Hubungan Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa

  • Riska Putri Dinita Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia
  • Muhammad Mukhlis Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan variabel program literasi secara parsial dengan Hasil Belajar siswa. Permasalahan penelitian ini yaitu menurunnya Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini tidak selaras dengan salah satunya tujuan Gerakan Literasi Sekolah, yakni meningkatkan Hasil Belajar siswa. Penelitian ini mempergunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yakni keseluruhan siswa kelas X dengan jumlah 101 siswa. Teknik penghimpunan data mempergunakan Angket, Uji validitas penelitian ini mempergunakan korelasi product moment Pearson dan uji reliabilitas mempergunakan teknik analisis formulasi alpha crumbach's. Uji kolmogrov smirnov dan uji linieritas dipergunakan sebagai teknik analisa data uji normalitas, dengan tujuan untuk membuktikan apakah antar variabel berhubungan linier. Data penelitian ini dianalisa mempergunakan korelasi product moment. Sebagaimana hasil uji T pada siswa, diperoleh thitung 8.642 > ttabel 1.660, oleh karenanya Ha (hipotesis alternatif) diterima, sementara Ho (hipotesis nol) ditolak. Sehingga, didapatkan bahwa antara gerakan literasi sekolah dengan Hasil Belajar siswa mempunyai hubungan.

Kata Kunci: Program, Literasi, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-17
Bagaimana cara mengutip:
Dinita, R. P., & Mukhlis, M. (2024). Hubungan Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1909-1920. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1089
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 99 times
PDF downloaded: 41 times

Referensi

Dwiprabows, R. (2021). Hubungan kecerdasan linguistik dengan ketrampilan menulis ringkasan siswa Kelas III SD Negeri Se- Kelurahan Cipete Utara Jakarta Selatan. Jumal limu Pendidikan (JP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 182-192. dei.org/10.37640/jp.v1212.861

Dela Putri Andini dan Muhammad Mukhlis. (2023). Analisis Butir Soal pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMP IT Insan Utama Pekanbaru. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. 6(2), 402.

Guswantina, L, Ritiya Ventari dan Siti Sopia Nasution (2023) Keterlaksanaan Berjalannya Program GerakanLiterasi Sekolah di SDN 74 Pekanbaru. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa. (Vol. 2 Issue 3). https://doi.org/1059581/jmpb.widyakarya

Hamid M. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (P P. D. K.-L. Pangesti Wiedarti, M.Appl.Ling. (ed.)). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Handayani, F., Dwiputri, R., Sepyanda, M., & Zulfariati. (2020). Petatihan penggunaan strategi membaca bagi siswa Kelas IX SMPN 4 Kota Solok Tahun Akademik 2019/2020 dalam menjawab soal ujian nasionall bahasa Inggris. Jumal Puan Indonesia 2(1), 1932.doi.org/10.37296/jpi.v21.16

H. Zainuddin dan H. Ramopoly. (2021). Pengaruh Program Literasi Terhadap HASIL BELAJAR Siswa Kelas III SDN 244 Inpres Bera Kabupaten Tana Toraja. Jurnal KIP, 9 (3), 31–37. journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/artic le/view/1161

Jusnita, N., Ali, S. U., Inggris, P. B., Khairun, U., Kampus, J. P., Unkhair, I. I., Kota, G., & Selatan, T. (2023). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah dan Dampaknyaterhadap Minat Baca Siswa pada Tingkat Sekolah Menengah atas Negeri di Kota Ternate. Journal on Education, 05(02), 4010–4018.

Komariah, N., & Giovanni, F. (2019). Hubungan antara literasi digital dengan HASIL BELAJAR uswa SMAN 6 Kata Bogor. LIBRARIA: Jumal Perpustakaan, 7(1), 147 162. doi.org/10.21043/ibraria.v7115827

Melia Suandewi, Gede Gunatama, dan Ida Bagus Putrayasa, HubunganBudaya Literasi (bacatulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar. 3-4.

Melia Anggraini & Muhammad Mukhlis (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Satra, 9(1), 314.

Murti, D.P., & Winoto, Y. (2018), Hubungan antara kemampuanliterasi informasi dengan HASIL BELAJAR siswa SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor. BIBLJOTIKA Jumal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-5

Ni Made Rusniasa, Ni Ketut Suarni, & Nyoman Dantes. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv SDN I Penatih. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1. 258

Nurazizah, R. A., Arviana, V., & Nur Alfiana, D. R. (2023). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas Iv SDN 2 Landungsari. Jurnal PendidikanDasar Dan Keguruan, 8(1), 7–15. https://doi.org/10.47435/jpdk.v8i1.1641

R Gunawan Sudarmanto, Statistik Terapan Berbasis Komputer Dengan IBM SPSS Statistik 19.0, Bandar Lampung: Mitra Wacana Media.

Riduan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. http://inlislite.uin-suska.ac.id

Rosmiati, R., Fahlia, F., & Umar, U. (2023). Analisis Efektivitas Gerakan Literasi Sekolah melalui Inovasi Media Pohon Literasi untuk meningkatkan Minat Baca Siswa. Ainara Journal, 4(3), 164–171. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i3.305

Sagita, N. P., Passiri, Y., & Avicenna, A. (2024). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Membaca Dalam Bentuk Pojok Baca Siswa di Sekolah Dasar Kelas IV UPT SDN 12 ArungkekeKabupaten Jeneponto. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 2(1), 68–81.

Sri Fatmaning dan Endang Setiyo. (2022). Tantangan Penerapan Pembelajaran Literasi di Sekolah Sasaran Program kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 5(12) 5351-5352. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Supriyati, Y., Matin, & Kemala, R. (2021). Increasing ability to read understandingthrough PQ4R Method in class IV students SDI Arrayaahin Bekasi District. Bahtera: Jumal Pendidikan. Bahasa Dan Sastra, 20(1), 84-92 doi.org/10.21009/bahtera 201.08

Syafara Wardatul Aini & Muhammad Mukhlis. (2022). Analisis Taksonomi pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. 5(04), 936

Wiedarti, D. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Edisi 2). In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 2). https://training.unmuhkupang.ac.id/index.p hp/jpdf/article/view/21

Wiradyana. (2018). Analisis Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di SD Gitgit Dalam Menumbuhhkan Budaya Membaca Pada Anak. Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2(1). https://doi.org/10.55115/widyacarya.v2i1.60

Widia Darma, Srihartini, dan Urip Widodo. (2023). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Membaca Cerita Jataka di SMA Bhakti Karya Kecamatan Kaloran Kabupaten Temagung. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 10 (1).