Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa SMP

  • Rizal Afandi Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Univeristas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Irwani Zawawi Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Univeristas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Fatimatul Khikmiyah Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Univeristas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari satu diantaranya melalui budaya lokal yang tersedia maupun melalui praktik kebudayaan yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika untuk mendukung literasi matematis siswa SMP. Indikator efektivitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: respon peserta didik pada pembelajaran, hasil belajar peserta didik, aktivitas peserta didik, dan kemampuan guru melakukan pengelolaan pembelajaran. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VIII SMP YPI Darussalam 2 Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik pengambilan data yang dipergunakan pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan guru melakukan pengelolaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik. Instrumen selanjutnya menggunakan lembar angket respon peserta didik, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 86,67% dari skor maksimal dengan kategori sangat baik, 2) Aktivitas peserta didik menunjukkan prosentase 84,67%, termasuk dalam kategori baik, 3) Respon yang diberikan peserta didik dalam kategori baik dengan prosentase 74,8%, dan 4) Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada kategori baik dengan prosentse 76,67% dari skor maksimal. Kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran RME berbasis etnomatematika efektif dalam mendukung literasi matematis siswa SMP.

Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, RME, Etnomatematika, Literasi Matematis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-06
Bagaimana cara mengutip:
Afandi, R., Zawawi, I., & Khikmiyah, F. (2024). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 995-1002. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.996
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 392 times
PDF downloaded: 203 times

Referensi

Antika, R. (2015). Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fitriani, P. &. (2019). Pengaruh Realistic Mathemathic Education (RME) dengan Teknik Pair Cheks pada Materi Pecahan terhadap Prestasi Siswa SD. . Indonesian Journal of Primary Education, 3(2),, 73-82.

Gunawan, G. K. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS,, 14–22. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4840.

Irok’atun, A. R. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kebudayaan, K. P. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumawardani, D. R. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1),, 588–595.

Lestari, K. E. ((2018)). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Lutfianto, M. Z. (2013). Unfinished student answer in PISA mathematics contextual problem. IndoMS-JME, 4(2), 188-193.

Mahmud, M. R. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1),, 69-88.

Mulyati, A. (2017). “Pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika 4 no 1, 90-97.

Nolaputra, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1,, 18-32.

OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. https://doi.org/10.1787/13c8a22c-en (a), (hal. 73-95).

Puspitasari, R. Y. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. . Jurnal Basicedu, 5(2), , 1094–1103.

Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. CV. Reka Karya Amerta.

Ristek, K. (2023). peringkat indonesia pada PISA 2022 naik 5-6 posisi dibanding 2018. jakarta: www.kemdibud.go.id.

Saefuddin, A. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samsudin, A. F. (2019). “Kemampuan Literasi Matematika dan Self Efficacy Peserta didik SMP Negeri di Kota Makassar”. yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, Y. D. (2021). Kemampuan Siswa Mengubah Soal Cerita Menjadi Bentuk Operasi Aljabar. . Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3(1), , 35–43.

Slavin, R. E. (2017). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Edisi Sembilan Jilid 2). Jakarta: PT Indeks.

Suci Nooryanti, S. U. (2020). “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika terhadap Komunikasi Matematis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1,, 32.

Sulistiani, E. &. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605-612.

Sumarni, P. P. (2020). analisis respon siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi covid- 19. (hal. 784-789). dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 .

Widianti, W. &. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1),, 27–38.

Wulandari, N. F. (2015). kemampuan Matematika Siswa SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Menyelesaikan Soal Model TIMSS dan PISA. (hal. 241). Yogyakarta: Tesis Magister, Universitas Negeri Yogyakarta.

Zaenuri, N. D. (2018). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika (studi kasus pembelajaran matematika di China). semarang: UNNES Press.