Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Wonogiri

  • Ridho Robani Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kartasura, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Kepemimpinan menjadi kunci untuk keberhasilan pendidikan. Kepala sekolah dengan kepemimpinan yang tepat dapat mengantarkan sekolah ke arah peningkatan pelayanan dan kualitas serta meningkatkan kinerja guru dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini tidak lain adalah untuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan demokratis yang digunakan oleh kepala SMA Negeri 1 Wonogiri dalam meningkatkan kinerja atau kompetensi para guru dalam mengajar. Kinerja guru adalah hasil dan pencapaian guru dalam memberikan pembelajaran yang baik kepada siswa mereka, dan salah satu komponen yang menentukan kinerja sekolah itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, prosesnya yaitu dengan data dikumpulkan melalui metode wawancara dan reviu beberapa jurnal. Sebagai hasil dari penelitian, Kepala SMA Negeri 1 Wonogiri menggunakan gaya kepemimpinan demokratis yang mampu mempererat dan menjaga ikatan antara kepala sekolah dengan para guru dan dapat menyelesaikan sebuah masalah bersama serta Kepala Sekolah memberikan kebebasan bagi guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Wonogiri. Data selanjutnya ditemukan bahwa produktivitas atau kinerja guru di SMA Negeri 1 Wonogiri terbilang sudah baik. Ada 2 cara menilai kinerja guru di SMA Negeri 1 Wonogiri, yaitu menggunakan platform merdeka belajar dan e-kinerja dari BKN.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Gaya Kepemimpinan, Demokratis, Kinerja Guru

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-17
Bagaimana cara mengutip:
Robani, R., & Mustofa, T. A. (2024). Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Wonogiri. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1930-1938. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1196
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 74 times
PDF downloaded: 45 times

Referensi

Comalasari, E., & Harapan, E. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Manajemen Kelas terhadap Mutu Pembelajaran. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 74–84.

effendi, F. A. K. Y. kartika. (2018). Gaya Kepemimpinan Demokratis Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Man 3 Banyuwangi. JPPKn, 3(Vol 3 No 2 (2018)), 19–23. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/665

Gusman, H. E. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2, 293–301. https://doi.org/10.15516/cje.v19i1.2236

Handrian, A. F., Ichsan, M., Teknik, I., & Pemasyarakatan, I. (2022). Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Pada Suatu Organisasi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 707–711. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1530

Hartanto, S. B. (2016). Kepemimipinan Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Intelegensia, 04(2), 73. https://doi.org/10.1108/IJHG-05-2021-0055

Herosita, Y. (2017). Implementasi Model Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Guru Mengajar. Jurnal Daya Saing, 3(1), 57–61. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v3i1.82

Kartini, Ahmad, S., & Syaiful Eddy. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 290–294. https://doi.org/10.26719/2015.21.1.54

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 243106. https://doi.org/10.55757/tarbawi.v10i2.309

Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788

Mahdiya, A., Nurwachidah, U., & Hanist, M. (2021). Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam: Definisi, Fungsi, dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1146–1156. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.222

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Mustari, M., Ph, D., Rahman, M. T., & Ph, D. (2014). Manajement Pendidikan. In RajaGrafika Persada. RajaGrafika Persada.

Mustofa, Z., & Saryati. (2023). Kepemimpinan Demokratis dan Mutu Sekolah. In Muhyidin (Ed.), Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Mustomi, D., & Reptiningsih, E. (2020). Gaya Kepemimpinan Dalam Perspektif Generasi Millenial. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 189–199. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp189-199

Nasution, W. N. (2021). Kepemimpinan Pendidik Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 5(2), 25. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Sanjani, M. A. (2019). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.131

Sasmita, S. K., & Prastini, E. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.61476/167tvg21

Sonedi, Sholihah, T., & Dihasbi. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Anterior, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v6i1.106

Turmono. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 186–193. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.104

Yanti, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru. Journa Ofl Islamic Education Management, 6(1), 9–24. https://doi.org/10.35940/ijeat.E1115.0585C19

Yusuf, Muri, P. D. A. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan KDT.