Improving Students’ Listening Skill in Procedure Text through Playing Video at the Eleventh Grade of Senior High School
Abstrak
Dengan Mendengar, orang dapat menerima pesan secara akurat dalam proses komunikasi. Kurikulum 2013, Siswa kelas 11 SMAN 1 Tuhemberua diharapkan siswa untuk memperoleh makna Prosedur Teks secara kontekstual. Terdapat beberapa masalah penelitian yaitu, Siswa tidak mampu memahami makna kalimat, siswa melupakan secara cepat makna sebuah kalimat, siswa tidak mampu mengerti “generic structure”. Tujjuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mendengar pada pelajaran bahasa Inggris. Dalam meningkatkan kemampuan mendengar siswa, peneliti menggunakan pemutaran video dan mengaplikasikan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dengan 4 langkah dalam pelaksaannya yaitu Rencana, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Pada siklus I, terdapat 10 siswa (50%) memperoleh skor diantara 40-59, 8 siswa (40%) memperoleh skor diantara 60-74, dan 2 siswa (10%) memperoleh skor 75-84. Sementara pada siklus II, terdapat 10 siswa (50%) yang memperoleh skor antara 75-84 di good level, 10 siswa (50%) memperoleh skor 85-100 dalam kategori very good. Berdasarkan hasil mendengar siswa, dapat disimpulkan bahwa pemutaran video dapat meningkatkan kemampuan mendengar siswa. Akhirnya, peneliti menulis beberapa saran (a) Guru dipancing untuk menggunakan pemutaran video terutama dalam text Procedur, karena hal itu sangat baik menanggapi kemampuan siswa dan memotivasi siwa dalam proses belaar-mengajar. (b) Guru perlu menjelaskan tujuan dari teknik dan hal yang sangat penting yang guru seharusnya lakukan agar siswa memahami lebih mendalam dan menghasilkan hasil yang baik. (c) Dalam pengajaran mendengar melalui pemutaran video, guru seharusnya menyeleksi materi mendengar untuk siswa untuk membuat mereka tertarik dan aktif dalam proses belajar-mengajar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Kristof Martin Efori Telaumbanua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.