Persepsi Keluarga Dusun Pablengan Kulon terhadap Urgensi Pendidikan Agama Islam bagi Anak

  • Alief Nabilah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Mutohharun Jinan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi keluarga di Dusun Pablengan Kulon terhadap urgensi pendidikan agama Islam bagi anak. Selain itu juga untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan keluarga di Dusun Pablengan Kulon dalam memperoleh pendidikan agama Islam untuk anaknya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian yakni masyarakat di Dusun Pablengan Kulon, Krikilan, Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Dusun ini dipilih karena sebagai dusun percontohan di Desa Krikilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga di Dusun Pablengan Kulon sudah memahami urgensi pendidikan agama Islam bagi anak. Hasil penelitian yang kedua menunjukkan bahwa upaya keluarga di Dusun Pablengan Kulon terhadap urgensi pendidikan agama Islam bagi anak adalah dengan melakukan pembinaan pendidikan agama Islam di dalam rumah, memberikan dorongan untuk mengikutsertakan anaknya pada pendidikan agama nonformal, yakni Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), dan bagi orang tua yang memiliki kesadaran penuh tentang pendidikan agama Islam dan ditunjang dengan ekonomi yang stabil, akan memberikan kesempatan kepada anaknya untuk dapat belajar di sekolah yang berbasis Islam.

Kata Kunci: persepsi, pendidikan, Islam, keluarga, anak

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Nabilah, A., & Jinan, M. (2024). Persepsi Keluarga Dusun Pablengan Kulon terhadap Urgensi Pendidikan Agama Islam bagi Anak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1194-1200. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1040
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 80 times
PDF downloaded: 100 times

Referensi

Adib, M. A. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam dan Relevansinya di Abad 21. Al-Fikra : Jurnal ilmiah Keislaman, 21(2), 99-112. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/19407

Adrian, & Syaifuddin, M. I. (2017). Peran Orang Tua sebagai Pendidik Anak dalam Keluarga. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 147-167. https://doi.org/10.32923/edugama.v3i2.727

Ali, M. (2020). Menggerakkan Pendidikan Muhammadiyah (Memupuk Nilai-Nilai Keunggulan untuk Membangun Perguruan Berkemajuan). Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. JPdK: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 44-50. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/1342

BKKBN. (2024, 3 27). Profil Kampung KB Purba Asri. Diambil kembali dari https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/11889/kampung-kb-purba-asri

Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam (Prinsip dan Dasar Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish Publisher. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/16558/

Hukama, A. F. (2017). Persepsi Masyarakat Pedesaan terhadap Pendidikan Tinggi (Studi Analisis Teori George Herbert Mead). JPIPS : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.18860/jpips.v4i1.7298

Lismayanti. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Tingkat Pendidikan Formal (Penelitian Terhadap Masyarakat di Desa Sangkanhurip Kabupaten Bandung). Bandung: Digital Library Uin Sunan Gunung Djati. https://digilib.uinsgd.ac.id/68811/

Mahsunudin. (2020). Persepsi Orang Tua terhadap Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam. Al-Ifkar, 13(1), 115-146.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Muthia, F. (2018). Persepsi Masyarakat terhadap Lembaga Pendidikan Islam di Desa Pengkok Kedawung Sragen. Al-Bahtsu, 3(2), 174-181. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2467201

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(5), 867-875. https://media.neliti.com/media/publications/421869-none-a29d62ca.pdf

Nariyah, N., Basir, A., Ruwaida, H., & Nasir, M. (2023). Pendidikan Anak Pra-Natal Sampai dengan Post-Natal Perspektif Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(5), 3343-3362. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2644

Noor, T. R. (2020). Mengembangkan Jiwa Keagamaan Anak (Perspektif Pendidikan Isla m dan Perkembangan Anak Usia Dini). Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 457-469. https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.269

Paranti, N. D., Zulhanan, Hijriah, U., & Akmansyah, M. (2021). Persepsi Masyarakat Tentang Pendidikan Agama Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(02), 395-409. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/5337/3347

Pangesti, P. N., & Widiyanto, D. (2015). Pola Kehidupan dan Strategi Bertahan Masyarakat Petani di Sendangrejo Minggir Sleman. Jurnal Bumi Indonesia, 4(4), 1-10. https://www.neliti.com/publications/228328/pola-kehidupan-dan-strategi-bertahan-masyarakat-petani-di-sendangrejo-minggir-sl

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 1-19. https://www.neliti.com/publications/264718/memperkuat-eksistensi-pendidikan-islam-di-era-40

Purnama, W. M. (2018). Metode, Prinsip-Prinsip, Tujuan, dan Fungsi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Perubahan Zaman. Al-Munawwar: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 1-11. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1017457

Rizkiah, F., & Shalihah, A. (2022). Harmonisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islami dalam Pembentukan Keluarga Samara. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(6), 2213-2220. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1386

Rusman. (2020). Persepsi Masyarakat terhadap Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 6(1), 129-139. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Ah/article/view/17224

Siregar, N. S. (2013). Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 1(1), 11-27. https://doaj.org/article/389e0caed2ff4c06b7282336819a0759

Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar, 8, 60-69. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/elafkar/article/download/2582/pdf

Syaefudin. (2018). Kesadaran Keluarga Petani Terhadap Pentingnya Pendidikan Formal (Studi Kasus di Desa Pogungrejo Bayan Purworejo Jawa Tengah). Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 62-80. https://dx.doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1467

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidik. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.