Penggunaan Coaching Model GROW-ME untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris dalam Menyusun Asesmen Pembelajaran

  • Kristina Dian Insani Universitas Kristen Krida Wacana, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,  Indonesia
  • Hery Winoto Tj Universitas Kristen Krida Wacana, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,  Indonesia
  • Takim Andriono Universitas Kristen Krida Wacana, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Melakukan asesmen pembelajaran adalah kegiatan guru dalam rangka mengumpulkan bukti pencapaian tujuan pembelajaran. Kompetensi guru sangat berperan dalam menyusun asesmen pembelajaran, agar tidak terbatas pada tes tulis saja. Sebuah penelitian tindakan dilakukan dengan tujuan mengevaluasi penggunaan Coaching Model GROW-ME dalam meningkatkan kompetensi guru Bahasa Inggris menyusun asesmen pembelajaran. Penelitian dilaksanakan  dalam dua siklus. Setiap siklus melibatkan empat tahap, yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Coaching dilakukan pada tahap Pelaksanaan mengikuti model GROW-ME, mencakup Goal (Tujuan), Reality (Kenyataan), Option (Opsi), Will/What Next (Kehendak/Apa Selanjutnya), Monitoring (Pemantauan), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah tiga guru Bahasa Inggris di SD Kristen Masa Depan Cerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Coaching Model GROW-ME efektif untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun asesmen pembelajaran. Pada akhir siklus kedua, dua subjek mencapai skor 91 (Amat Baik), sementara satu subjek mencapai skor 80 (Baik). Dengan demikian ketiga subjek mencapai indikator keberhasilan dengan skor minimal pada kategori Baik.

Kata Kunci: Asesmen Pembelajaran, Model Coaching GROW-ME, Kompetensi Guru Bahasa Inggris

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-04-04
Bagaimana cara mengutip:
Insani, K. D., Tj, H. W., & Andriono, T. (2024). Penggunaan Coaching Model GROW-ME untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris dalam Menyusun Asesmen Pembelajaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1149-1153. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.956
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 66 times
pdf downloaded: 30 times

Referensi

Amir dkk. (2015). Penerapan Supervisi Akademik Teknik Pelatihan Grow Me Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Bahasa Inggris Menerapkan Model Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, 2(2), 65-74.

Baharuddin. (2019). Kompetensi Guru, Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Memilih Model Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 004 Dusun Tua Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(3), 670-677. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7234

Indonesia. 2020. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan No. 6565/B/GT/2020 tentang Model Kompetensi Dalam Pengembangan Profesi Guru.

Kemmis.McTaggart et al. (2014). The Action Research Planner.Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176

Wulandari, Maria YD., 2020 Penggunaan Metode Grow Me Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Guru Bahasa Indonesia Di Sd Def Surabaya: (Penelitian Tindakan Sekolah di SD DEF Surabaya), S2 thesis, Universitas Kristen Krida Wacana.