Pembinaan Akhlak Remaja Berbasis Kolaborasi Guru dan Orang Tua: Kajian Systematic Literature Review

  • Wildan Murtadho Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Siti Halimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Salminawati Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis upaya guru, orang tua, dan bentuk kolaborasi dalam pembinaan akhlak remaja. Jenis penelitian ini merupakan bagian dari penelitian kualitatif dengan model Sistematic Literature Review (SLR) dengan pencarian 161 artikel melalui database DOAJ dan Garuda, terseleksi menjadi 13 artikel sesuai kriteria. Hasil penelitian menunjukkan upaya holistik guru melalui strategi terhadap siswa dan peran kunci dalam membentuk karakter remaja. Kolaborasi orang tua dengan guru melibatkan berbagai metode, mencakup aspek internal dan eksternal, serta menyesuaikan dengan konteks budaya dan pendidikan setempat. Tinjauan ini mengindikasikan bahwa kolaborasi guru dan orang tua memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan moral remaja, mendukung pandangan bahwa pendidikan akhlak remaja memerlukan dukungan dan kerja sama sinergis. Penelitian ini juga memberikan arah bagi penelitian di masa depan, termasuk aspek teknologi, budaya, organisasi, dan perilaku pada tingkat dan wilayah yang berbeda.

Kata Kunci: kolaborasi, guru-orang tua, akhlak, remaja, systematic review

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-12
Bagaimana cara mengutip:
Murtadho, W., Halimah, S., & Salminawati, S. (2024). Pembinaan Akhlak Remaja Berbasis Kolaborasi Guru dan Orang Tua: Kajian Systematic Literature Review. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 758-761. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.963
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 94 times
PDF downloaded: 82 times

Referensi

Al-Fauzan, iA. iA. ibin iF. ibin iS. i(2014). iAturan iIslam iTentang iBergaul idengan iSesama i(S. iA. iNasution, iEd.; i2nd ied.). Jakarta :iGriya iIlmu.

Ashshiddiqi, iA. iM. i(2021). iTelaah iFilosofis iFitrah iManusia idan iIlmu iPengetahuan idalam iIslam: iKarakteristik, iHubungan iOrganik, idan iImplikasi iKependidikan. iTa iDib iJurnal iPendidikan iIslam, i10(2), i143–157. ihttps://doi.org/10.29313/TJPI.V10I2.7895

Cook, iD. iA., i& iWest, iC. iP. i(2012). iConducting isystematic ireviews iin imedical ieducation: ia istepwise iapproach. iMedical iEducation, i46(10), i943–952. ihttps://doi.org/10.1111/J.1365-2923.2012.04328.X

Ghufron, iM. iA. i(2018, iAugust). iRevolusi iIndustri i4.0: iTantangan, iPeluang idan iSolusi iBagi iDunia iPendidikan. iSeminar iNasional iDan iDiskusi iPanel iMultidisiplin iHasil iPenelitian iDan iPengabdian iKepada iMasyarakat.

Greenhalgh, iT. i(1997). iHow ito iread ia ipaper: iPapers ithat isummarise iother ipapers i(systematic ireviews iand imeta-analyses). iBMJ, i315(7109), i672–675. ihttps://doi.org/10.1136/bmj.315.7109.672

Hasbi, iM. i(2013). iManusia idan iPotensi iPendidikannya; i iPerspektif iFilsafat iPendidikan iIslam. iTa’dib: iJurnal iPendidikan iIslam, i18(01), i85–94. ihttps://doi.org/10.19109/TD.V18I01.40

Mohd iYusoff, iM. iZ., iHamzah, iA., iFajri, iI., iZa, iT., i& iYusuf, iS. iM. i(2022). iThe ieffect iof ispiritual iand isocial inorm iin imoral ijudgement. iInternational iJournal iof iAdolescence iand iYouth, i27(1), i555–568. ihttps://doi.org/10.1080/02673843.2022.2156799

Moher, iD., iLiberati, iA., iTetzlaff, iJ., iAltman, iD. iG., iAltman, iD., iAntes, iG., iAtkins, iD., iBarbour, iV., iBarrowman, iN., iBerlin, iJ. iA., iClark, iJ., iClarke, iM., iCook, iD., iD’Amico, iR., iDeeks, iJ. iJ., iDevereaux, iP. iJ., iDickersin, iK., iEgger, iM., iErnst, iE., i… iTugwell, iP. i(2009). iPreferred iReporting iItems ifor iSystematic iReviews iand iMeta-Analyses: iThe iPRISMA iStatement. iPLOS iMedicine, i6(7), ie1000097. ihttps://doi.org/10.1371/JOURNAL.PMED.1000097

Narvaez, iD. i(2021). iMoral ieducation iin ia itime iof ihuman iecological idevastation. iJournal iof iMoral iEducation, i50(1), i55–67. ihttps://doi.org/10.1080/03057240.2020.1781067

Pamungkas, iM. iI. i(2016). iAkhlak iMuslim iModern: iMembangun iKarakter iGenerasi iBangsa. iIn iI. iKurniawan i(Ed.), iMarja i(1st ied.). iMarja.

Prasetyo, iB., i& iTrisyanti, iU. i(2016). iRevolusi iIndustri i4.0 idan iTantangan iPerubahan iSosial. iProsiding iSemateksos i3, i2(1).

Tufekčić, iA. i(2015). iReception iof iCritical iEducational iScience iand ithe iContemporary iEducational iCrisis. iProcedia i- iSocial iand iBehavioral iSciences, i174, i414–419. ihttps://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.01.683