Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SMAN 11 Pekanbaru

  • Vira Shafina Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia
  • Muhammad Mukhlis Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pandangan siswa terhadap metode pengajaran khusus dan juga pengaruh positif guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka di SMAN 11 Pekanbaru, Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode survei sebagai pendekatan kualitatif. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner yang disebar kepada siswa. Sampel penelitian terdiri dari 59 siswa kelas X SMA Negeri 11 di Pekanbaru, Provinsi Riau. Data yang terkumpul melalui angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa 76% siswa sepakat bahwa guru telah menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia berdiferensiasi dikelas. Strategi khusus dalam pembelajaran berbeda-beda lebih sering menggunakan perbedaan dalam proses pembelajaran, dan temuan ini menunjukkan bahwa siswa sejalan dengan pandangan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbeda-beda memberikan manfaat positif pada kemampuan kognitif siswa.

Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Bahasa Indonesia

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Shafina, V., & Mukhlis, M. (2024). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SMAN 11 Pekanbaru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 147-157. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1088
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 63 times
PDF downloaded: 28 times

Referensi

Akhadi, F, N., & Sriyanto. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan IPS di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga Sebagai Upaya Meningkatkan Critikal Thinking Skill.

Arhinza, A., Sukardi, & Murjainah. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal On Education, 6(1), 2-3

Elviya, D, D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Di SDN Lakasantri Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal basicedu, 6(2), 2846-2853.

Fitriah, I., & Widiyono, A. (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.302.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Irawan & Mukhlis. (2023). Keterampilan Abad 21 dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Kejuruan. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 6(1), 235-246. https://doi.org/10.30872/diglossia.v6i1.634

Marita, P. L. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 7(1), 159-174.

Marlina, M. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif.

Munarika, N. (2018). Strategi Dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Penabung Dengan Akad Wadi’ah di Kantor Pusat Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Pahlawan Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8443

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal Of Creative Student Research , 1(2), 2.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262.

Novianti, B, A., & Widiana, W, I. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Evaluasi CIPP. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.302.

Nurfata, A. S, B., & Pujiastuti, H. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Journal Theorems (Original Research Of Mathematics), 8(1), 12

Ramadhan, W., & Rifana, F. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dalam Kurikulum Merdeka Sekolah dasar. Jurnal elektronik universitas negeri malang, 32(1), 1-14.Https://journal2.um.ac.id

Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522-533.

Wahyuni, A.S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v 12i2.562.

Satriani, E., Wahyuni, S., & Mukhlis. (2023). Pelatihan Desain Konten Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif Berbasis Aplikasi Moodle. Jurnal Pengabdian Undikma. 4(1), 74-82. https://doi.org/10.33394/jpu.v4il.6866

Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47-67.

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117-6131.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Pancasila di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47–55.