Implementation of Pancasila Student Profile in Building the Character of SMK Students in the Field of Accounting
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menciptakan karakter siswa program akuntansi dan keahlian lembagaan di SMK N 1 Purwodadi, penelitian saat ini berupaya mengkaji penerapan penguatan profil pelajar Pancasila serta untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dan untuk merinci cara-cara di mana mereka mengatasi tantangan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMK N 1 Purwodadi di Danyang, Purwodadi Kec, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58113. Alamat sekolah adalah Jl. Pangeran Diponegoro No. 24 Sambak. Wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Program profil siswa Pancasila kini sudah ada di SMK N 1 Purwodadi. Untuk mengembangkan karakter yang lebih baik, penting untuk belajar takut akan Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki keterampilan berpikir yang mulia, kreatif, dan kritis di setiap jam pelajaran yang produktif. Di pertengahan semester, SMK N 1 Purwodadi menyelenggarakan kegiatan P5 bagi mahasiswa yang karyanya bertajuk proyek kewirausahaan. Ini memberi siswa kesempatan untuk menjadi kreatif dan menghasilkan karya yang dapat dijual kepada masyarakat. Kurangnya waktu dan keterlibatan guru adalah masalah dalam upaya ini, untuk mengatasi hal ini, guru dapat lebih menekankan pada pendampingan siswa melalui pemasaran melalui media sosial dan bentuk pembelajaran aktif dan partisipatif lainnya tentang kewirausahaan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Febri Tunggal Marhenno, Titik Ulfatun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

