The Effect of Digital Literacy, Innovative Work Behavior, and Interpersonal Communication on Teachers Performance at Madrasah Aliyah
Abstrak
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu bangsa. Tinggi rendahnya mutu pendidikan tidak hanya disebabkan oleh proses pendidikannya saja tetapi juga dapat dipengaruhi oleh rendahnya kinerja guru sebagai pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital, perilaku kerja inovatif, dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metodologi survei statistik untuk memvalidasi temuannya. Peneliti menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM). Terdapat total populasi 19 sekolah dasar negeri yang berlokasi di wilayah Kota Serang, Indonesia. Sampel penelitian terdiri dari 19 kepala sekolah dan 81 guru sekolah dasar negeri di Kota Serang, Banten, Indonesia. Mekanisme pengambilan sampelnya dengan pendekatan acak. Analisis data menggunakan pemodelan jalur PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku kerja inovatif terhadap kinerja guru (p<0,05), perilaku kerja inovatif terhadap kinerja guru (p<0,05), literasi digital terhadap kinerja guru (p<0,05), dan komunikasi interpersonal terhada kinerja guru (p<0,05). Temuan penelitian ini juga mempunyai implikasi signifikan bagi kepala sekolah yang ingin meningkatkan kinerja guru.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Wasis Dewanto, Encep Syarifudin, Sholeh Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

