Implementasi Tri-N Berbasis Project Based Learning dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Prosedur Pembuatan Patung

  • Yazid Firdiawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sri Haryati Rahayuningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh Rusnoto Susanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Rendahnya kemampuan menulis teks prosedur pembuatan patung pada siswa kelas 6 sekolah dasar (SD) disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang teks prosedur, kesulitan dalam mengomunikasikan pengetahuan ke dalam bentuk tulisan, dan kesulitan dalam menyusun kalimat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pembuatan patung melalui alur merdeka belajar berbasis Project Based Learning terintegrasi Tri-N. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap rencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 di SD Negeri Candiyasan Wonosobo. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes menulis teks prosedur pembuatan patung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan menulis teks prosedur pembuatan patung pada peserta didik kelas 6 SD Negeri Candiyasan Wonosobo. Pada siklus pertama, tingkat ketuntasan tes menulis teks prosedur pembuatan patung masih relatif rendah yiatu 10%. Pada siklus kedua, terdapat peningkatan signifikan baik dalam hal tingkat ketuntasan tes menulis teks prosedur pembuatan patung menjadi 38%. Siklus ketiga menunjukkan hasil yang optimal, di mana hampir seluruh siswa menunjukkan ketuntasan yaitu meningkat 52%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode alur merdeka belajar berbasis Project Based Learning terintegrasi Tri-N dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pembuatan patung pada peserta didik kelas 6 SD Negeri Candiyasan Wonosobo.

Kata Kunci: Menulis teks prosedur, Pembuatan patung, Alur Merdeka, PjBL, Tri-N

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-21
Bagaimana cara mengutip:
Firdiawan, Y., Rahayuningsih, S. H., Rochmiyati, S., & Susanto, M. R. (2024). Implementasi Tri-N Berbasis Project Based Learning dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Prosedur Pembuatan Patung. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 309-314. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1202
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 36 times
PDF downloaded: 26 times

Referensi

Anderson, M. C., & Pearson, P. D. (2012). Teaching reading: A Course in Applied Linguistics. Routledge.

Annisa, Purba, R., & Simanungkalit, A. (2024). Peningkatan Menulis Teks Prosedur Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 107405 Tembung Tahun Ajaran 2022/2023. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 7 No. 2, 3220–3226. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26342

Arend, R. T. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Pustaka Pelajar.

Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas XI SMA Negeri 1. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, Vol. 1 No. 2, 101–114. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.13

Fathonah, S., & Septriana, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Kelas VII di SMP Negeri 1 Kalibogor. Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-44 UPY, Vol. 1 No. 1, 81–88. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.25708

Hasmi, L., & Pohan, R. S. D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. KIBASP: Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, Vol. 5 No. 1, 51–60. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2920

Kemendikbud. (2017). Pedoman Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, D. W., Dian, H., & Sudrajat, R. T. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas X MAN Cimahi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 2 No. 1, 815-9=820. http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1333

Purba, L. (2012). Pengaruh Model Kreatif Treffinger Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Sugestif. Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, Vol. 9 No. 1.

Putri, T. A., Rustam, & Sinaga, A. (2022). Model Project Based Learning dalam Menulis Teks Prosedur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, Vol. 8 No. 1, 238–247. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1708

Ramadania, F. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku Ajar Kurikulum 2013. STILISTIKA: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya, Vol. 1 No. 2. https://doi.org/10.33654/sti.v1i2.372

Rochmiyati, S., & Putro, D. B. W. (2020). Penerapan Tri-N Pada Buku Siswa Bahasa Indonesia VIII Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, Vol. 4 No. 1, 48–55. https://doi.org/10.30738/wa.v4i1.6972

Sasmiza, E., Wardiah, D., & Puspita, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa. Journal On Teacher Education, Vol. 4 No. 4. https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14424

Siahaan, R. Y. K. P., Hadi, W., & Sihombing, M. (2023). Meningkatkan Hasil belajar Bahasa Indonesia Materi teks Prosedur dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa kelas VII SMP Swasta mentari Bangsa Tahun Peajaran2022/2023. ASAS: Jurnal Sastra, Vol. 12 No. 2, 280–287. https://doi.org/10.24114/ajs.v12i2.49211

Silitonga, I. D. B., & Hasibuan, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP RK Deli Murni Bandar Baru. Pendistra: Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra, Vol. 4 No. 1, 64–71. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1341

Sudirman, N., & Wardiman, D. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Grasindo.

Sulsilawati, E., & Usman. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 2 No. 1, 1–6. https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19281

Wardani, I. K., & Rochmiyati, S. (2023). Pemanfaataan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 8 No. 3, 300–314. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10588

Whesli, H., Susanto, Muh. R., Sudigno, A., Heru, W., Widanti, U. R., Rohman, & Suwardi. (2024). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Batik Ikat (Tie Dye) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 6 No. 2, 1001–1007. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6113

Wulandari, A. S., Rachayuni, & Widiyatmoko, A. (2023). Penerapan Alur Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Pesrta Didik. Proceeding Seminar Nasioan IPA, 2023, 241–251. https://proceeding.unnes.ac.id/snipa/article/view/2307/1790

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama