Elementary School Class Teacher Strategy in Instruding Ideological Values Nahdlatul Ulama – Muhammadiyyah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis : (1) Formulasi strategi guru kelas dalam menanamkan nilai–nilai ideologi NU–Muhhammadiyah di sekolah dasar (2) Implementasi strategi guru kelas dalam menanamkan nilai–nilai ideologi NU– Muhammadiyyah di sekolah dasar (3) Evaluasi strategi guru kelas dalam menanamkan nilai–nilai ideologi NU– Muhhammadiyyah di sekolah dasar. Pendekatan digunakan adalah kualittatif dengan jenis studi kasus rancangan multi kasus, subjek penelitian ini adalah guru kelas di sekolah dasar berbasis NU-Muhammadiyah dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, indepth interview, partisipant observation, study document. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua model, yaitu analisis kasus tunggal dan lintas kasus dengan teknik analisis data spiral, yang terdiri dari: (1) Manajemen data (2) Membaca dan Koding (3) Reduksi (4) Deskripsi, Klasifikasi dan Penafsiran, dan (5) Manyajikan dan menyimpulkan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan confirmabilitas. Penelitian ini memberikan hasil: (1) formulasi strategi berbasis nilai-nilai idelogi NU dan Muhammadiyah terdiri dari tiga tahapan: yaitu Analisis eksternal-internal dan analisis sumber-sumber ideologi, Penetapan Visi-misi dan Kebijakan Strategi. Nilai-nilai filosofis-ideologi meliputi: a. Tauhid, b. Maslahat, c. Dakwah, d. Kebangsaan, e. Humanisme, f. Modernistas, g. Musyawarah dan Tawakkal. (2) Implementasi strategi berbasis nilai-nilai ideologi NU Muhammadiyah secara proses meliputi, penyusunan program, budgeting dan kepemimpinan, (3) Evaluasi strategi berbasis nilai-nilai ideologi NU— Muhammadiyah secara proses meliputi: pemantauan, klarifikasi, pengukuran kinerja dan koreksi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Lailatul Rahmi, Moh. Ferdi Hasan, Diana Monita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

