Strategi Perubahan Inovatif dalam Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Muhammadiyah

  • Naomi Fahma Universitas Muhammadiyah Klaten, Klaten, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Anton Adi Suryo Kusuma Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Bambang Soemardjoko Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Sabar Narimo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Kepemimpinan mempunyai kedudukan yang strategis dalam organisasi bahkan mempengaruhi kinerja organisasi. Peran kepemimpinan kepala sekolah dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah yang membawa pengaruh positif mampu membawa perubahan bagi sekolah terutama pada sekolah muhammadiyah. Perubahan sekolah dapat tercapai apabila kepala sekolah sebagai pemimpin mempunyai kompetensi merumuskan visi, misi, tujuan dan strategi secara inovatif pada sekolahnya. Bentuk kepemimpinan kepala sekolah yang mempunyai kompetensi tersebut dapat dikatakan kepemimpinan visioner. Penelitian ini memilih MI Taskombang Klaten, Indonesia, sebagai tempat untuk melakukan studi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus dipilih karena MI Taskombang Klaten telah mengalami perubahan signifikan selama beberapa tahun terakhir dan menjadi sekolah rujukan dan bisa dikatakan sekolah favorit. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran kepemimpinan visioner kepala sekolah, (2) strategi kepala sekolah dalam melakukan perubahan sekolah yang efektif, (3) inovasi yang dilakukan kepala sekolah dalam melakukan perubahan sekolah yang efektif, (4) proses terjadinya perubahan di sekolah, (5) faktor pendukung kepala sekolah dalam melakukan perubahan, dan (6) faktor penghambat kepala sekolah.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kepemimpinan Visioner, Perubahan Inovatif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-31
Bagaimana cara mengutip:
Fahma, N., Kusuma, A. A. S., Prayitno, H. J., Soemardjoko, B., & Narimo, S. (2024). Strategi Perubahan Inovatif dalam Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Muhammadiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1345-1350. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.975
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 43 times
PDF downloaded: 31 times

Referensi

A. M. Zahro, A. Y. Sobri, and A. N. (2018). Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Adm. Dan Manajemen Pendidik, 1(3), 358–363.

Amaliyah, K. (2023). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Gaya Kepemimpinan Islam Terhadap Kinerja Karyawan Home Industry Tahu Di Kelurahan Proyonanggan Utara Kecamatan Batang. Universitas islam Negeri KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Ar, Muniarti. (2009). Strategi Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Ilmu Pendidik, 16(2).

Gunawan, I. (2016). Merevitalisasi Kepemimpinan Pancasila dalam Bidang Pendidikan. Seminar Nasional Penguatan Manajemen Pendidikan Di Era Kompetisi Global, 67–84.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Visi Ilmu Pendidik, 10(1).

Luturmas, Y., Diana, E., Abdusshomad, A., & W. R. R. S. (2022). Implementasi Struktur Kurikulum Berdasarkan Kemendikbudristek No 371/M/2021 Dan PP No 57 Tahun 2021 Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Multidisipliner BHARASA, 1(2), 71–81.

M. Maduratna. (2013). Peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru dan pegawai di sekolah dasar negeri 015 Samarinda. Administrasi Negara, 1(1), 70–84.

M. Marsuq. (2009). Kepimpimpinan (suatu pengantar dasar). Alfabeta.

N. Mukti. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Kependidikan, 6(1), 71–90.

Nasution, W. N. (2016). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Tarb, 22(1).

Salehan, S., rao, D. G., Soepriyadi, I., Nuryana, A., &Luturmas, Y. (2022). Analysis of the Influence Organizational Control System and Trust on Employee Performance. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3).

Sunarta, S. (2011). Kepemimpinan Visioner Dalam Kancah Global. Manajemen Pendidikan UNY, 11(2), 239.

Suriansyah, A. (2014). Strategi Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Wahab, A., Sari, A. R., Zuana, M. M. M., Luturmas, Y., & Kuncoro, B. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4644–4653.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama