Pengembangan Media Voice E-book sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Delusi Andes Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Nurdinah Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Aah Ahmad Syahid Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi kelayakan media buku digital pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka yang diberi nama Voice E-book sebagai suatu upaya penguatan profil pelajar Pancasila. Media Voice E-book juga dapat digunakan dalam keberagaman gaya belajar peserta didik yakni auditori, visual, dan kinestetik. Metode dalam penelitian ini yakni metode pengembangan Research and Development model ADDIE yang dikemukakan oleh Dick and Carry tahun 1996. Dalam penelitian ini menggunakan 5 tahapan yakni analysis, design, development, implementation and evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD Negeri 1 Kebarepan, Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini berdasarkan pada beberapa validasi yakni validasi materi dengan skor presentase 90% dan validasi media dengan skor 99% yang artinya media voice E-book sangat layak digunakan. Terdapat pula validasi proses pembelajaran menggunakan Voice E-book dengan skor 96% mengartikan sangat baik. Selain itu, terdapat pula hasil angket peserta didik tentang profil pelajar Pancasila dengan skor 92% dan angket peserta didik tentang media voice E-book dengan skor 93% artinya sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasanya pengembangan media Voice E-book sebagai upaya penguatan profil pelajar Pancasila sangat layak digunakan.

Kata Kunci: Voice E-book, Media, IPAS, Profil Pelajar Pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Andes, D., Hanifah, N., & Syahid, A. A. (2024). Pengembangan Media Voice E-book sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 540-547. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.902
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 207 times
PDF downloaded: 140 times

Referensi

Amalia, I., Artharina, F. P., & Kiswoyo, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Kelas I SDN Batursari 5 Mranggen Demak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2589-2595. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7005

Arum, R. (2021). Profiil pelajara pencasila ; Definisi, Manfaat dan elemnnya. Gramedia.

Fitriyah, A. M., & Warti, R. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa MAN Model kota Jambi. Jurnal pelangi, 9(2), 108-112.Ginting, Y. F. B., & Simamora, H. (2021). Penggunaan E-Book Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(01), 36-39. https://doi.org/10.22202/JP.2017.V9I2.1898

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hanifah, N., & Djuanda, D. (2023). Perspektif Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Perangkat Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Dalam Seminar Sosial Nasional, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 2, No. 2, pp. 173-182).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Jaya, E., Sujana, A., & Syahid, A. A. (2020) Pengembangan Media IPA Berbasis Video Youtube Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2). https://doi.org/10.17509/jpi.v3i2.27784

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam , 5 (2), 138-151.. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Nomor 008/H/KR Tahun 2022). Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Khikmawati, K. D. (2021). Pemanrfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Moleong, & Lexy. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyatiningsih, & Endang. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613- 3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahmaniyah, A., Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2023). Pengembangan E-Book “ Mengenal Sejarah Sekitar Kita” Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas , 9 (1), 40-51. https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3653

Rompas, M. (2021). Respon Siswa terhadap Belajar dari Rumah pada Masa Corona Virus Melalui Pembelajaran Jarak Jauh dalam Jaringan. Jurnal Kreatif Online, 9(1), 32-43. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF/article/download/3455/pdf

Salma. (2022, April 11). Validasi Data Penelitian : Pengertian, Metode, dan Contoh Lengkap. Penerbitdeepublish. https://penerbitdeepublish.com/validasi-data-penelitian/

Setyawan, A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Pada Mata Kuliah Hidrolika Di Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Ekonomi &Pendidikan, 8 (20), 58.

Smaldino, S., Deborah, L, & Lowther, J. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. Canada: Pearson.

Sugiyono. (2016). Statisktika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A (2018) Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya: Remaja Rosdakarya.

Syahid, AA, Hernawan, AH, & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 6 (3), 4600-4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909

Wibiyanto, F. S., & Muhibbin, A. (2021, November 8). Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yuningsih, E. (2023). Pengembangan Media E-book untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar IPS dan Aktivitas Siswa di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zuhri, M. S., & Chusniyah, T. (2023). Buku Digital untuk Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 95-105. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25674