Ethnopedagogical Approach In Educating Elementary School Students On The Implementation Of Clean And Healthy Behaviour

  • Gadis Niyanti Pertiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Shofi Zahra Agustina Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Ila Rosmilawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Kampung Naga merupakan suatu perkampungan adat yang memegang teguh kepercayaan dan mem6atuhi adat istiadat dan falsafah yang diamanatkan para tertuanya dan menolak intervensi dari pihak luar jika hal itu mencampuri dan merusak kelestarian kampung tersebut. Dalam bidang kesehatan masyarakat Kampung Naga lebih memilih menggunakan pengobatan secara alami sebagai langkah pertama dan masih mempercayai obat-obatan yang bersifat magis yaitu doa-doa yang dilakukan oleh dukun atau paraji. Apabila pengobatan tersebut tidak berhasil, mereka melanjutkan pada pengobatan medis di puskesmas atau bidan desa. Dalam hal Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat Kampung Naga Tasimalaya masih menggunakan toilet cemplung dan belum menggunakan fasilitas jamban sehat. Tujuan penelitian ini mengkaji implementasi pendekatan etnopedagogi dalam kegiatan edukasi penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kampung Naga Tasikmalaya sebagai edukasi untuk sekolah dasar,  Pendekatan ini mempertimbangkan nilai-nilai budaya dan lokalitas di Kampung Naga Tasikmalaya untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam menjalankan atau mengimplementasikan PHBS di kehidupan sehari-hari mereka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan yang dipakai adalah observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan etnopedagogi dapat efektif meningkatkan kesadaran dan penerapan PHBS, membangun keterlibatan siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif melalui kearifan lokal masyarakat kampong Naga Tasikmalaya.

Kata Kunci: Etnopedagogi, pendidikan, kesehatan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-19
Bagaimana cara mengutip:
Pertiwi, G. N., Agustina, S. Z., & Rosmilawati, I. (2024). Ethnopedagogical Approach In Educating Elementary School Students On The Implementation Of Clean And Healthy Behaviour. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 845-852. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.899
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 57 times
PDF downloaded: 34 times

Referensi

Achmad Yusron Arif dkk, (2018). System Modelling And Database For Doctor Reservation Application Based On Location, Senatik.

Aminah. Dkk. (2021). Implementation of The Effectiveness of Regional Autonomy In Indonesia. Journal of Economics and Policy.14 (1), 123-133. https://doi.org/10.15294/jejak.v14i1.26811

Aprinta, G. 2013. Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. Jurnal The Messenger, 5(1), 16-30. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v5i1.218

Ayu, Sastrika, dkk. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Pada Mata Pelajaran IPA SD. E-Journal Pendasi, 2(2), https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696

Fakaruddin Wahyu Dkk (2019). Perilaku Masyarakat Kampung Naga Dalam Mengelola Sanitasi dan Fasilitas Kesehatan. Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan (JGEL), 3(2), 77-82. https://doi.org/10.29405/jgel.v3i2.2973

Ispriantari, A., Priasmoro, D.P., & Mashitah, M.W. (2019). The quality of life of adolescents with type 1 diabetes in Malang.Jurnal Ners dan Kebidanan (Journalof Ners and Midwifery),6(1), 001-005.

Klara, K.dkk. (2015). Ethnic pedagogy as an integrative, developing branch of pedagogy. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 612– 619. http://dx.doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s1p612

Kementrian Kesehatan RI, 2019, Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019, Jakarta, Kementrian Kesehatan RI.

Marlinda Budiningsih, N. M. (2022). Model Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Berbasis Digital Platform. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 6(2), 94-101. https://doi.org/10.21009/JSCE.06214.

Moleong, Lexy J, 2002, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : CV. Remaja, hal 11 Nawawi Arief, Barda,1994, Kebijakan Legislatif dalam Penanggulangan Kejahatan

Mukhibat, M. (2015). Memutus mata rantai radikalisme dan terorisme berbasis studi Etnopedagogidi PTNU dalam membentuk keberagaman inklusif dan pluralis. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 222-247. http://dx.doi.org/10.15642/islamica.2015.10.1.222-247

Nudiat, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Nuraini Fatmi, F. (2022). Kajian Pendekatan Etnopedagogi Dalam Pendidikan Melalui Kearifan Lokal Aceh. Jurnal Al-Madãris, 3(2), 31-41. https://doi.org/10.47887/amd.v3i2.98

Nugraheni, dkk. (2018). Buku Ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Jakarta: Deepublish.

Prasetya, M.A.,dkk. (2021). Integration of Palembang Cultural Products in the Learning of Electrolyte and nonelectrolyte solution: An Ethnopedagogical Approach. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 10 (2), 61-78.

Rachmawati, R. S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal “Bebentengan” Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Gerak. Universitas Pasundan Bandung.

Rahmawati, Y. R. (2020). The integration of ethnopedagogyin science learning to improve student engagement and cultural awareness. Universal Journalof Educational Research, 8(2), 662-671. http://dx.doi.org/10.13189/ujer.2020.080239

Rusdi, R., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Soal Matematika Bermuatan Hots Setara Pisa Berkonteks Pancasila. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 01–19. https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.386

Susilo & Santoso (2010) Cekal (Cegah dan Tangkal ) Penyakit Modern ( Hipertensi, Stroke, Jantung, Kolesterol, dan Diabetes. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Tilaar, H.A.R. 2015. Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Buku Kompas.

Tri Suratmi, Atik Kridawati (2018). Perilaku pencarian pengobatan dan hidup bersih dan sehat (PHBS) di Kampung Naga Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38-51. https://doi.org/10.52643/pamas.v2i1.423

WHO. 2018. School health and youth health promotion: facts. http://www.who.int/school_youth_healt h/facts/en/