Elementary School Class Teacher Strategy in Instruding Ideological Values Nahdlatul Ulama – Muhammadiyyah

  • Lailatul Rahmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh. Ferdi Hasan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia https://orcid.org/0009-0002-4253-7044
  • Diana Monita UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis : (1) Formulasi strategi guru kelas dalam menanamkan nilai–nilai ideologi NU–Muhhammadiyah di sekolah dasar (2) Implementasi strategi guru kelas dalam menanamkan nilai–nilai ideologi NU– Muhammadiyyah di sekolah dasar (3) Evaluasi strategi guru kelas dalam menanamkan nilai–nilai ideologi NU– Muhhammadiyyah di sekolah dasar. Pendekatan digunakan adalah kualittatif  dengan jenis studi kasus rancangan multi kasus, subjek penelitian ini adalah guru kelas di sekolah dasar berbasis  NU-Muhammadiyah dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, indepth interview, partisipant observation, study document. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua model, yaitu analisis kasus tunggal dan lintas kasus dengan teknik analisis data spiral, yang terdiri dari: (1) Manajemen data (2) Membaca dan Koding (3) Reduksi (4) Deskripsi, Klasifikasi dan Penafsiran, dan (5) Manyajikan dan menyimpulkan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan confirmabilitas. Penelitian ini memberikan hasil: (1) formulasi strategi berbasis nilai-nilai idelogi NU dan Muhammadiyah terdiri dari tiga tahapan: yaitu Analisis eksternal-internal dan analisis sumber-sumber ideologi, Penetapan Visi-misi dan Kebijakan Strategi. Nilai-nilai filosofis-ideologi meliputi: a. Tauhid, b. Maslahat, c. Dakwah, d. Kebangsaan, e. Humanisme, f. Modernistas, g. Musyawarah dan Tawakkal. (2) Implementasi strategi berbasis nilai-nilai ideologi NU Muhammadiyah secara proses meliputi, penyusunan program, budgeting dan kepemimpinan, (3) Evaluasi strategi berbasis nilai-nilai ideologi NU— Muhammadiyah secara proses meliputi: pemantauan, klarifikasi, pengukuran kinerja dan koreksi.

Kata Kunci: Pendidikan dasar, Ideologi, Islam, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyyah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-08
Bagaimana cara mengutip:
Rahmi, L., Hasan, M. F., & Monita, D. (2025). Elementary School Class Teacher Strategy in Instruding Ideological Values Nahdlatul Ulama – Muhammadiyyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 905-911. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1064
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 67 times
PDF (English) downloaded: 22 times

Referensi

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods. Pearson A & B.

Citra, A., Nurtanto, M., & Nurmasari, S. (2020). The role of Islamic education in character building of students. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2100-2106. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080545

Citra, A., Pratama, R. A., & Wijaya, M. (2020). Pendidikan berbasis agama: Pendekatan integratif dalam pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2(1), 45-56. https://doi.org/10.33394/jpa.v2i1.3171

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429494673

Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and crisis. W. W. Norton & Company.

Freire, P. (1970). Pedagogy of the oppressed. Seabury Press.

Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203887332

Johnson, M., & Lee, A. (2018). The role of ideology in contemporary education. Education and Culture Review, 35(1), 35-50. https://doi.org/10.1080/14675986.2018.1456789

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage Publications.

Rahman, F., Rahim, F., & Ismail, S. (2019). Implementation of character education values in the national education system. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1), 012014. https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012014

Rahman, F., Rahim, F., & Ismail, S. (2019). Pendidikan ideologi dalam konteks pendidikan agama: Studi kasus di sekolah dasar NU-Muhammadiyah. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 15(2), 123-134. https://doi.org/10.23971/jsam.v15i2.1529

Smith, J., & Anderson, M. (2016). Ideology and education. Journal of Educational Philosophy, 45(2), 123-141. https://doi.org/10.1080/00131857.2016.1182415

Stake, R. E. (1995). The art of case study research. Sage Publications.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.