Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiliterasi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Sahabat Al-Quran Binjai

  • Hairil Anwar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang,  Indonesia
  • Rusyidi Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang,  Indonesia
  • Muhammad Rifa’i Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi tiga aspek utama: pertama, kesesuaian materi Pendidikan Agama Islam yang menerapkan pendekatan multiliterasi untuk meningkatkan hasil belajar murid; kedua, kemudahan penggunaan materi Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan multiliterasi dalam meningkatkan hasil belajar murid; dan ketiga, efisiensi materi Pendidikan Agama Islam yang memanfaatkan pendekatan multiliterasi terhadap pencapaian hasil belajar murid. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Sahabat Qur’an Binjai selama semester pertama tahun ajaran 2023-2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model Sugiyono. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan fokus pada pengembangan materi PAI berbasis multiliterasi. Materi yang dihasilkan telah melewati proses validasi oleh ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa, dengan hasil rata-rata validasi 3,66 dan kategori "sangat layak". Produk ini juga diuji secara praktis dengan hasil rata-rata 3,40 dan kategori "praktis". Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi PAI berbasis multiliterasi memiliki tingkat kelayakan yang tinggi untuk digunakan dalam pembelajaran, berdasarkan penilaian ahli. Produk ini juga terbukti praktis dalam penggunaannya. Namun, dalam hal efektivitas, materi ini menunjukkan tingkat keefektifan sedang dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa, dengan analisis statistik menunjukkan thitung (4,26) yang melebihi ttabel (1,99) dan N-Gain sebesar 0,38 yang termasuk dalam kategori "sedang".

Kata Kunci: Bahan Ajar, Muliterasi, Islam Terpadu, Binjai

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-25
Bagaimana cara mengutip:
Anwar, H., Ananda, R., & Rifa’i, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiliterasi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Sahabat Al-Quran Binjai . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 862-870. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.962
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 53 times
PDF downloaded: 33 times

Referensi

Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Literasi Dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi, Integratif Dan Berdiferensiasi. Bandung: Rizqi Press.

Al-Rasyidin. (2017). Falsafah Pendidikan Islam Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan Islami. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Ananda, Rusydi. (2019). Desain Pembelajaran. Medan: LPPPI.

Bahtiar, Effendi Tri. (2016). Penulisan Bahan Ajar. Bandung: Institut Pertanian Bogor.

Cronbach, L.J. (1982). Teknik-Teknik Belajar dan Mengajar. Alih bahasa: Bapensi. Bandung: Jemmars.

Dahar, Margaret R. (2016). Learning And Instruction, Theory Into Practice. New Jersey: Pearson.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2002) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, Rahmat. (2016) Ilmu Pendidikan Islam. Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: LPPPI.

Khoimatun dan Asrizal Wahdan Wilsa. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal: Basicedu, 5(6), 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1603

Majid, Abdul. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardianto. (2009). Psikologi Pendidikan Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka.

Piaget. (2019). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar yang Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi. Benny A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran, Langkah Penting Merancang Kegiatan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Dian Rakyat.

Rifa’i, Muhammad. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran), Medan: Widya Puspita.

Rifa’i, Muhammad. (2019). Manajemen Organisasi Pendidikan. Malang: Humanis.

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B. , Selatan, L. , Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam , 11(1), 6. http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.7633

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabet,

Suparman, M. Atwi. (2017). Desain Instruksional Modern. Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Tridinanti, (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Vygotsky. (2010). Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winataputra, Udin S. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.