Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon

  • Marharjono Marharjono SMA Negeri 1 Sewon,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) meningkatkan minat belajar sejarah  melalui metode pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2016/2017. 2) meningkatkan prestasi belajar sejarah melalui metode pembelajaram Mind Mapping pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar sejarah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar sejarah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan membandingkan data pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode Mind Mapping mampu meningkatkan minat belajar. Minat belajar siswa kategori baik dan sangat baik, pada pra siklus sebanyak 13 siswa (54,17%),  pada siklus I meningkat dari 17 siswa (70,83%) pada pertemuan pertama, menjadi 19 siswa (79,17%) pada pertemuan kedua. Pada siklus II, meningkat dari 21 siswa (87,50%) pada pertemuan pertama, menjadi 22 siswa (91,67%) pada pertemuan kedua. 2) Penerapan metode Mind Mapping mampu meningkatkan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2016/2017. Prestasi belajar sejarah meningkat dari rata-rata klasikal sebesar 69,38 dan ketuntasan belajar sebanyak 15 siswa (62,50%) pada pra siklus, meningkat menjadi rata-rata sebesar 79,25 dan ketuntasan  belajar sebanyak 19 siswa (79,17%)  pada siklus I, dan rata-rata sebesar 86,67 dan ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa (91,67%) pada siklus II.

Kata Kunci: Minat, Prestasi Belajar, Mind Mapping

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Marharjono, M. (2019). Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 69-75. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.96
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 197 times
PDF downloaded: 509 times