Pengembangan Media “Rahayuning Bawana” untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Peserta Didik dalam Pembelajaran Seni Tari

  • Dina Nur Karochmah Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Aah Ahmad Syahid Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran berbentuk flipbook interaktif yaitu media “Rahayuning Bawana” guna meningkatkan kemampuan motorik peserta didik pada pembelajaran Seni Tari di Ekstrakurikuler Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD), dan model yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media “Rahayuning Bawana” ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi mendapatkan skor 93% dan dikategorikan sangat layak digunakan. Sedangkan validasi ahli media mendapatkan skor 87% dan dikategorikan sangat layak digunakan juga. Subjek dari penelitian ini melibatkan peserta didik Ekstrakurikuler Seni Tari di SDN Tanjungsari II dan SDN Cileutik. Tanggapan peserta didik terhadap media “Rahayuning Bawana” mencapai rata-rata 93%, dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pretest rata-rata 34 dan hasil posttest rata-rata 88,4 dengan peningkatan n-gain 0,82. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya media ”Rahayuning Bawana” sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Seni Tari guna meningkatkan kemampuan motorik peserta didik.

Kata Kunci: media, Rahayuning Bawana, kemampuan motorik, seni tari

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-29
Bagaimana cara mengutip:
Karochmah, D. N., Nugraha, R. G., & Syahid, A. A. (2024). Pengembangan Media “Rahayuning Bawana” untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Peserta Didik dalam Pembelajaran Seni Tari. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1119-1126. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1044
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 109 times
pdf downloaded: 91 times

Referensi

Andriani, Y. P. (2020). Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Kegiatan Tari Kreasi Baru. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(2), 24–33. https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9726

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar MIPA, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Asyari, P., Mahzuni, D., & Mulyadi, R. M. M. (2023). Komodifikasi Tari Badaya Dalam Upacara Adat Mapag Panganten Sunda. Joged, 22(2), 115-136. https://journal.isi.ac.id/index.php/joged/arti cle/view/11273/0

Jalaludin, A.R., Wahyudin, D., & Wulandari, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Tari Kreatif dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 1349-1360. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/issue/current

Kustiana, K., Herdiani, E., & Herdini, H. (2022). Kepunahan Tari Badaya di Kabupaten Priangan: Kabupaten Bandung, Sumedang, dan Ciamis (1860-1950). Jurnal Seni Makalangan, 9(1), 34-49. http://dx.doi.org/10.26742/mklng.v9i1.2069

Lestari, S. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite 10 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/99122/

Murfiah, U. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 94. https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.230

Nurhaeni, T., Kurniawan, E. Y., & Sumadiningrat, E. (2022). Peran Pembelajaran Seni Tari dalam Pengembangan Motorik Siswa di SDN Salembaran 3 Tangerang. TSAQOFAH Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(5), 541-552. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i5.549

Silvia, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas III Sekolah Dasar Di Kota Depok. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia. 36-47. https://repository.upi.edu/89162/

Syaidah, H. R., & Kurniawan, E. Y. (2021). Peran Pembelajaran Seni Tari Dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa Kelas V SDN Kosambi I Kabupaten Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 1. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3894

Yuningsih, E. (2023). Pengembangan Media E- book untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar IPS dan Aktivitas Siswa di Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia I repository.upi.edu I perpustakaan.upi.edu. 28–47.