Pengaruh Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan SD Muhammadiyah 10 Tipes

  • Salma Nur Hasanah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta,  Indonesia
  • Almuntaqo Zainuddin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta,  Indonesia

Abstrak

Kesejahteraan guru merupakan salah satu permasalahan dalam bidang pendidikan yang terjadi di Indonesia. Tingkat kesejahteraan guru di Indonesia sangat memprihatinkan dimana guru honorer hanya mendapat Rp150.000 – Rp700.000/bulan, adanya beberapa sekolah swasta menuntut haknya selama empat bulan dimulai dari bulan Januari-April yang belum dibayarkan oleh instansi tempat mereka bekerja, masalah lingkungan kerja, kenyamanan, iklim organisasi, dan lainnya. Tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru Di SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan SD Muhammadiyah 10 Tipes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Subjek penelitian 31 guru SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan 18 guru SD Muhammadiyah 10 Tipes. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket, kemudian diuji analisis datanya menggunakan SPSS. Pada SD Muhammadiyah PK Kottabarat diketahui nilai thitung sebesar 5,403, ttabel sebesar 2,045, dan signifikansi 0,00. Sedangkan pada SD Muhammadiyah 10 Tipes diketahui nilai thitung sebesar 2,538, ttabel sebesar 2,120, dan signifikansi 0,02. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pada SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan SD Muhammadiyah 10 Tipes variabel kesejahteraan guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

Kata Kunci: Kesejahteraan guru, kinerja guru, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-29
Bagaimana cara mengutip:
Hasanah, S. N., & Zainuddin, A. (2024). Pengaruh Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan SD Muhammadiyah 10 Tipes. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 902-908. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.992
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 357 times
PDF downloaded: 442 times

Referensi

Apriliyani, S., & Meilani, R. I. (2021). Studi Kasus Sistem Kompensasi Guru Honorer di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2).

Ardhi, S., & Hadlun. (2022). Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah PGMI STAI Al-Amin Gersik, 2(1).

Aris, M., Rofiqah, Al Munawwarah Mansur, A., & Sani, A. (2021). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi, Motivasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru di SMKN4 Soppeng. Amkop Management Accounting Review, 1(1).

Ashaba, M., Twebaze, R., & Novatus, N. (2022). Effect of Teachers’ Welfare on Job Effectiveness among Secondary Schools in Mbarara City, Uganda. East African Journal of Education and Social Sciences (EAJESS),, 3(4).

Bahtiar, F. (2021). Guru Tidak Sejahtera, DPR: Kemungkinan Besar Tak Akan Fokus Mengajar. SINDOnews. https://edukasi.sindonews.com/read/368362/212/guru-tidak-sejahtera-dpr-kemungkinan-besar-tak-akan-fokus-mengajar-1616043792

Batubara, D. S. (2019). Studi Kasus Tentang Kreativitas Guru Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Sd Anak Saleh Malang. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1).

Dara, Y. P., Faizah, S. A., & Rahma, U. (2021). Kesejahteraan Guru: Apakah Tuntutan Emosional Kerja dan Kepercayaan pada Rekan Kerja itu Penting? Jurnal Ecopsy, 8(2).

Elfita, R., Zulhaini, & Mailani, I. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTS Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi. Jurnal AL-HIKMAH, 1(1).

Ghozali, M., Ekawati, D., & Munastiwi, E. (2022). Analisis Pengelolaan Tunjangan Guru Honorer: Studi Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Sustainable, 5(2).

Hendrawan, A., Sucahyawati, H., Cahyandi, K., & Indriyani. (2018). Stres Kerja dan Kelelahan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal EMA –Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 3(1).

Kulla, S. K. (2017). Pengaruh Kesejahteraan Guru, Motivasi Kerja dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Sumba Barat. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(2).

Magfirah, C. E. (2023). Tenaga Honorer Dihapus pada 28 November 2023, Sebanyak 2.016 Guru Non-ASN di Aceh Belum Terima Gaji. Tribungayo. https://gayo.tribunnews.com/2023/05/17/tenaga-honorer-dihapus-pada-28-november-2023-sebanyak-2016-guru-non-asn-di-aceh-belum-terima-gaji?page=all

Marjuni, H. A. (2020). Penghargaan Profesi Guru Sebagai Agen Perubahan. Journal Uin Alauddin, 9(2).

Mashudi, M. (2017). Analisis Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kesejahteraan Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di MAN Se-Kabupaten Blitar. Urnal Pendidikan Islam, 5(1).

Menang, G. (2021). Gaji Guru Honorer di Lobar di Bawah Standar Garis Kemiskinan. Suara NTB. https://www.suarantb.com/2021/04/08/gaji-guru-honorer-di-lobar-di-bawah-standar-garis-kemiskinan/

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. P. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru. Psikoborneo, 8(2).

Oktafiana, R., Fathiyani, F., & Musdalifah. (2020). Kebijakan Kesejahteraan Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Mappesona, 3(2).

Prawitasari, A. (2019). Beban Kerja Seperti PNS, Guru Honorer di Solo Hanya Terima Rp250.000/Bulan. Solopos. https://soloraya.solopos.com/beban-kerja-seperti-pns-guru-honorer-di-solo-hanya-terima-rp250000bulan-968571

Safitri, R. (2022). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SDIT Fastabiqul Khoirot Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Ilmu Administrasi Negara Dan Bisnis, 7(2).

Saptohutomo, A. P. (2022). Pemerintah Dinilai Patut Berikan Tunjangan Profesi Bagi Guru dan Dosen. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2022/08/29/19201561/pemerintah-dinilai-patut-berikan-tunjangan-profesi-bagi-guru-dan-dosen

Setyawan, J. D., & Murwatiningsih, T. S. F. (2017). Gaya Kepemimpinan Otokratif Manajemen Sekolah dalam Mendukung Kinerja Guru SMK Pancasila di Kota Purwodadi. Educational Management, 2(6).

Slameto. (2014). Permasalahan-Permasalahan Terkait Dengan Profesi Guru SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3).

Sukmana, T. (2017). Pengaruh Pengelolaan Keuangan dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru Honorer Sekolah Dasar di Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 5(1).

Syefiaji, A. P., Suwitri, S., & Suryaningsih, M. (2015). Persepsi Guru Dan Dosen di Kota Semarang Tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen. Journal Of Public Policy And Management, 4(2).

Tilaar, H. A. R. (2008). Manajemen pendidikan nasional. kajian pendidikan masa depan. Remaja Rosda Karya.

Wahyudin, D. (2020). Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manejemen Pendidikan Islam, 5(2).

Wahyuni, T. (2017). Pengaruh Kesejahteraan dan Semangat Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuansing. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2).