Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik melalui Reward dan Punishment di SMPN 1 Nguntoronadi

  • Habibah Indah Ratnasari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis upaya Guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik dengan menerapkan reward dan punishment di SMPN 1 Nguntoronadi. Kedisiplinan belajar adalah faktor penting yang berpengaruh pada kualitas pendidikan dan prestasi akademik peserta didik. Penggunaan metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SMP N 1 Nguntoronadi. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilaksanakan bersama Guru PAI dan subjeknya ialah peserta didik kelas VII, VIII, dan IX. Teknik yang dipakai untuk menganalisis keabsahan data adalah triangulasi. Analisis data yang dipakai pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya berupa Guru PAI di SMPN 1 Nguntoronadi menerapkan berbagai bentuk reward, seperti pujian lisan, pemberian sertifikat penghargaan, dan hadiah kecil, untuk memotivasi peserta didik yang berperilaku disiplin dan prestasi belajar yang baik. Sementara itu, bentuk punishment yang digunakan meliputi teguran lisan, penugasan tambahan, dan pemberian sanksi tertentu yang tidak taat aturan atau tidak menunjukkan kedisiplinan dalam belajar. Penerapan reward dan punishment terbukti efektif dalam mengoptimalkan sikap disiplin belajar peserta didik. Mereka lebih termotivasi untuk mengikuti aturan dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Guru juga melaporkan adanya peningkatan dalam keterlibatan peserta didik dan penurunan jumlah pelanggaran disiplin setelah implementasi upaya ini. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti perlunya konsistensi dalam penerapan reward dan punishment dan pentingnya pendekatan yang adil dan proporsional. Secara keseluruhan, upaya Guru PAI melalui reward dan punishment memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kedisiplinan belajar peserta didik di SMPN 1 Nguntoronadi.

Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Kedisiplinan Belajar, Peserta Didik, Reward dan Punishment

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-14
Bagaimana cara mengutip:
Ratnasari, H. I., & Mustofa, T. A. (2024). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik melalui Reward dan Punishment di SMPN 1 Nguntoronadi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1663-1671. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1217
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Amiruddin, A., Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1596

Amirudin, A., Nurlaeli, A., & Muzaki, I. A. (2020). Pengaruh Metode Reward And Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 140–149. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102

Anshori, S. (2020). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn 3 Wonoharjo Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 53. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3226

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arifandi, A. S. D. (2017). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.36835/edukais.2017.1.1.66-75

Avionita, A. V., Afifullah, M., & Sulistiono, M. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(Sadulloh 2011), 139–147.

Fu’ad, S. N., Khoir, N., F, D. J. N., Setiawan, S., & Rohmawati, A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Reward and Punishment Di MTs. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 160–178. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1617

Gusmarni, R., & Rahman, R. (2024). Penerapan Metode Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JPT: Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7392–7402. https://doi.org/10.26719/2015.21.1.54

Hanik, E. U., Yunita, V. D., Putri, H. C., Sirriyah, M. M., Machaasinaty, T., & Khasanah, F. N. (2022). Peran Guru dalam Menerapkan Nilai Karakter Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem. Masaliq, 2(1), 79–89. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.88

Harimawan, H., Rahardjo, A. B., & Harianto, E. (2024). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Era Industri 4.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 516–522. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.829

Hayati, N. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta didik di SMAN 1 PlosoKlaten Kediri. Vicratina, 4(1), 65–71. https://doi.org/10.26719/2015.21.1.54

Husaini, hasibuan F., Salminawati, & Sapri. (2024). Implementation of the Independent Curriculum in Islamic Religion Subjects. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 321–325. https://doi.org/10.5220/0012200500003738

Irfansyah, D., Afifulloh, M., & Hasan, N. (2023). Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Peserta Didik. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 8. https://doi.org/10.1017/S1368980011002680

Karyanto, D. (2019). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(2), 97–103. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i2.2873

Kasrina, E. (2023). Metode Reward dan Punishment : Solusi Tepat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(1), 97–109. https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.978

Kinesti, R. D. A., Taqiya, N., Nisak, L. H., Pionika, R. V., Praharsini, A., & Laela, R. N. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan dan Sikap Kedisplinan Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SD Al Ma’soem. Alsys, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.6

Kurniasih, E. (2023). Upaya Menumbuhkan Karakter Disiplin Melalui Reward Dan Punishment Pada Kelas Iv A Mi Negeri 2. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(3). https://doi.org/10.15516/cje.v19i1.2236

Marliza, L., Boerhan, A., Wati, S., Djamil, S. M., & Bukittinggi, D. (2023). Penerapan Reward dan punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Serta Hasil Belajar Peserta Didik Sejarah Kebudayaan Islam dimaknai. Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No(1), 27–38. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1033.0982S919

Nurjannah, E., Masudi, M., Baryanto, B., Deriwanto, D., & Karolina, A. (2020). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 159–171. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1381

Nurkhasanah. (2023). Startegi Implementasi Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, Volume 3 N, 133–143. https://doi.org/10.18505/cuid.784076

Ridwan, M. B., Halimah, S., & Budianti, Y. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar PAI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 803–808. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.964

Rohana. (2023). Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Reward Pada Siswa Kelas V SD Negeri 127 Bengkulu Utara. Jurnal PendidikanProfesi Guru Agama Islam, 2(7), 423–432. https://doi.org/10.1108/IJHG-05-2021-0055

Rosyid, A., & Wahyuni, S. (2021). Metode Reward and Punishment sebagai Basis Peningkatan Kedisiplinan Siswa Madrasah Diniyyah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137–157. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1728

Salamudin, C., Altifa, W. D., Kunci, K., Disiplin, K., & Didik, P. (2024). Kerjasama Guru PAI Dengan Guru Walikelas Dalam Penanganan Masalah Karakter Disiplin Peserta Didik ( Studi Di SDN 1 Sukatani Cilawu Garut ). Jurnal Masagi, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.37968/masagi.v3i1.679

Sarbini, M. (2019). Strategi Guru Pai Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Smpit Al-Hidayah Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 22–33. https://doi.org/10.24127/att.v6i1.2144

Suyuthi, A., & Sun’an, A. (2018). Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Mts Roudlotul Muta’Alimin Moropelang Babat Lamongan. Akademika, 12(02). https://doi.org/10.30736/adk.v12i02.175

Ummul karimah, B. P. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di Mts Miftahul Ulum Leces Probolinggo Ummul. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358. https://doi.org/10.26650/iuitd.2021.938868

Waqiah, W., & Dj, M. Z. (2021). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Smkn 4 Bone. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.30863/aqym.v4i1.1571

Yuliana, S. (2022). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Penerapan Reward and Punishment Di Sma Negeri 6 Baubau. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 2(3), 51–58. https://doi.org/10.55340/fkip.v10i1.718

Yuliana, & Ummya, F. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam. Jurnal AS-SAID, 3(1), 62–70. https://doi.org/10.1108/IJEM-08-2014-0118