Langkah Kolaboratif Guru dalam Manajemen dan Intervensi Pembelajaran Model Pull Out bagi Siswa Slow Learner

  • Fajar Fithroni SMP Negeri 12 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Wiwit Ika Setiyati SMP Negeri 12 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Abdurrahman Abdurrahman SMP Negeri 12 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Wahid Aditiono SMP Negeri 12 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Raphael Krismanto Priyoatmojo SMP Negeri 12 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran bagi siswa slow-learner membutuhkan perlakuan yang lebih khusus dibandingkan dengan siswa pada umumnya. Langkah kolaboratif perlu dilakukan bersama Guru dan orangtua guna mendapatkan data dan proses yang komprehensif bagi kemajuan siswa slow-learner. Best practice ini bertujuan: 1) Memberikan gambaran nyata siswa slow learner khususnya dalam pembelajaran matematika, 2) Menyajikan laporan proses manajemen pembelajaran hingga intervensi yang diberikan kepada siswa slow-learner dalam pembelajaran matematika, dan 3) Memberikan gambaran tentang kolaborasi para stakeholders di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Subyek best practice adalah siswa slow-learner kelas VII pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Secara umum, manajemen dan intervensi yang diterapkan oleh Guru Pembimbing Khusus (GPK) bersama Guru lainnya di SMP Negeri 12 Yogyakarta telah dilaksanakan secara terstruktur. Hal itu melibatkan dukungan berbagai pihak yang terlibat di sekolah. Kerjasama antara GPK dengan kepala sekolah, Guru mata pelajaran, orangtua, dan Guru BK dari proses asesmen hingga perencanaan tindak lanjut merupakan langkah kolaboratif yang positif, dimana hal tersebut terealisasi secara bertahap yang dibangun melalui komunikasi interpersonal yang berorientasikan tugas (task-oriented) dan juga pribadi (person-oriented). Meskipun begitu, terdapat kendala komunikasi dan waktu yang masih perlu dievaluasi dan diperbaiki sebagai tindak lanjut agar pelaksanaan intervensi dapat terlaksana dengan lebih baik.

Kata Kunci: Kolaborasi, Manajemen, Intervensi, Model Pull Out

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-14
Bagaimana cara mengutip:
Fithroni, F., Setiyati, W. I., Abdurrahman, A., Aditiono, W., & Priyoatmojo, R. K. (2024). Langkah Kolaboratif Guru dalam Manajemen dan Intervensi Pembelajaran Model Pull Out bagi Siswa Slow Learner . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1028-1034. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.981
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 177 times
PDF downloaded: 85 times

Referensi

Amka. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Arriani, F., et al. (2021). Panduan Penyusunan Program Pembelajaran Individual. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Delphie, Bandi. (2012). Pembelajaran Anak Tunagrahita (Suatu Pengantar Dalam Pendidikan Inklusi). Bandung: Refika Aditama.

Desiningrum, D.R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Farisia, H. (2017). Strategi Optimalisasi Kemampuan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Melalui Program Pembelajaran Individual (PPI). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2): 1-17.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wafiqoh, R., Maulana, S. A., & Pramuditya, S. A. (2022). Mathematics Learning Difficulties of Slow Learner Students in Terms of Reflective Abstraction Measurement. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(2): 1052-1062

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th edition). New York, NY: McGraw-Hill.

Sakiinatullaila, N., Kurniastuti, F. D., Priyanto, M., Fajar, W., & Ibrahim, I. (2020). Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slow Learner. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2): 171. https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.7471

Stankovska, G., Angelkoska, S., & Grncaroska, S.P. (2015). Education of Students with Special Educational Needs and Their Inclusion in the Community. Bulgarian Comparative Education Society.