Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di Kelas V

  • Rifa’ul Khulqi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Nurdinah Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Kegiatan pembelajaran mengunakan konvensional berpengaruh terhadap hasil belajar yang masih rendah, oleh karena itu pentingnya memilih model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian bertujuan untuk memperbaiki model pembelajaran terhadap hasil belajar, maka perlu di terapkanya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik terhadap sebagai bentuk hasil belajar pada materi bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan IPAS di kelas V SDN Tegalkalong. Metode penelitian ini mengunakan desain (quasi eksperiment) yaitu melibatkan dua kelas, kelas kontrol dengan mengunakan model konvensional sebanyak 30 peserta didik dan eksperimen dengan mengunakan model koopratif tipe jigsaw sebanyak 30 peserta didik dari kelas V SDN Tegalkalong. Mengunakan uraian soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal dan postest untuk mengukur kemampuan akhir hasil belajar. Pada hasil tes akhir setelah penerapan model pembelajaran IPAS di kelas kontrol dan eksperimen nilai rata-rata peserta didik mengalami perbedaan terhadap hasil belajar bahwa diperlakukan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi mempunyai nilai rata - rata (100) sedangkan dibandingkan pada hasil belajar kelas konvensional mempunyai nilai rata-rata (80). Penelitian ini memberikan manfaat terhadap peserta didik yang terlibat dalam penelitian serta wawasan terhadap guru sebagai referensi dalam penerapan model pembelajaran yang telah diterapkan dapat berpengaruh positif. Kriteria ini menunjukan keberhasilan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat cocok di terapkan jenjang sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan berpikir tinggkat tinggi sebagai bentuk hasil belajar.

Kata Kunci: Berpikir Tingkat Tinggi, Jigsaw, Model Pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-21
Bagaimana cara mengutip:
Khulqi, R., Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di Kelas V. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1067-1074. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.967
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 116 times
pdf downloaded: 54 times

Referensi

Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 1). Http://Pendikar.Dikti.Go.Id/Gdp/Wp-Content/Uploads/Desain-Induk-Pendidikan-Karakter-

Amar Halim. (2022). Signipikasi Dan Implementasi Berpikir Kritis Dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Indonesia Sosial Teknologi, 3.

Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa. Journal Of Education And Instruction (Joeai), 3(1), 36–45. Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V3i1.1286

I Made Arta. (2021). Penerapan-Model-Pembelajaran-Kooperatif-Tipe Jigsaw-Untuk-Meningkatkan-Hasil-Belajar-Ips-Siswa-Kelas V-Sd-Negeri-4-Tenganan-Semester-Ii-Tahun-Pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas, 1.

Setyawaty, P. E., Hanifah, N., Gusrayani, D., Studi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 218 Sumedang, A. N. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peninggalan Sejarah Masa Islam Di Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Jigsaw) Berbantuan Media Puzzle (Vol. 2, Issue 1).

Studi Pendidikan Matematika, P., & Bima, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Susanti, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo Vi Surabaya Melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. Https://Doi.Org/10.34289/285232

Suhelayanti, Syamsiah Z, Ima Rahmawati, Year Rezeki Patricia Tantu, Wiwin Rewini Kunusa, Nita Suleman, Hadi Nasbey, Julhim S. Tangio, & Dewi Anzelina. (2023). Buku Referensi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Ipas (1st Ed.). Yayasan Kita Menulis