Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA

  • Rif'atul Machmuda Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sarwo Edy Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sri Suryanti Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Komunikasi matematis adalah kemampuan mendasar yang haruslah dipunyai siswa guna menunjang pembelajaran matematika Pendidikan abad 21. Tingkat kreativitas, kemampuan bernalar kritis, juga kemandirian siswa dengan mengaplikasikan suatu kerangka pembelajaran yang mendukung berkembangnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang sesuai adalah PISA (Programme for International Students Assessment. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan konten Uncertainty and Data serta berfokus pada tiga siswa kela VIII – A UPT SMPN 4  Lamongan sebagai subjek penelitian. Data penelitian didapatkan melalui hasil ulangan harian yang digunakan untuk mengkategorikan tiga subjek siswa. Kemudian analisis yang dilaksanakan dalam hasil tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara, menggunakan indikator kemampuan komunikasi matematis yakni, 1) Menghubungkan item, gambar atau bagan asli menuju pemikiran matematika; 2) Mendeskripsikan pemikiran ide, keadaan maupun hubungan matematika dengan cara tertulis dan lisan; 3) Mempergunakan konsep istilah, simbol, maupun notasi matematika berbasis struktur guna menyampaikan gagasan; juga 4) Membuat simpulan dengan tertulis dan lisan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi kemampuan komunikasi matematis siswa yakni dengan komunikasi matematis rendah hanya memenuhi indikator kedua. Siswa dengan komunikasi matematis sedang memenuhi indikator pertama, kedua dan ketiga. Siswa dengan komunikasi matematis tinggi memenuhi semua indikator.

Kata Kunci: komunikasi matematis, PISA, ketidakpastian dan data

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-28
Bagaimana cara mengutip:
Machmuda, R., Edy, S., & Suryanti, S. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 883-892. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.984
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 96 times
PDF downloaded: 74 times

Referensi

Fitri, A., Fathoni, M. I. A., & Ilmiyah, N. (2023). Analisis Komunikasi Matematis Siswa Melalui Soal Model PISA pada Era Literasi Digital Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 75–84. https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1589

Greenes, C. & Schulman, L. (1996). Communication Processes in Mathematical Exploration and Investigations.

Harahap, I. H., & Sari, D. N. (2022). Application of Realistic Mathematics Education (RME) To Improve The Students’ Mathematical Communication Ability. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 598–606. https://doi.org/10.51276/edu.v4i2.423

Kemendikbud. (2022). Studi Internasional PISA.

Kholil, M., & Putra, E. D. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.6

Lestari, R. H., Aprianti, E., & Hartini. (2024). MATEMATIKA ANAK USIA DINI : ANALISIS KEGIATAN BERHITUNG TERHADAP STANDAR PENDIDIKAN MATEMATIKA. 7(1), 23–34. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21519

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

Miles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521–532. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.772

Suci Rahmawati, N., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Journal on Education , 1(2), 344–352.

Tracy, S. J. (2013). Qualitative Research Method. John Wiley & Sons, Ltd., Publication.