Implementasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Holistik di SMK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter, memahami implementasi pendidikan karakter, serta mengidentifikasi kendala implementasi pendidikan karakter siswa di SMK Tunas Harapan 2 Mondokan dengan pendekatan holistik. Penelitian Ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sekolah, guru BK, wali kelas, dan siswa di SMK Tunas Harapan 2 Mondokan. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam mengevaluasi keabsahan data, penelitian ini menerapkan metode triangulasi sumber. Untuk Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang diterapkan di SMK Tunas Harapan 2 Mondokan, melibatkan aspek-aspek seperti keagamaan, kejujuran, toleransi, disiplin, kreativitas, kemandirian, cinta, perdamaian, kepedulian lingkungan, kepedulian sosial, dan tanggung jawab. Implementasi pendidikan karakter dilakukan melalui integrasi ke dalam visi dan misi sekolah, mencakup kegiatan pembelajaran di semua mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kerjasama dengan orang tua serta masyarakat sekitar. Kendala dalam implementasi teridentifikasi berasal dari faktor keluarga dan lingkungan sosial, menyoroti tantangan dalam membentuk kepribadian holistik siswa di lingkungan pendidikan tersebut. Temuan ini memberikan gambaran kontribusi dan kompleksitas dalam mengelola aspek pendidikan karakter di SMK Tunas Harapan 2 Mondokan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Regita Wela Agustin, Titik Ulfatun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

