Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Percobaan
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah dihadapi siswa didalam menulis teks laporan observasi yang belum mencapai nilai ketuntasan dalam belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memahami tingkat keberhasilan siswa dalam belajar melalui teks laporan hasil percobaan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada keterampilan menulis siswa kelas VII Mtsn 1 Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau biasa disebut PTK dengan tahapan penelitian berdasarkan 2 siklus. Penelitian mengacu didalam proses pembelajaran di ruang kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, kualitatif serta kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTSN 1 Bone. Sampel dalam penelitian ini hanya menggunakan 1 kelas yakni kelas IX B, yang berjumlah 32 siswa. Hasil siklus pertama menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi jika pembelajaran hanya diberikan secara teoritis. Sebanyak 32 subjek penelitian menyatakan peningkatan, ditunjukkan oleh nilai rata-rata siswa kelas IX MTsn 1 Bone, yang mencapai 77 lebih tinggi pada nilai KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni 75. Pada siklus kedua menunjukkan keberhasilan memuaskan didalam pembelajaran, khususnya hasil belajar siswa. Dengan demikian, hasil data menunjukkan peningkatan siswa di siklus kedua. Nilai rata-rata siswa adalah 89 dari nilai standar KKM yakni 75.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Amildayani Amildayani, Muhammad Saleh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.