Improving Students’ Listening Skill in Procedure Text through Playing Video at the Eleventh Grade of Senior High School

  • Kristof Martin Efori Telaumbanua Universitas Nias, Gunungaitoli, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Dengan Mendengar, orang dapat menerima pesan secara akurat dalam proses komunikasi. Kurikulum 2013, Siswa kelas 11 SMAN 1 Tuhemberua diharapkan siswa untuk memperoleh makna Prosedur Teks secara kontekstual. Terdapat beberapa masalah penelitian yaitu, Siswa tidak mampu memahami makna kalimat, siswa melupakan secara cepat makna sebuah kalimat, siswa tidak mampu mengerti “generic structure”. Tujjuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mendengar pada pelajaran bahasa Inggris. Dalam meningkatkan kemampuan mendengar siswa, peneliti menggunakan pemutaran video dan mengaplikasikan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dengan 4 langkah dalam pelaksaannya yaitu Rencana, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Pada siklus I, terdapat 10 siswa (50%) memperoleh skor diantara 40-59, 8 siswa (40%) memperoleh skor diantara 60-74, dan 2 siswa (10%) memperoleh skor 75-84. Sementara pada siklus II, terdapat 10 siswa (50%) yang memperoleh skor antara 75-84 di good level, 10 siswa (50%) memperoleh skor 85-100 dalam kategori very good. Berdasarkan hasil mendengar siswa, dapat disimpulkan bahwa pemutaran video dapat meningkatkan kemampuan mendengar siswa. Akhirnya, peneliti menulis beberapa saran (a) Guru dipancing untuk menggunakan pemutaran video terutama dalam text Procedur, karena hal itu sangat baik menanggapi kemampuan siswa dan memotivasi siwa dalam proses belaar-mengajar. (b) Guru perlu menjelaskan tujuan dari teknik dan hal yang sangat penting yang guru seharusnya lakukan agar siswa memahami lebih mendalam dan menghasilkan hasil yang baik. (c) Dalam pengajaran mendengar melalui pemutaran video, guru seharusnya menyeleksi materi mendengar untuk siswa untuk membuat mereka tertarik dan aktif dalam proses belajar-mengajar.

Kata Kunci: kemampuan mendengar siswa, prosedur text, video

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-31
Bagaimana cara mengutip:
Telaumbanua, K. M. E. (2024). Improving Students’ Listening Skill in Procedure Text through Playing Video at the Eleventh Grade of Senior High School. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1369-1372. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1099
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 65 times
PDF (English) downloaded: 36 times

Referensi

Blumberg, C. Fran. (2014). Learning by playing Video gaming in education. Oxford: University Press.

Camastra, Francesco, et all. (2015). Machine Learning for Audio, Image, and Video Analysis Theory and Applications. Institute of Neuroscience and Psychology University of Glasgow.

Hapsara, A. S. (2016a). Pemanfaatan sampah plastik gelas air mineral sebagai alat peraga pembelajaran sosiologi. Adi Karsa : Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, 7(2), 58-68. https://ejournal.btkp-diy.or.id/index.php/adikarsa/article/view/7

Hapsara, A. S. (2016b). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Tugas Menonton Tayangan “Ethnic Runaway” SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 65-82. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/11

Hasibuan, Maharani. (2019). The Effect of Using Explicit Instruction Strategy on Students’ Listening Comprehension of Procedure Text (A Study at the eleventh grade Students of SMK Negeri 1 zngkola Timur). Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 2(1), 111-127.

Hine, Gregory S.C. (2013). The Importance of Action Research in Teacher Eduction Programs. The University of Notre Dame Australia, 32(2), 20-32.

Kurniawati, Dewi. (2016). The Use of Video to Enhance the teaching and Learning Process of Listening English for Univesity Students. IAIN Raden Intan Lampung. Vol. 9 (2) hlm 30-45

Rost, Michael. (2020). Teaching and Resraching Listening. Edinburgh Gate: Harlow CM20 2JE United Kingdom.

Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239

Wulandari, Dwi, et.all. (2019). Teachers’ Perception on Classroom Action Research. Faculty of Economics: Universitas Negeri Malang.