Implementasi Tri-N Berbasis Project Based Learning dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Prosedur Pembuatan Patung
Abstrak
Rendahnya kemampuan menulis teks prosedur pembuatan patung pada siswa kelas 6 sekolah dasar (SD) disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang teks prosedur, kesulitan dalam mengomunikasikan pengetahuan ke dalam bentuk tulisan, dan kesulitan dalam menyusun kalimat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pembuatan patung melalui alur merdeka belajar berbasis Project Based Learning terintegrasi Tri-N. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap rencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 di SD Negeri Candiyasan Wonosobo. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes menulis teks prosedur pembuatan patung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan menulis teks prosedur pembuatan patung pada peserta didik kelas 6 SD Negeri Candiyasan Wonosobo. Pada siklus pertama, tingkat ketuntasan tes menulis teks prosedur pembuatan patung masih relatif rendah yiatu 10%. Pada siklus kedua, terdapat peningkatan signifikan baik dalam hal tingkat ketuntasan tes menulis teks prosedur pembuatan patung menjadi 38%. Siklus ketiga menunjukkan hasil yang optimal, di mana hampir seluruh siswa menunjukkan ketuntasan yaitu meningkat 52%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode alur merdeka belajar berbasis Project Based Learning terintegrasi Tri-N dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pembuatan patung pada peserta didik kelas 6 SD Negeri Candiyasan Wonosobo.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Yazid Firdiawan, Sri Haryati Rahayuningsih, Siti Rochmiyati, Moh Rusnoto Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.