Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SMAN 11 Pekanbaru
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pandangan siswa terhadap metode pengajaran khusus dan juga pengaruh positif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka di SMAN 11 Pekanbaru, Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode survei sebagai pendekatan kualitatif. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner yang disebar kepada siswa. Sampel penelitian terdiri dari 59 siswa kelas X SMA Negeri 11 di Pekanbaru, Provinsi Riau. Data yang terkumpul melalui angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa 76% siswa sepakat bahwa guru telah menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia berdiferensiasi dikelas. Strategi khusus dalam pembelajaran berbeda-beda lebih sering menggunakan perbedaan dalam proses pembelajaran, dan temuan ini menunjukkan bahwa siswa sejalan dengan pandangan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbeda-beda memberikan manfaat positif pada kemampuan kognitif siswa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Vira Shafina, Muhammad Mukhlis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

