Peningkatan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran PjBL-STEM Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta

  • Ida Lydiati SMA Negeri 7 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi Statistika melalui model pembelajaran PjBL-STEM kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi Statistika melalui model pembelajaran PjBL-STEM dapat dilakukan dengan cara: (a) reflection yaitu peserta didik mempelajari materi Statistika sebagai bagian dari Mathematics tentang ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran menggunakan technology berupa kalkulator atau komputer untuk mengolah ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran data tentang tinggi badan dan berat badan; (b) research yaitu peserta didik melakukan penelitian mencari informasi dari berbagai sumber yang relevan dalam mengembangkan  pemahaman yang relevan dengan proyek yang dikerjakan dikaitkan science tentang BMI (Body Mass Index); (c) discovery yaitu peserta didik menggunakan informasi yang diperoleh saat melakukan research  untuk menyusun proyek. Peserta didik dilatih untuk membangun kerjasama dan berkolaborasi menyajikan alternatif solusi masalah yang memudahkan mereka mengolah data berupa suatu sistem dalam bidang engineering dan menggunakan technology dalam merancang kalkulator BMI dan poster; (d) application yaitu peserta didik belajar menghubungkan antar bidang dalam STEM, menguji produk atau solusi yang telah dibuat berdasar pada ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, kemudian melakukan perbaikan pada produk yang dihasilkan berupa kalkulator BMI dan poster ; (e) presentation yaitu peserta didik mengkomunikasikan produk antar peserta didik di kelas atau komunitas yang lebih luas menggunakan teknologi berupa poster yang dilengkapi dengan QR-Code.

Kata Kunci: kreativitas, model pembelajaran PjBL-STEM

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ida Lydiati, SMA Negeri 7 Yogyakarta

Guru Matematika

Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Ida Lydiati. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran PjBL-STEM Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 51-60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.94
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 503 times
PDF downloaded: 1477 times