Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Tutorial Matakuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini

  • Muhamad Mukhlason Prodi PIAUD IAI NU Bangil, Pasuruan, Jawa Timur,  Indonesia
  • Dona Tihnike Prodi PIAUD IAI NU Bangil, Pasuruan, Jawa Timur,  Indonesia
  • Siti Maslakhatul Khilmah Prodi PIAUD IAI NU Bangil, Pasuruan, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul interaktif berbasis tutorial matakuliah Matakuliah media pembelajaran AUD untuk mahasiswa semester V Prodi PIAUD IAINU Bangil yang dikemas dalam e-learning menggunakan LMS Moodle. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Lee and Owens melalui lima tahap, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua acara yaitu: teknik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data statistik. Hasil penelitian ini berupa uji kelayakan produk e-modul yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta dilakukan melalui uji coba pengguna. Validasi produk e-modul dilakukan dua kali. Hasil validasi pertama dari ahli materi mendapatkan persentase 70% dan dari ahli media memperoleh persentase 67% dari hasil tersebut bisa dikatakan kurang layak untuk digunakan, sehingga peneliti melakukan revisi kembali terhadap materi dan media yang ada. Setelah melakukan revisi, peneliti melakukan uji validitas kedua. Hasil validasi kedua dari ahli materi mendapatkan persentase 91% dan dari ahli media memperoleh persentase 81% apabila dilihat dari segi kriteria kelayakan maka masuk dalam katagori sangat layak. Selanjutnya peneliti melakukan uji coba pengguna dari 9 mahasiswa mendapatkan persentase 90% dan dari 2 dosen memperoleh persentase 88% apabila dilihat dari segi kriteria kelayakan maka produk e-modul masuk dalam katagori sangat layak. Dari hasil uji kelayakan memiliki potensi yang tinggi untuk diimplementasikan dengan baik di Prodi PIAUD IAINU Bangil.

Kata Kunci: Pengembangan, E-modul Interaktif, Berbasis Tutorial

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhamad Mukhlason, Prodi PIAUD IAI NU Bangil, Pasuruan, Jawa Timur

Muhamad Mukhlason, M.Pd dilahirkan di Pasuruan pada tanggal 17-02-1989. Penulis merupakan Alumni S1 dan S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang dan saat ini adalah dosen di Prodi PIAUD IAINU Bangil. No HP/WA: 081216501151

Diterbitkan
2024-01-18
Bagaimana cara mengutip:
Mukhlason, M., Tihnike, D., & Khilmah, S. M. (2024). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Tutorial Matakuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 636-644. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.910
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 147 times
PDF downloaded: 107 times

Referensi

Agustina, P. Santoso, H. Widowati, H. (2022). Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Android untuk Penguatan Sikap Ilmiah Mahasiswa pada Matakuliah Mikroteknik. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 170-178.

Akbar, S . (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Apriliyani D. D (2023) Efektivitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Elektronika di SMK Negeri I Ampelgading. Edu Elektronika Journal, 11(2),41-45. https://doi.org/10.15294/eej.v11i2.60578

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Rajagrafindo Persada.

Cahyono, H. (2021). Penggunaan video pembelajaran berbasis aplikasi bandicame pada Matakuliah Teori Graf untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 114-119. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.205

Dewi, P.L, Nurkholis dan Saefuddin. (2021). Dampak Penggunaan Kuis Berbasis Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Dasar, 11 (2), https://doi.org/10.15294/kreatif.v11i2.27830

Dick, W, Carey, L, and Carey, J.O. 2009. The Systematic Design of Instruction. NewYork: Pearson Education.

Fauziah, A & Jamaris, J (2022). The Implementation of Independent Learning Using E-Modul: Case Study of Students of Package C in SPNF SKB Pariaman City. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(4), 618-623. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v10i4.118925

Hartati. (2022). Implementasi E-Modul Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri I Gondang. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 173-184. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.72.09

Husnawati, Z. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Bahan Ajar Berbasis Tutorial pada Matakuliah Multimedia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), 1-9. http://doi.org/10.25273/jupiter.v7i1.12261

Iswandari, S.N. Copiadi, J. Noer, A.M. Wilda, S.A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Moodle pada Materi Hidrokarbon. EDUSAINS, 12(1).

Jaya, H.P. Kurniawan, D. Gafur,A. Nurbuana. Apriyanti, Putri, E. Pratama, M. A. (202). Pengembangan E-Book Interaktif Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Teknologi Cloud Computing pada Mata Kuliah PPDP PPG Prajabatan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 134-140. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.774

Khoiruddin, Z. (2015). Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Moodle Untuk Pembelajaran Matakuliah Logika Fuzzy Di Program Studi Pendidikan Elektro. Jakarta: skripsi Universitas Negeri Jakarta

Laili, I., Ganefri., Umeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Lee, W. W & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design, second edition. United States of America: John Wiley & Sinc, Inc.

Mayer, R. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Nugraha, A. Subarkah, C.Z, & Sani. (2015). Penggunaan E-Modul Pembelajaran Pada Konsep Sifat Koligatif Larutan Untuk Mengembalikan Literasi Kimia Siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 201-204.

Nurjana, K. (2023). Pengembangan E-Modul Materi Teks Prosedur Berbasis Moodle pada Siswa SMP/MTS Kelas VII Tahun Ajaran 2021. Lampung: Tesis Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Lampung.

Prastowo, A . (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press.

Redy, K.W, Suharsono, N, Agustini, K. (2018). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 188-199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Rima, Y. L, Ellianawati, Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 926-932.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Samiasih, R., dkk. (2017). Pengembangan E-module mata pelajaran ilmu Pengetahuan alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Jurnal Edcomtech, 2(2), 119-124.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keberagaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://dx.doi.org/10.55352/mudir.v1i1.27

Sidiq, R, Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Susilana, Rudy & Riyana, Cepy. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan-FIP-UPI.

Wind, A. (2014). Jago Membuat Video Tutorial. Jakarta: Dunia Komputer.

Wulansari, E.W. Kantun, S. Suharso, P. (2020). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XII IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1-7. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463