Implementasi Model Pembelajaran RME Berbantuan LMS-Canva sebagai Upaya Memotivasi Siswa yang Ditinjau dari Sudut Pandang Filsafat Matematika

  • Rusmini Rusmini Universitas Potensi Utama, Medan. Sumatera Utara,  Indonesia
  • Izwita Dewi Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Elmanani Simamora Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi dari model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan LMS-Canva memiliki dampak memoltivasi siswa yang ditinjau dari ditinjau dari sudut pandang filsafat matematika. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Narasumber penelitian ini adalah siswa dan guru SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Data diperolleh dengan obeservasi, wawancara, pengamatan pada saat proses implementasi model pembelajaran di seluruh kelas VII dan VIII. Melakukan wawancara dengan Siswa dan guru mata pelajaran dan wali kelas dengan mengumpulkan guru di aula SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Memberikan tanya jawab singkat baik terhadap siswa maupun guru seputar model pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan triangulasi data yang diperoleh bahwa implementasi model pembelajaran RME memberikan gambaran tentang model pembelajaran RME ditinjau dari sudut pandang filsafat matematika dan implementasi model pembelajaran dengan LMS-Canva. Implementasi model pembelajaran RME signifikan dalam upaya memotivasi siswa untuk belajar matematika.

Kata Kunci: model pembelajaran RME, LMS-Canva, motivasi siswa, sudut pandang filsafat matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-14
Bagaimana cara mengutip:
Rusmini, R., Dewi, I., & Simamora, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran RME Berbantuan LMS-Canva sebagai Upaya Memotivasi Siswa yang Ditinjau dari Sudut Pandang Filsafat Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1018-1027. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1005
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 125 times
PDF downloaded: 60 times

Referensi

Abdul Kadir. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Di Man Lhokseumawe. Numeracy, 7(2), 225–239. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1198

Akhmalia, N. L., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Fluida Statis terhadap Penguasaan Konsep Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 56–64. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.299

Alduraywish, Y., Patsavellas, J., & Salonitis, K. (2022). Critical success factors for improving learning management systems diffusion in KSA HEIs: An ISM approach. Education and Information Technologies, 27(1), 1105–1131. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10621-0

Andi Firdaus, M., Husain, A., & Dwi Puspitasari, A. C. D. (2022). Perancangan Learning Mangement System Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika, 10(02), 138–144. https://doi.org/10.33884/jif.v10i02.6359

Anita Rahmatunisa, F. D. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Melalui Perangkat Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(2), 54–59. https://doi.org/10.37150/jp.v3i2.787

Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan aplikasi canva sebagai strategi untuk meningkatkan technological knowledge guru sekolah menengah di kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021 “Penguatan Riset, Inovasi Dan Kreatifitas Penelitian Di Era Pandemi Covid-19,” 5, 468–472.

Atmaja, I. M. D. (2020). Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(1), 20–26. https://doi.org/10.36733/jsp.v10i1.693

Azizah, N., Fauzan, A., Lufri, & Arnawa, I. M. (2021). Developing Learning Model Base on PMR Approach at Senior High School to Improve Student’s Motivation. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012044

Dalam, T., & Matematika, F. (2022). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. 2(7), 2669–2680.

Ernest, P. (2013). The philosophy of mathematics education. In The Philosophy of Mathematics Education. https://doi.org/10.4324/9780203058923

Fairus, F., Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 538–549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1921

Farah, N., & Rachmani, N. (2021). Pembelajaran Preprospec berbantuan TIK dengan Nuansa STEM dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, 4, 381–385.

Firma, I., & Dian, N. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. 5(4), 1888–1899.

Hafizhah, I., Wardana, I. A., & Setiabudi, D. I. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan. 1(1), 11–21.

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547

Ismail, H. H., Dewi, I., & Simamora, E. (2022). Keterkaitan antara Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Budaya. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 39–46.

John W. Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif Dan Campuran Ed.4 (4th ed.). PUSTAKA PELAJAR.

Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. In Diakses Agustus 12, 2020.

Khotimah, A. C., & Maret, U. S. (2023). Perspektif Filsafat Pendidikan Kaitannya Dengan Proses. January.

Khotimah, N., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.457

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Majid, A. (2019). Implementasi Pendekatan Matematika Realistik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 17–24.

Marini, As’ari, A. R., & Chandra, T. D. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(4), 470–477.

Nadia Sabrina Siregar, Rifda Ramadina, Arya Tantri, Ryan Fazli Zulna, M., & Rizki Maulana, R. A. (2016). Implementasi Perencanaan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. 1(1), 1–23.

Nouri, J. (2016). The flipped classroom: for active, effective and increased learning – especially for low achievers. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 13(1). https://doi.org/10.1186/s41239-016-0032-z

Nugroho, R., & Attin Warmi. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Smpn 2 Tirtamulya. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 407–418. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3627

Nurmuiza, I., Maonde, F., & Sani, A. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170–181.

OECD. (2017). PISA for development assessment and analytical framework: reading , mathematics and science. OECD Publishing, 1(1), 1–198.

Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “ Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik ” Terhadap Respon Afektif. Jurnal Lontar, 7(1), 16–24.

Putu Parastuti Lestari, N., Made Ardana, I., & Putu Pasek Suryawan, I. (2022). Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 16(1), 1858–0629.

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped-problem based learning model integrated with LMS-google classroom for senior high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137–158. https://doi.org/10.17478/jegys.548350

Ramadhanti, E., & Marlina, R. (2019). Pembelajaran Realistic Mathematics Education ( Rme ) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. 2017, 876–882.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269

Simamora, Y. S. (2019). Integrasi IT Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 991–993.

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.

Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828

Syahri, A., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Inovasi melalui Learning Management System ( LMS ): Studi Awal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ). 06(01), 8719–8729.

Tonra, W. S., Angkotasan, N., Sari, D. P., & Ikhsan, M. (2023). Menjadi Guru Kreatif Melalui Aplikasi Canva. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 126–133.

Turnbull, D., Chugh, R., & Luck, J. (2021). Learning management systems: a review of the research methodology literature in Australia and China. International Journal of Research and Method in Education, 44(2), 164–178. https://doi.org/10.1080/1743727X.2020.1737002

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.14

Yauma, A., Fitri, I., & Ningsih, S. (2020). Learning Management System (LMS) pada E-Learning Menggunakan Metode Agile dan Waterfall berbasis Website. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 5(3), 323. https://doi.org/10.35870/jtik.v5i3.190

Zalukhu, A., Berkat, D., Hulu, T., Surya, N., Zebua, A., & Naibaho, T. (2023). Kedudukan dan Peran Filsafat dalam Pembelajaran Matematika. 05(03), 6054–6062.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama