Pengembangan Media Kampanye Sekolah Sehat Berbasis Teknologi pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

  • Aulia Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Kesehatan anak usia sekolah adalah salah satu masalah besar yang dihadapi Indonesia. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bertujuan meningkatkan kesehatan siswa, tetapi UKS belum berjalan semaksimal mungkin. Maka diperlukan inovasi baru yang dapat mengoptimalkan pelaksanaan dan pecapaian kesehatan sekolah, terutama dalam meningkatkan kesehatan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media Kampanye Sekolah Sehat untuk siswa kelas tinggi di SDN Gudang Kopi II. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan alur model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gudang Kopi II Kabupaten Sumedang. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media Kampanye Sekolah Sehat berupa e-flipbook dengan spesifikasi produk diantaranya: 1) Materi dan informasi kesehatan dengan 3 fokus utama yaitu sehat bergizi, sehat fisik dan sehat imunisasi, 2) Video edukasi kantin sehat, 3) Video gerak dan lagu sekolah sehat, 4) Aplikasi scan info nutrisi dari barcode kemasan produk makanan atau minuman, 5) Games teka-teki silang. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan angket respon siswa, e-flipbook ini masuk dalam kategori sangat baik digunakan sebagai Media Kampanye Sekolah Sehat.

Kata Kunci: pengembangan, media, kampanye sekolah sehat

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-16
Bagaimana cara mengutip:
Rahmawati, A., Aeni, A. N., & Ismail, A. (2024). Pengembangan Media Kampanye Sekolah Sehat Berbasis Teknologi pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 589-597. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.911
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 162 times
PDF downloaded: 106 times

Referensi

Aeni, A. N., Aulia, C. R., Fauziah, L. N. E., & Fernando, Y. (2022). Pengembangan Lagu “Malaikatku” Sebagai Media Edukasi Mengenalkan Malaikat Allah dalam Islam bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4549–4557. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2722

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Aeni, A. N., & Muhtar, T. (2017). Nilai-Nilai Kesholehan Sosial pada Mata Kuliah Pembelajaran dan Aktivitas Senam Ritmik II dan Implikasinya terhadap Pendidikan Jasmani di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.9310

Afifuddin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. Tarbawi, 6(2), 141–156. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v6i1.2970

Ahyar, H., & dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Maret, 63.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran [Teaching instruments]. PT Remaja Rosdakarya, 165.

Ali, E. Y., Sudin, A., Sunarya, D. T., & Sunaengsih, C. (2022). Analisa Kebutuhan Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19(1), 47–60. https://doi.org/10.17509/jap.v29i1.45851

Ali Ismail. (2017). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Matakuliah Fisika Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 118.

Amirzan, M. Y. (2020). Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dalam Pengembangan Prestasi Dan Potensi Diri. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(1), 79–87. https://doi.org/10.47647/jsh.v2i1.139

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional,. Ejurnal.Mercubuana- Yogya, 2(1)(1), 93–97.

Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756

Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). the Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students. Infinity Journal, 7(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122

Francisca, F., Zahra, J. O. V., Anggraeni, S. H., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan E-book BUDIMAS “Buku Digital Agama Islam” untuk Pembelajaran PAI pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5268–5277. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3043

Lestyoningsih, I. H., & Lindawati, S. (2022). Literatur Review: Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Aktifitas Olahraga Pada Anak Usia Sekolah Dan Remaja. Prosiding Seminar Nasional …. http://conference.um.ac.id/index.php/spencer/article/view/3246%0Ahttp://conference.um.ac.id/index.php/spencer/article/download/3246/1798

Masrurroh, N. N., Ayu Aulia, A. A., Sari, W., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan Flipbook SEWA (Sejarah Wali Songo) untuk Mengenalkan Kebudayaan Islam kepada Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 876. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2096

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355

Pendidikan, K., & Teknologi, D. A. N. (2023). PEDOMAN KAMPANYE SEKOLAH SEHAT (Issue 4449).

Prasetyo, Y. B., Hudha, A. M., & Mayangsari, W. T. (2014). Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lombok Timur. Jurnal Kedokteran YARSI, 22(2), 102–113. https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/jky/article/view/306

Pratama, R. J., & Yasa, I. N. M. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Informasi Tentang Stres. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.30812/sasak.v2i2.864

Pribadi, A. S. (2005). Persepsi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar Terhadap Program Usaha Kesehatan Sekolah. http://eprints.umm.ac.id/18691/

Puspita, W., Karimah, A. F., Khairunnisa, R. A. S. A. H., Firdaus, M. I., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Komikids (Komik Islam Edukatif Digital Musik) sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3612–3623. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2682

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trimantara, H. (2020). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Pada Era Revolusi Industri 4.0. Transformasi Pendidikan Dasar Di Era Disrupsi Dalam Pengembangan Karakter, 409–420.