Improving Student Learning Outcomes Through the Picture and Picture Cooperative Learning Model
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture serta meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan selama dua siklus pada peserta didik kelas II Sekolah Dasar yang berjumlah 24 siswa. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture berhasil meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik. Aktivitas guru meningkat dari 85,71% pada siklus I menjadi 95,23% pada siklus II. Sementara aktivitas peserta didik meningkat dari 79,16% pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah 51,21 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 18,51%. Setelah tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,16 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 70,83%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,08 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 83,33%.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Muh. Asharif Suleman, Zulfi Idayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

