Analisis Keefektifan Implementasi Game Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Sistem Tata Surya

  • Indri Rahayu Septiani Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Enjang Yusuf Ali Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini membahas dampak dari model yang dipilih oleh guru terhadap pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Keefektifan model yang digunakan juga menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan observasi di kelas IV SD Sukasari pada bulan Juni 2023, peneliti menemukan permasalahan dalam mekanisme pembelajaran yang berefek negatif terhadap hasil pemahaman siswa. Permasalahan tersebut diakibatkan karena kurang efektifnya pembelajaran model  konvensional yang berpusat pada guru, kurang bervariasi, dan tidak menarik. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan Game Based Learning sebagai alternatif dari pengajaran tradisional untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Sasaran penelitian ini yakni untuk menganalisis keefektifan Game Based Learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep materi tata surya di kelas VI SDN Sukasari. Penelitian ini memakai metode quasi experimental design dengan desain two group pre-test-post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Game Based Learning di sekolah efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep materi tata surya pengaruhnya tergolong sedang dengan hasil nilai N-gain di kelas eksperimen yang menggunakan Game Based Learning di SDN Sukasari sebesar 0,6357 dan persen n-gain sebesar 63,5659%. Efektivitas skor n-gain tergolong sedang karena lebih tinggi dari 0,30 dan lebih rendah dari 0,70. Oleh karena itu, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Game Based Learning di sekolah efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep materi tata surya.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Game Based Learning, Sistem Tata Surya

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-28
Bagaimana cara mengutip:
Septiani, I. R., Ali, E. Y., & Ismail, A. (2024). Analisis Keefektifan Implementasi Game Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Sistem Tata Surya . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1560-1566. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1171
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 4 times
PDF downloaded: 6 times

Referensi

Andriyani, F., Zulkarnaen, R. H., & Pratama, F. F. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya Dengan Menggunakan Media Ular Tangga. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(4), 106–117.

Cinta, A., Wibawa, P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). Game-Based Learning (GBL) sebagai Inovasi dan Solusi Percepatan Adaptasi Belajar pada Masa New Normal. Information Technology and Vocational Education (INTEGRATED), 3(1), 17–22. Dan Pembelajaran. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2022/978-623464-043-4 https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Nasution, W. N. (2017). Model pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Utami, K. M., Siahaan, P., & Purwanto, P. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Asesmen Portofolio pada Pembelajaran Fisika (pp. SNF2016-OER-35-SNF2016-OER-40). Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/10.21009/0305010406

Saputri, S. A., Lestari, R., & Angelika, M. (2023). Studi Literatur: Analisis Efektivitas Penggunaan Media Game Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(2), 1799–1811.

Wahyuning, S. (2022). Pembelajaran IPA Interaktif dengan Game-Based Learning. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(2), 1–5.

Wibawa, A. C. P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan adaptasi belajar pada masa new normal. Jurnal: Integrated (Information Technology and Vocational Education), 3(1), 17-22.

Widada, W. (2016). Profile of cognitivestructure of students in understanding the concept of real analysis. Infinity Journal, 5(2), 83-98.