Indsor, D. (2019). Ethical Values and Responsibilities of Directors in the Digital Era (pp. 91–116). https://doi.org/10.4018/978-1-7998-2011-6.ch005