Ethnopedagogical Approach In Educating Elementary School Students On The Implementation Of Clean And Healthy Behaviour
Abstrak
Kampung Naga merupakan suatu perkampungan adat yang memegang teguh kepercayaan dan mem6atuhi adat istiadat dan falsafah yang diamanatkan para tertuanya dan menolak intervensi dari pihak luar jika hal itu mencampuri dan merusak kelestarian kampung tersebut. Dalam bidang kesehatan masyarakat Kampung Naga lebih memilih menggunakan pengobatan secara alami sebagai langkah pertama dan masih mempercayai obat-obatan yang bersifat magis yaitu doa-doa yang dilakukan oleh dukun atau paraji. Apabila pengobatan tersebut tidak berhasil, mereka melanjutkan pada pengobatan medis di puskesmas atau bidan desa. Dalam hal Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat Kampung Naga Tasimalaya masih menggunakan toilet cemplung dan belum menggunakan fasilitas jamban sehat. Tujuan penelitian ini mengkaji implementasi pendekatan etnopedagogi dalam kegiatan edukasi penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kampung Naga Tasikmalaya sebagai edukasi untuk sekolah dasar, Pendekatan ini mempertimbangkan nilai-nilai budaya dan lokalitas di Kampung Naga Tasikmalaya untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam menjalankan atau mengimplementasikan PHBS di kehidupan sehari-hari mereka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan yang dipakai adalah observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan etnopedagogi dapat efektif meningkatkan kesadaran dan penerapan PHBS, membangun keterlibatan siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif melalui kearifan lokal masyarakat kampong Naga Tasikmalaya.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Gadis Niyanti Pertiwi, Shofi Zahra Agustina, Ila Rosmilawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

