Computer Knowledge and Anxiety in Student Learning Outcome: The Role of Learning Motivation as Mediator
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi peserta didik SMK Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang masih belum menguasai dalam pengetahuan komputer, kecemasan dalam menggunakan komputer, dan kurangnya motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran motivasi belajar sebagai mediator antara computer knowledge dan computer anxiety terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasi path analysis. Jumlah responden penelitian ini yaitu 90 peserta didik SMK Negeri 1 Boyolali. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel motivasi belajar merupakan variabel mediator antara computer knowledge terhadap hasil belajar. Namun, hasil analisis juga menunjukan bahwa variabel motivasi belajar merupakan variabel mediator yang antara computer anxiety terhadap hasil belajar sedangkan computer knowledge dan computer anxiety berpengaruh namun tidak signifikan terhadap hasil belajar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar melalui peningkatan computer knowledge peserta didik diperlukan motivasi belajar. Sedangkan, peningkatan computer anxiety menurunkan motivasi dan hasil belajar namun tidak signifikan. Oleh karena itu, motivasi belajar memiliki peran yang penting dalam memediasi computer knowledge dan computer anxiety terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran spreadsheet untuk akuntansi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengetahui faktor-faktor lain apa saja yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran spreadsheet akuntansi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Nafra Mutya Weti, Muhammad Fahmi Johan Syah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

