Penggunaan Metode Eklektik dan Mentoring untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Lisan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

  • Erniwati Erniwati Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Budi Haryono Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Januar Heryanto Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Ellen Jap Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan berbahasa Inggris lisan tenaga pendidik dan kependidikan di SMP Kr. MDC Surabaya yang disebabkan oleh rasa malu dan takut membuat kesalahan, anggapan bahwa bahasa Inggris susah untuk dipelajari serta pelatihan bahasa Inggris yang diberikan sebelumnya tidak efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa penggunaan metode eklektik dan mentoring dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris lisan tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah tersebut.  Metode eklektik yang digunakan dalam penelitian ini merupakan gabungan dari teori behavioristik, teori kognitif, dan teori konstruktivistik. Selain itu, untuk mendukung ketiga teori tersebut peneliti juga menggunakan strategi Communicative Language Teaching dan Cooperative Language Learning. Peneliti juga menggunakan mentoring untuk meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri para subyek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil analisis dari perbandingan skor para subyek penelitian pada rubrik penilaian data awal, hasil akhir siklus 1 dan 2 menunjukkan adanya peningkatan skor para subyek, dimana skor Subyek DE dari 40 meningkat menjadi 60, Subyek NS dari 40 menjadi 63, Subyek FK dari 70 menjadi 83, dan Subyek YF dari 53 menjadi 73. Hal ini menunjukkan bahwa metode eklektik dan mentoring mampu meningkatkan skor keempat subyek penelitian.

Kata Kunci: eklektik, mentoring, tenaga pendidik dan kependidikan, kemampuan berbahasa Inggris

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2025-02-08
Bagaimana cara mengutip:
Erniwati, E., Haryono, B., Heryanto, J., & Jap, E. (2025). Penggunaan Metode Eklektik dan Mentoring untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Lisan Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 874-880. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.949
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 73 times
PDF downloaded: 22 times

Referensi

Aini, Alisatul. (2022, Agustus 20). Mentoring: Pengertian, Tipe, Manfaat, dan Tips Mengikutinya. Diakses pada 7 Januari 2023. https://glints.com/id/lowongan/mentoring-adalah/#tipe-tipe-mentoring

Bidabadi, S. N., Isfahani, A. N., Rouhollahi, A., dan Khalili, R. (2016). Effective Teaching Methods in Higher Education: Requirements and Barriers. J Adv Med Educ Prof. 2016; 4(4):170-178.

Burns, A. (2010). Doing Action Research in English Language Teaching: A Guide for Practitioners. New York: Routledge.

Center for Health Leadership & Practice. (2003). Mentoring Guide: A Guide for Mentors. Oakland, CA: Center for Health Leadership & Practice, Public Health Institute.

Direktorat Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Modul Belajar Mandiri untuk Calon Guru PPPK-simpkb.

Fain, Lisa & Zachary, Lois. (2020). Bridging Differences for Better Mentoring: Lean Forward, Learn, Leverage. Oakland, CA: Berrett-Koehler Publishers.

Hisbullah, M. dan Jauhari, I. (2020). Improving Students’ Speaking Skills through Mentoring. Linguistics and English Languages Teaching Studies. 2020; 1(1):46-63

Ilyosovna, Niyosova A. (2020). The Importance of English Language. International Journal on Orange Technologies. 2020; 2(1):22-24

Kusumaningsih, Citra. (2018). Penerapan Pendekatan Eclectic dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Pendidikan Bahasa. 2018; 7(1):1-15.

Sanako. (2021, Oktober 8). The 10 Best Language Teaching Strategies Explained! Diakses pada 7 Januari 2023. https://sanako.com/the-10-best-language-teaching-strategies-explained

Suparman. (2017). The Effectiveness of Eclectic Method in Teaching Writing English of Recount Text for the Eight Grade Students of SMPN 1 Keruak. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 2017; 5(1):43-60.

Ullah, N., Tabassum, P.D.R., dan Ullah, I. (2018). Effect of the Eclectic Approach of Teaching on English Communication Skills at Elementary Level. Modern Journal of Language Teaching Methods. 2018; 8(6):138-146. http://mjltm.org/article-1-126-en.html

Wildanur. (2019). Increasing English Teachers’ Competence through Principal’s Mentoring Supervision. English Education International Conference. 2019; 2:121-129.