Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan

  • Amildayani Amildayani Program Studi Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar,  Indonesia
  • Muhammad Saleh Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar, Makassar,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah dihadapi siswa didalam menulis teks laporan observasi yang belum mencapai nilai ketuntasan dalam belajar.  Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memahami tingkat keberhasilan siswa dalam belajar melalui teks laporan hasil percobaan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada keterampilan menulis siswa kelas VII Mtsn 1 Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau biasa disebut PTK dengan tahapan penelitian berdasarkan 2 siklus. Penelitian mengacu didalam proses pembelajaran di ruang kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, kualitatif serta kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTSN 1 Bone. Sampel dalam penelitian ini hanya menggunakan 1 kelas yakni kelas IX B, yang berjumlah 32 siswa. Hasil siklus pertama menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi jika pembelajaran hanya diberikan secara teoritis. Sebanyak 32 subjek penelitian menyatakan peningkatan, ditunjukkan oleh nilai rata-rata siswa kelas IX MTsn 1 Bone, yang mencapai 77 lebih tinggi pada nilai KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni 75. Pada siklus kedua menunjukkan keberhasilan memuaskan didalam pembelajaran, khususnya hasil belajar siswa.  Dengan demikian, hasil data menunjukkan peningkatan siswa di siklus kedua. Nilai rata-rata siswa adalah 89 dari nilai standar KKM yakni 75. 

Kata Kunci: problem based learning, teks laporan percobaan, Kemampuan Menulis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-27
Bagaimana cara mengutip:
Amildayani, A., & Saleh, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1284-1288. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.994
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 139 times
PDF downloaded: 99 times

Referensi

Amelia R. (2015). Pembelajaraan Menulis Laporan Percobaan Dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015, 1(1).

Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16, 235–266.

Kristiani, E., Sinuraya, R. G., Aslamiyah, T., & Tanjung, W. M. (n.d.) 2021. Studi Literatur Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Medan.

Masdar, D. (2019). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi dalam Bahasa Makassar Berdasarkan Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Universitas Negeri Makasar.

Pramitha, R., Pamuji, S. S., & Lianti, I. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Jurnal Imbaya, 4(1), 23–30.

Riyanti, A. (2020). Teori belajar bahasa. Magelang: Tidar Media.

Ruroh, I., & Mahpudin, M. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Maslah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 17-21.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.