Pengembangan Media “Rahayuning Bawana” untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Peserta Didik dalam Pembelajaran Seni Tari
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran berbentuk flipbook interaktif yaitu media “Rahayuning Bawana” guna meningkatkan kemampuan motorik peserta didik pada pembelajaran Seni Tari di Ekstrakurikuler Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD), dan model yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media “Rahayuning Bawana” ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi mendapatkan skor 93% dan dikategorikan sangat layak digunakan. Sedangkan validasi ahli media mendapatkan skor 87% dan dikategorikan sangat layak digunakan juga. Subjek dari penelitian ini melibatkan peserta didik Ekstrakurikuler Seni Tari di SDN Tanjungsari II dan SDN Cileutik. Tanggapan peserta didik terhadap media “Rahayuning Bawana” mencapai rata-rata 93%, dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pretest rata-rata 34 dan hasil posttest rata-rata 88,4 dengan peningkatan n-gain 0,82. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya media ”Rahayuning Bawana” sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Seni Tari guna meningkatkan kemampuan motorik peserta didik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Dina Nur Karochmah, Rana Gustian Nugraha, Aah Ahmad Syahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

