Computer Knowledge and Anxiety in Student Learning Outcome: The Role of Learning Motivation as Mediator

  • Nafra Mutya Weti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Central Java,  Indonesia
  • Muhammad Fahmi Johan Syah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Central Java,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi peserta didik SMK Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang masih belum menguasai dalam pengetahuan komputer, kecemasan dalam menggunakan komputer, dan kurangnya motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran motivasi belajar sebagai mediator antara computer knowledge dan computer anxiety terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasi path analysis. Jumlah responden penelitian ini yaitu 90 peserta didik SMK Negeri 1 Boyolali. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel motivasi belajar merupakan variabel mediator antara computer knowledge terhadap hasil belajar. Namun, hasil analisis juga menunjukan bahwa variabel motivasi belajar merupakan variabel mediator yang antara computer anxiety terhadap hasil belajar sedangkan computer knowledge dan computer anxiety berpengaruh namun tidak signifikan terhadap hasil belajar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar melalui peningkatan computer knowledge peserta didik diperlukan motivasi belajar. Sedangkan, peningkatan computer anxiety menurunkan motivasi dan hasil belajar namun tidak signifikan. Oleh karena itu, motivasi belajar memiliki peran yang penting dalam memediasi computer knowledge dan computer anxiety terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran spreadsheet untuk akuntansi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengetahui faktor-faktor lain apa saja yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran spreadsheet akuntansi.

Kata Kunci: Computer Knowledge, Computer Anxiety, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-02
Bagaimana cara mengutip:
Weti, N. M., & Syah, M. F. J. (2024). Computer Knowledge and Anxiety in Student Learning Outcome: The Role of Learning Motivation as Mediator. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 735-742. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.950
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 99 times
PDF downloaded: 50 times

Referensi

Aliyah, M., & Wahjudi, E. (2021). Studi Hasil Belajar Mata Pelajaran Spreadsheet Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Online dengan Dukungan Media Video. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1075–1083. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.497

Aryadi, R. G., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh nilai pengantar akuntansi computer attitude terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi. AKUNTABEL : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 18(3), 524–531.

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Awofala, A. O. A., Akinoso, S. O., & Fatade, A. O. (2017). Attitudes towards Computer and Computer Self-Efficacy as Predictors of Preservice Mathematics Teachers’ Computer Anxiety. Acta Didactica Napocensia, 10(3), 91–108. https://doi.org/10.24193/adn.10.3.9

Aziz, S., & Hassan, H. (2014). Assessment of Students’ Knowledge of Computer: Construction of a Test for Assessment. International Journal of Trade, Economics and Finance, 5(2), 187–190. https://doi.org/10.7763/ijtef.2014.v5.368

Baety, O. :, & Rohmah, N. (2017). the Development of Learning Media Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz Based on Adobe Flash Cs6 of Spreadsheet Subject for the Tenth Grade Accounting Students of Smk N 4 Klaten in the Academic Year 2016/2017. 75, 1–14.

Dahen, L. D., Tanjung, M. S., & Elya, Y. M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan. Pendidikan Ekonomi, 1(1), 29882.

Darsinah, D. (2020). Faktor Strategis Motivasi Belajar Dan Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Di MTs. Jurnal VARIDIKA, 32(1), 94–105. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.11742

Edriani, D., & Gumanti, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Painan. 3(6), 4506–4517.

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(1), 2175–2182.

Hasanah, A. N. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Ekternal Terbatas Yang Mempengaruhi Keahlian Calon Masyarakat Akuntansi Dalam Menggunakan Komputer. Jurnal Ekonomi Vokasi, 4(1), 1–11. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JEV/article/view/3004

Juita, F., & Yulhendri, Y. (2019). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Intensitas Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet). Jurnal Ecogen, 2(4), 832. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7860

Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(03), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567

Maulina, S. I., & Ghofur, M. A. (2023). JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan The Influence of the Family Environment , School Environment , and Community Environment on Economic Learning Outcomes of State Senior High School 17 Surabaya Students Pengaruh Lingkungan Keluarga , Lingkungan Sekolah . 4(1), 93–104.

Mujiani, & Rohayati, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Intensitas Praktikum Akuntansi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas Xi Di Smk Negeri 10 Surabaya. Pendidikan Akuntansi, 6(20), 9.

Nafisah K, MargunaniL, L. L. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 178–184.

Nurcahyanty, L., & Rochmawati, R. (2021). Peran motivasi belajar dalam memoderasi pengaruh penguasaan akuntansi dasar, computer self-efficacy, kemandirian belajar, dan pemberian tugas terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Akuntabel, 18(4), 669–682. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9836

Nurjanah, Y. A. S., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Akuntansi, Computer Knowledge, Computer Anxiety Dan Computer Attitude Terhadap Hasillbelajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas Xi Program Keahlian Akuntansi Smk Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(01), 77–82.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Oknaryana, O., Astuti, Y., & Murdy, K. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Computer Attitude Dan Fasilitas Laboraturium terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(2), 169. https://doi.org/10.24036/011103580

Pratiwi, I. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Fasilitas Laboratorium, Computer anxiety, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Buduran. Journal of Economics and Business Education, 1(2), 52–66.

Rahmah, L., & Rochmawati, R. (2023). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Akuntansi, Pengantar Akuntansi, dan Computer Knowledge Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Dengan Intensitas Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 105–121. https://doi.org/10.47080/progress.v6i2.2619

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rahmayanti, A., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(1), 1–23. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.2647

Rajiah, K., Coumaravelou, S., & Ying, O. W. (2014). Relationship of Test Anxiety, Psychological Distress and Academic Motivation among First Year Undergraduate Pharmacy Students. International Journal of Applied Psychology, 2014(2), 68–72. https://doi.org/10.5923/j.ijap.20140402.04

Ramadhani, F. E., & Taman, A. (2018). Literacy On Student ’ S Spreadsheet Learning Achievement.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Setiawan, D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Anxiety, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran SpreadSheet. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(1), 29–38. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18532

Sudjana, N. (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhendri, S., & Kurniawan, F. (2022). Improving Students’ Motivation and Reading Ability in Learning Narrative Text using Problem-Based Learning. Jurnal Penelitian Tindakan Pendidikan, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/jptp.v1i1.978

Suranto. (2015). Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 11–19.

Sutama, S., Janah, N. N., & Novitasari, M. (2018). Faktor Stratejik Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menegah Pertama. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 176–184. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5633

Wulandari, N., & Rohayati, S. (2015). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Attitude, dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32744%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id

Yudha, C. K., & Ramantha, I. W. (2014). Pengaruh Computer Anxiety dan Computer Attitude pada Keahlian Pengguna dalam Menggunakan Komputer. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9(3), 644–657. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/9419.

Yulihanita, A., & Bahtiar, M. D. (2023). Pengaruh Computer Anxiety Dan Pemahaman Akuntansi. 17, 219–229. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.41637