Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di SMPN 1 Mantup

  • Adela Nur Afida Salsabila Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Syaiful Huda Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Dalam pembelajaran berdiferensiasi kesiapan belajar merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menunjang keberlangsungan proses pembelajaran dan didukung dengan pengembangan media pembelajaran yang  sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar peserta didik berbasis android yang diberi nama Choice Gaming dengan materi SPLDV. Penelitian ini termasuk dalam jenis Research and Development (R&D) dengan model Four-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Mantup Lamongan. Metode pengumpulan data melalui instrumen hasil validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, dan  hasil pretets dan posttest.  Data  dianalisis  menggunakan metode kuantitatif, diperoleh kevalidan dari hasil validasi ahli media rata-rata 90% (sangat valid) dan hasil validasi ahli materi rata-rata 86,67% (sangat valid). Maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajran. Sedangkan untuk nilai keefektifan diperoleh dari respon peserta didik rata-rata 81,67% (positif) dan ketuntasan belajar diperoleh rata-rata  0,57 dalam katagori sedang (cukup efektif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berdiferensiasi efektif untuk materi SPLDV.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, SPLDV, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar, Four-D

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-02
Bagaimana cara mengutip:
Salsabila, A. N. A., Fauziyah, N., & Huda, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di SMPN 1 Mantup. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 925-931. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.990
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 213 times
PDF downloaded: 132 times

Referensi

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498

Ayu Sukma Dewi, N. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Universitas Pendidikan Ganesha. http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13765

Evendi, H., Rosida, Y., & Zularfan, D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan. 2(2), 181–186. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1454

Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715–2722. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1151

Kemendikbudristek. 2023. Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 Diperpanjang. (2023, Maret 31) https://ditsmp.kemdikbud.go.id/pendaftaran-implementasi-kurikulum-merdeka-tahun-ajaran-2023-2024-diperpanjang

Novita, L., & Tindangen, M. (2022). Identifikasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3, 127–132.

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55–70.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Kementarian Pendidikan, Dan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Purwanto, A. J., & Gita, R. S. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Berbasis Android. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i2.2696

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta Bandung.

Siti Khabibah. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SD. Tidak dipublikasikan. Surabaya:UNESA.

Surat keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 034/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (L. Smith (ed.); 3rd ed.). Amerika Serikat: Genny Ostertag.