Analisis Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas V pada Model Pembelajaran Inkuiri dan Radec

  • Tatang Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Keterampilan komunikasi adalah salah satu keterampilan fundamental yang wajib dimiliki oleh semua peserta didik. Peran guru sangat berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi para peserta didik. Salah satu yang dapat mendukung perkembangan keterampilan komunikasi mereka adalah model pembelajaran yang diimplemantsikan oleh guru. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menggunakan model pembelajaran yang tepat guna melatih keterampilan komunikasi para peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai kemampuan berkomunikasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dan RADEC pada materi tentang sifat-sifat cahaya. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas V salah satu sekolah dasar negeri di Kota Bandung. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Validitas data diuji melalui pendekatan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan persentase keterampilan komunikasi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri mencapai 77,12%, sementara persentase keterampilam komunikasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RADEC mencapai 80,34%. Dapat disimpulkan model pembelajaran RADEC memiliki dampak yang lebih efektif dalam melatih keterampilan komunikasi peserta didik dibandingkan model pembelajaran Inkuiri. Meskipun demikian, kedua model pembelajaran tetap memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif serta melatih keterampilan komunikasi mereka.

Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi, Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran RADEC

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-12
Bagaimana cara mengutip:
Suryadi, T., Sopandi, W., & Sujana, A. (2024). Analisis Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas V pada Model Pembelajaran Inkuiri dan Radec. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 786-793. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.925
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 148 times
PDF downloaded: 118 times

Referensi

Adriana, A., Sulfasyah, S., & Rukli, R. (2022). Comparison of RADEC Learning Model and SQ3R Learning Model on Reading Interest of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 941–951. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp941-951

AlKhamaiseh, O. S. (2022). Communication skills and its role in decreasing tension in online learning during covid 19 pandemic: Case study of public schools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(2), 357–371. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i2.6812

Angganing, P., Budiningsih, C. A., & Haryanto. (2022). The Profile of Students’ Communication Skills on Science Learning in Elementary Schools. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 13(1), 117–124. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.01.14

Anugerahwati, M. (2023). The RADEC Model to Teach Intercultural Communicative Competence. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-038-1_28

Apriliani, N. M. P. D., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122–129. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i01.3281

Arviani, I., & Fajriyah, K. (2018). Keefektifan Model Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Negeri Babalan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.1877

Asror, F. M. (2022). Implementasi Metode Inquiry dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 5(1), 75. https://doi.org/10.22373/jie.v5i1.11230

Bali, M. M. E. I., & Arifa, S. (2022). Eskalasi Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Metode Suggestopedia Dalam Mengembangkan Kualitas Belajar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 109–127.

Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Experenza, P., Isnaini, M., & Irmita, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Shareterhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 81–93. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i1.3370

Jones, K. T., & Procopio, C. H. (2017). Mentoring at-risk middle school students to reduce communication apprehension. Mentoring and Tutoring: Partnership in Learning, 25(2), 185–201. https://doi.org/10.1080/13611267.2017.1326692

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202–210. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.744

Kristanti, H. S. (2018). Peningkatan Kecakapan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 6 dengan Talking Stick Berbantuan Salindia. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 293–301. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p293-301

Lavasani, M. G., & Khandan, F. (2021). Cypriot Journal of Educational. Cypriot Journal of Education, 16(6), 3033–3047.

Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Rahmawati, I. (2022). The Impact of the RADEC Learning Model Oriented ESD on Students’ Sustainability Consciousness in Elementary School. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.11

Mia Komariah, Udin Syaefudin Sa’ud, Wahyu Sopandi, & Atep Sujana. (2023). Model Pembelajaran Radec: Persepsi Dan Implementasi Pada Calon Guru Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 37(1), 45–52. https://doi.org/10.21009/pip.371.6

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center. http://eprints.umsida.ac.id/296

Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109–115. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1379

Rianingsih, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 339–346. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.394

Rizki, I. Y., Surur, M., & Noervadilah, I. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Visipena, 12(1), 124–138. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1433

Rohmawatiningsih, W., Rachman, I., & Yayoi, K. (2021). The implementation of RADEC learning model in thematic learning to increase the concept understanding of electrical phenomenon. Momentum: Physics Education Journal, 5(2), 121–131. https://doi.org/10.21067/mpej.v5i2.5412

Sari, N. H., Sesunan, F., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 68. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1396

Sarjiyati. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD Melalui Metode Diskusi Dengan Bantuan Media Audio Visual. Jurnal IDEGURU, 2(2), 13–25. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/32

Sopandi, W. (2017). The Quality Improvement Of Learning Processes And Achievements Through The Read-Answer-Discuss-Explain And Create Learning Model Implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017, 132–139.

Urwani, N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis dominasi komunikasi scientific pada pembelajaran biologi sekolah menengah atas Analysis of communications skill on biology learning high school. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 182. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi.

Wati, M. Y., Maulidia, I. A., Irnawati, & Supeno. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII Smpn 2 Jember Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Kalor Dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275–280. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15237

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959