Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Gaya Mengajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP IT Khairul Imam

  • Sarifah Hanum Gea Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Sapri Sapri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Makmur Syukri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Eksplorasi ini merupakan upaya untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mempertimbangkan unsur kapasitas instruktur dan gaya pertunjukan instruktur terhadap hasil belajar PAI siswa di Sekolah IT Center Khairul Imam Kota Medan. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui apa arti kemampuan pendidikan instruktur terhadap hasil belajar PAI siswa di Sekolah IT Center Khairul Imam Kota Medan. Prosedur penilaian yang digunakan adalah strategi kuantitatif dengan metode penyelidikan korelasional. Sistem pengumpulan data untuk variabel kapasitas pendidikan dihadirkan melalui penilaian non-tes terhadap sentimen masyarakat. Instrumen tes untuk menilai kemampuan instruktif guru dan cara menunjukkannya adalah penelitian. Konsekuensi penilaian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan besar antara kemampuan instruktif dengan hasil dominasi. Dengan demikian, semakin tinggi dan pasti kapasitas skolastik yang dimiliki guru, maka semakin tinggi dan pasti pula peningkatan hasil belajar PAI siswa di Sekolah IT Center Khairul Imam Kota Medan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan unjuk gigi dan gaya pameran instruktur terhadap hasil belajar PAI siswa di Sekolah IT Center Khairul Imam Kota Medan.

Kata Kunci: Pedagogik, Gaya Mengajar, Hasil Belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-25
Bagaimana cara mengutip:
Gea, S. H., Sapri, S., & Syukri, M. (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Gaya Mengajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP IT Khairul Imam . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 871-875. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.989
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 90 times
PDF downloaded: 63 times

Referensi

Agustina, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Anwar, A., Daud, M., Abubakar, A., Zainuddin, Z., & Fonna, F. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 64–85. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1883

Asniar, A., K, A., & Jafar, M. I. (2022). Hubungan antara Variasi Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 160. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27377

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. 1(September), 122–130. Jambura: Journal Of Educationoal management, 1(2), 123.

Cucu, A. (2021). Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD Di Kecamatan Maja. 2, 17–41.

Diana Widhi Rachmawati. (2021). Teori & Konsep Pedagogik. In Insania. https://doi.org/10.5040/9781501346286.0014

Hanum Gea, S., Teti Setiawati, D., Sukriyah, E., & Siahaan, A. (2022). PAI Teachers’ Self Reflections on Differentiation Learning in the Independent Learning Curriculum. 3(2), 212–220. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.263

Hatta, M.Hs, M.Ap. (2017), Pembelajaran Remedial. Surabaya: Nizamial Learning Center.

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17

Suciyati, Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Analisis Gaya Mengajar Guru. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 202–209. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2824

Suryadi, Acep. (2014), Pendidikan Untuk Transformasi Bangsa, Arah Baru Pendidikan . Jakarta: PT Kompas.

Suryani. (2023). Pedagogik Terhadap Kaualitas. Universitas Al-Khairiyah. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2), 62–66.